Bagaimana Sih Bergaul dengan Anak Perempuan, Bu?

Bagaimana Sih Bergaul dengan Anak Perempuan, Bu?

Memasuki masa sekolah, si kecil pasti memiliki banyak teman dong Parents. Tak hanya anak laki-laki, teman anak pun juga mencakup anak perempuan. Nah, biasanya nih anak laki-laki seringkali bertanya mengenai teman perempuannya di sekolah pada Ibu. Misalnya saja, “Bu, kok Angel kemarin marah sama aku ya, padahal kan aku tidak berbuat salah?” atau “Ma, kenapa sih anak perempuan itu sering ngambek?”

Wajar kok pertanyaan ini ditanyakan oleh anak laki-laki Anda Parents. Tandanya, mereka mulai mengobservasi teman-teman yang ada di sekitarnya dan ini tanda yang baik bagi hubungan sosialnya dengan teman-teman. Hal yang perlu Parents lakukan adalah menjelaskan pada anak laki-laki bagaimana sih bergaul dengan anak perempuan? Beberapa hal di bawah ini perlu Anda jelaskan pada anak laki-laki Anda, Parents!

1. Berjalan dekat dengan jalan raya

Hal pertama yang bisa Anda jelaskan pada anak laki-laki saat bergaul dengan anak perempuan adalah ingatkan anak laki-laki Anda untuk berjalan di dekat jalan raya, atau berjalan di sebelah kanan. Anak perempuan akan merasa senang dan merasa dilindungi oleh anak laki-laki Anda. 

2. Hindari bercanda kelewat batas

Hal yang paling tidak disukai oleh anak perempuan adalah melihat teman laki-lakinya bercanda kelewat batas, terlebih sampai mempermalukan anak perempuan. Misalnya saja mengejek nama Ayah anak perempuan atau bercanda dengan menyingkap rok anak perempuan tersebut. Maka, penting bagi orang tua untuk menjelaskan pada anak laki-laki jangan pernah bercanda keluar dari batas dengan anak perempuan karena anak perempuan memiliki perasaan yang lebih sensitif. 

Tips bergaul dengan anak perempuan

4. Jangan mengumpat di depan anak perempuan dan jangan buang ludah sembarangan

Anak perempuan biasanya jijik dengan hal-hal sepele misalnya saja melihat teman laki-lakinya meludah sembarang tempat. Tak hanya itu, anak perempuan juga risih mendengar anak laki-laki mengumpat di depannya. Untuk itu, jelaskan hal ini pada anak laki-laki Anda agar ia bisa bergaul dengan anak perempuan lebih baik. 

 

5. Jangan pernah bandingkan teman perempuan dengan teman perempuan lain

Perempuan mana sih yang mau dibanding-bandingkan? Membandingkan anak perempuan satu sama lain hanya akan membuat mereka saling sakit hati dan merasa terluka. Nah, jelaskan hal ini pada anak laki-laki Anda agar ia bisa bergaul dengan teman-teman perempuannya. 

6. Antar teman perempuan pulang ke rumah tepat waktu

Tidak ada salahnya dong teman perempuan bermain ke rumah teman laki-laki. Namun jangan sampai lupa waktu dan akan lebih sopan jika teman laki-laki mengantar teman perempuan pulang ke rumah. Ingatkan pada anak laki-laki Anda untuk mengantar teman perempuannya ke rumah tepat waktu. 

7. Hargai selera teman perempuan 

Jika anak laki-laki Anda berteman dengan anak perempuan maka jangan segan-segan ingatkan pada anak laki-laki untuk menghargai selera anak perempuan. Misalnya saja selera tentang permainan yang ingin dimainkan bersama. Tidak bisa dong lantas memilih sepak bola sebagai permainan utama saat main bersama. Ingatkan anak laki-laki Anda untuk bertanya pada teman perempuannya “Ingin bermain apa kamu hari ini?”

Menjalin hubungan pertemanan mungkin terlihat mudah bagi kita para orang tua. Namun, tidak demikian bagi anak-anak yang baru saja memasuki sekolah. Bimbingan dari orang tua tentang bagaimana menjalin pertemanan sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Jangan sampai, anak-anak merasa “kehilangan arah” saat berteman. 

Baca juga:

  1. Nak, Kamu BIsa Menjadi Teman yang Baik Jika …
  2. Nak, Teman yang Baik itu Begini Loh …
Bagaimana Menurut Anda?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
Share with love