× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Tahapan Mengenal Angka dan Berhitung pada Anak Usia Dini

Sampai sekarang, masih cukup banyak pro kontra mengenai apakah boleh mengajarkan calistung (baca, tulis, hitung) pada anak usia dini atau anak di bawah usia 7 tahun? Sebagian pendapat mengatakan tidak boleh, sementara sebagian lain mengatakan yang sebaliknya. Pembahasan tentang masalah ini pun seakan tidak pernah ada habisnya. Lalu, apa yang sebaiknya Parents lakukan?

Jika dilihat dari sisi perkembangan, anak usia dini memang belum saatnya untuk diajari calistung. Perkembangannya masih terpusat pada pengembangan saraf motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar. Perkembangan motorik ini sebenarnya penting untuk mendukung kemampuan menulis. Banyak ahli yang menyarankan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak terlebih dahulu daripada kemampuan calistungnya.

Akan tetapi, di sisi lain, banyak orangtua yang merasa khawatir jika anak belum bisa calistung, anak akan kesulitan mengikuti pelajaran di tingkat SD. Seperti yang kita tahu bersama, kurikulum SD saat ini sudah sangat berkembang sehingga pada awal masuk SD pun, anak sudah dituntut untuk bisa membaca, menulis, dan berhitung. Dilema seperti inilah yang sering kali dirasakan oleh sebagian besar orangtua.

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket