Banner Header Komunitas SOP

Yoga buat Anak, Olaharaga Alternatif dengan Segudang Manfaat

Browse By

Anak-anak kita saat ini sedang berada di dunia yang sangat sibuk. Mulai dari belajar daring dengan jadwal yang cukup ketat, hingga tugas yang juga harus dikumpulkan di waktu tertentu. 

Hal-hal itu membuat anak cukup stres menjalani kehidupan di era new normal ini. 

Istirahat dengan tidur atau bermain game saja rasanya tidak cukup membuat fisik anak kembali bugar. Anak-anak butuh aktivitas baru yang membuatnya lebih bahagia dalam menjalani kesibukan, dan yoga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selama ini yoga dianggap sebagai olahraga orang dewasa. Padahal, yoga juga bisa dilakukan oleh anak-anak dan memiliki segudang manfaat. 

Apa saja manfaatnya?

  • Mengelola Kecemasan Anak

Anak-anak tentu merasa tegang, stres dan cemas setiap hari belajar daring dan berkejaran dengan waktu serta jadwal kelas. Untuk mengelola kecemasan pada anak, Parents bisa melatih yoga pada anak. Latihan pernapasan pada yoga dan teknik relaksasi membantu anak mengelola stres. 

  • Meningkatkan Pengaturan Emosi Anak

Yoga pada anak juga mampu meningkatan pengaturan emosi, khususnya saat anak berada di dalam tekanan untuk belajar. Beberapa teknik yoga yang diajarkan pada anak akan membantu mereka untuk tetap merasa damai dan santai bahkan saat berada dalam tekanan.  

  • Meningkatkan Penghargaan Diri

Jika Parents ingin mulai melatih anak untuk menghargai dirinya sendiri, maka yoga adalah pilihan yang tepat untuk mendukung tujuan tersebut. Beberapa pose pada yoga mampu meningkatkan keseimbangan dan memberikan efek pemberdayaan diri pada anak-anak. 

manfaat yoga bagi anak

  • Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Anak

Anak-anak memang sangat membutuhkan konsentrasi dan daya ingat yang tinggi untuk mendukung proses belajarnya saat ini. Berbagai jenis gerakan yoga mengharuskan anak untuk fokus dan melatih kemampuan menghafal mereka. Kedua hal ini sangat baik untuk menunjang proses belajar bukan?

  • Meningkatkan Kesadaran dan Perhatian tentang Tubuh Anak

Manfaat lain dari yoga adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian anak pada tubuhnya. Hal ini ditunjang oleh gerakan-gerakan yoga yang mampu mereka lakukan dengan baik. 

  • Mengajarkan Disiplin dan Mengurangi Sikap Impulsif

Yoga membantu anak melatih kedisiplinan dan mengurangi sikap impulsif. Gerakan fisik pada yoga mendorong anak lebih ekspresif sehingga perilaku menantang yang biasanya ditunjukkan oleh anak tersalurkan melalui gerakan-gerakan ini. Yoga untuk anak juga melatih kedisiplinan melalui usaha untuk menjernihkan pikiran dan menyempurnakan pose tertentu.

  • Mengembangkan Kekuatan dan Fleksibilitas Anak 

Manfaat lain yoga pada anak adalah memperkuat tubuh dan membantu meningkatkan kelenturan (fleksibilitas) pada anak. Kemampuan ini akan mengurangi kemungkinan cedera pada anak. 

Anak-anak memang memerlukan aktivitas fisik untuk menunjang kesehatan fisiknya di era baru yang menuntut anak berada cukup lama di depan layar laptop atau komputer. Yoga bisa menjadi salah satu aktivitas fisik yang baik untuk dicoba dan memiliki segudang manfaat bagi anak. 

Baca juga:

  1. Hobi untuk Meredakan Stress
  2. Stress dan Gangguan Kecemasan Mengintai Anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *