× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
Berpikir Kritis: Pertanyaan adalah Kunci

Mengapa orangtua perlu mengajari anak-anaknya untuk berpikir kritis? Seperti yang kita ketahui bersama, di era digital ini, informasi menyebar dengan begitu cepatnya. Parahnya, tidak semua informasi itu benar adanya. Banyak juga informasi hoaks yang dipercaya sebagai informasi akurat. Untuk itu, perlu sekali mengajari anak berpikir kritis supaya anak lebih bisa membedakan informasi yang benar dan salah.

Tak hanya itu, mengajari anak berpikir kritis juga bisa mengembangkan sisi kognitifnya. Mengapa harus diajarkan sejak dini? Karena anak-anak punya rasa ingin tahu yang jauh lebih besar dari orang dewasa. Membiasakan mereka berpikir kritis sejak dini akan membantu mereka untuk memahami sesuatu dengan lebih baik.

Menurut Richard W. Paul, berpikir kritis adalah sebuah proses intelektual yang secara aktif dan terampil memahami, mengaplikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang didapat dari hasil observasi, pengalaman, dan komunikasi yang dilakukan. Dalam hal ini, kita harus paham bahwa sains ada di mana-mana. Sains tidak hanya sebatas pelajaran IPA.

Contact Us School of Parenting