Banner Header Komunitas SOP

Strategi Memberikan Makanan Sehat untuk Anak

Browse By

Kendala yang dialami hampir setiap orangtua adalah susah membujuk anak untuk makan. Apalagi untuk mengonsumsi makanan yang sehat, anak pasti lebih banyak menolak. Orangtua pun sering sekali merasa stress. Jika anak-anak terus memilih-milih makanan, tentu saja akan tidak baik untuk kesehatannya. Lalu, bagaimana cara menghadapi anak-anak yang sering menolak makanan sehat? Ikuti strategi memberikan makanan yang sehat berikut ini.

1. Contohkan Makanan yang Sehat

Kita tentu tahu bahwa anak adalah peniru yang ulung. Maka dari itu, orangtua harus suka makanan sehat terlebih dahulu, baru mengajarkan anak hal serupa. Meskipun Anda tidak suka makanan sehat, berpura-puralah menikmati makanan tersebut supaya anak juga menirunya. Idealnya, kebiasaan makan sehat ini tidak hanya berlaku untuk anak saja, tetapi juga orangtua.

2. Buatkan Makanan Sehat sebagai Pilihan Satu-Satunya

Kosongkan kulkas dan meja makan dari makanan yang tidak sehat. Ketika waktu makan datang, sediakan hanya makanan sehat untuk mereka. Ketika mereka lapar, mau tak mau anak akan mengonsumsi makanan sehat yang disediakan.

3. Kenalkan Makanan Baru tiap Minggu

Jangan pernah menyerah untuk mengajarkan anak mengonsumsi makanan yang sehat. Ketika anak diperkenalkan makanan sehat tertentu, awalnya mereka mungkin akan menolak. Cobalah lagi dan lagi. kalau perlu sajikan makanan tersebut hingga 10 kali dengan cara masak yang berbeda-beda agar anak tergerak untuk mencicipi makanan tersebut. Menurut penelitian, anak-anak bisa menerima makanan yang awalnya ia tolak setelah terekspos berkali-kali. Jadi, jangan cepat menyerah dan sebisa mungkin jangan memaksa mereka untuk mengonsumsi sesuatu.

strategi anak makan sehat

4. Tambahkan Sesuatu

Beberapa sayuran, seperti bayam atau brokoli, biasanya terasa agak pahit. Untuk menetralisir rasa pahit dalam sayuran, Anda bisa menambahkan sesuatu pada makanan anak, misalnya garam, gula, atau lelehan keju di atasnya.

5. Ijinkan Anak Memilih Menu Masakan Favoritnya

Untuk meningkatkan nafsu makannya, biarkan anak memilih makanan sehat kesukaannya. Buatlah daftar makanan sehat, lalu biarkan anak memilih makanan yang paling ia sukai. Anak pasti akan menghabiskan makanan yang dipilihnya sendiri.

Selain makanan, anak-anak juga harus banyak-banyak minum air putih. Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak cenderung lebih aktif bergerak. Hal ini membuatnya gampang dehidrasi. Akan tetapi, beberapa anak jutru malas atau lupa minum. Setelah sadar, ternyata anak sudah keburu dehidrasi. Oleh karena itu, ajarkan anak untuk sering-sering minum jika kehausan atau kelelahan. Bagaimana pun, minum air itu perlu.

Anda juga harus pintar memilih-milih air minum yang baik untuk anak. Sampai sekarang, air putih tetap menjadi pilihan terbaik. Sebagai alternatif, Anda bisa memberinya buah yang mengandung banyak air atau sup. Batasi konsumsi minuman bersoda dan minuman yang terlalu manis. Kedua minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan mereka.

Baca juga:

  1. Biarkan Anak Bermain dengan Makanan! Fakta Mengejutkan Dibaliknya
  2. Atasi Gerakan Tutup Mulut (GTM) Pada Anak 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *