Banner Header Promo Oktober

Pilihan Makanan Pendamping ASI Terbaik

Browse By

Selepas usia 6 bulan, anak-anak sudah boleh mengonsumsi makanan lain selain ASI. Tugas orangtua adalah memilihkan makanan terbaik yang kaya vitamin dan gizi untuk anak-anak. Makanan bergizi tentu baik untuk perkembangannya. Makanan ini bisa memenuhi nutrisi selain dari ASI. Dari sekian banyak makanan yang ada, menurut Anda, jenis makanan apa yang paling bagus untuk dikonsumsi si kecil?

1.      Labu Kuning

Labu kuning adalah pilihan makanan terbaik yang bisa Anda pilih sebagai makanan pendamping ASI. Selain kaya serat, labu kuning juga kaya vitamin C dan A. Cara memasaknya pun sangat sederhana, yaitu dengan cara direbus atau dipanggang. Rasa alami labu kuning sudah sangat lezat. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan ASI atau keju rendah garam.

2.      Brokoli

Brokoli sudah dikenal lama sebagai sayuran kaya nutrisi. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam brokoli di antaranya adalah folat, serat, kalsium, dan sulfur yang sangat bagus untuk pertumbuhan si kecil. Kandungan sulfur dalam brokoli juga bisa meningkatkan nafsu makannya. Membuat MPASI dari brokoli pun sangat mudah. Cukup potong kecil-kecil brokoli, kukus, dan dinginkan. Anda juga bisa membuat bubur tim brokoli supaya anak lebih lahap menyantap makanannya.

3.      Sayuran Hijau

Selain brokoli, sayuran hijau lainnya juga bagus untuk bayi. Warna hijau dalam sayur menandakan banyaknya jumlah zat besi dan folat di dalamnya. Sayuran hijau seperti bayam, lobak, kale, dan kailan sangat bagus untuk dijadikan sebagai makanan pendamping asi. Sajikan dengan sereal agar lebih nikmat. Perbandingan antara sayuran dan sereal adala 2 : 1. Untuk dua sendok sayuran yang sudah dikukus, tambahkan 1 sendok sereal.

4.      Kacang Lentil

Anda mungkin kurang familiar dengan bahan makanan yang satu ini. Di beberapa daerah, kacang lentil juga sering disebut miju-miju. Sekilas, bentuknya mirip sekali dengan kacang hijau, tetapi dengan warna yang berbeda. Kacang lentil mengandung banyak protein dan serat. Bisa disajikan dengan campuran oregano, sayuran hijau, atau kemangi. Agar empuk sempurna, rendam selama 12 jam dulu sebelum dimasak. Setelah itu, direbus dan dihaluskan menggunakan blender.

5.      Kacang Arab

Hampir sama seperti lentil, kacang arab juga mengandung serat dan juga protein yang tinggi. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk puree dengan minyak zaitun, bawang putih, atau lemon.

6.      Daging

Banyak yang mengira bahwa bayi tidak boleh makan daging. Padahal, ini hanya mitos. Daging mempunyai kandungan zat besi dan juga seng yang sangat bagus untuk perkembangan bayi. Daging yang baik untuk si kecil adalah daging tanpa lemak. Sebelum direbus, bersihkan dan potong kecil-kecil terlebih dahulu. Padukan dengan bahan makanan lainnya seperti sereal atau sayuran supaya rasanya lebih nikmat.

7.      Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Kandungan nutrisi ini sangat bagus untuk perkembangan otak bayi. Menjadikan Alpukat sebagai makanan pendamping ASI sangat bagus. Cara menyajikannya pun sangat mudah. Anda tinggal menghaluskan alpukat yang sudah matang.

8.      Buah Plum

Tak hanya baik untuk diet, buah plum atau prune ini juga bagus untuk bayi. Plum mempunyai kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi buah plum bisa mengatasi sembeli yang dialami bayi. Cara menyajikannya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menghaluskan buah plum.

9.      Jeruk Mandarin

Malas membuat makanan yang ribet untuk MPASI, jeruk mandarin bisa jadi solusinya. Buah yang satu ini juga bagus untuk bayi. Jeruk mandarin mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Rasanya yang cenderung manis juga sangat disukai bayi. Cara menyajikannya pun sangat mudah. Cukup kupas, lalu berikan pada bagi sebagai finger food.

10.  Bluberri

Warna biru cerah yang ada pada buah bluberries berasal dari kandungan zat flavonoid yang disebut anthocyanin. Kandungan Anthocyanin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, otak, dan juga saluran kemih. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk buah langsung atau dihaluskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *