Banner Header Promo OVO SOP

Bukan hanya Di Rumah, Anak juga Perlu “Sopan” Saat di Sekolah

Browse By

Mengajarkan anak sopan santun, rasanya kok tidak ada habisnya ya? Hampir setiap hari Parents harus selalu mengingatkan anak untuk menjaga etika dan sopan santun. Misalnya dengan mengingatkan anak tidak menyela pembicaraan orang dewasa, meminta izin dulu sebelum mengambil barang milik orang lain, atau sekedar mengucapkan tolong dan terima di situasi tertentu.  

Ya, memang benar bahwa sopan santun dan etika itu wajib Parents ajarkan sejak anak berusia dini, sehingga mereka tumbuh menjadi anak-anak yang sopan. 

Nah, yang perlu diingat, sopan santun bukan hanya dilakukan anak saat di rumah atau saat ia bersama dengan Anda. 

Sopan santun juga perlu selalu diingat anak di mana saja dan kapan saja, bahkan saat ia tidak bersama dengan Anda. Misalnya saja saat pergi bermain bersama kakek dan nenek, atau saat anak sedang berada di sekolah.

Sopan santun dan etika saat anak berada di sekolah juga sangat penting diajarkan kepada anak loh! Beberapa sopan santun berikut ini, perlu Anda ajarkan pada anak agar ia tetap berperilaku sopan saat di sekolah.

Sopan Santun di Sekolah yang Perlu Diingat Anak

 

  • Gunakan Kata / Kalimat Sopan saat Berbicara

 

Sopan santun pertama yang perlu selalu ditanamkan pada anak di sekolah adalah terus gunakan kata atau kalimat sopan saat berbicara pada teman, guru atau karyawan sekolah lainnya. Sebaiknya, hindari mengejek atau menjelek-jelekkan teman. Ingatkan anak untuk tidak mencemooh teman meskipun teman tersebut sering mengganggunya. 

 

  • Dengarkan saat Teman / Guru saat Berbicara

 

Beberapa anak mungkin seringkali berbicara sendiri saat bapak atau Ibu guru sedang menjelaskan materi pelajaran di kelas. Nah, hal ini perlu dihindari oleh anak. Selain agar anak bisa paham dengan berbagai materi yang sedang dijelaskan oleh guru, berbicara saat guru sedang menjelaskan adalah salah satu perilaku yang tidak sopan.

Tak hanya di dalam kelas, anak perlu diingatkan untuk mendengarkan teman saat sedang berbicara padanya. Akan lebih baik jika anak tidak menyela pembicaraan teman dan memberi kesempatan teman untuk berbicara. Toh, jika anak melakukan hal ini, saat ia bicara nanti, teman lain juga akan mendengarkan anak. 

 

  • Perlakukan Teman dengan Baik

 

Sopan santun lainnya yang perlu dilakukan anak di sekolah adalah memperlakukan teman dengan baik. Sebaiknya ingatkan pada anak untuk terus berperilaku baik pada teman, jika ia ingin teman juga berlaku sama padanya. 

Misalnya, jika anak tidak ingin diejek, maka jangan mulai mengejek teman terlebih dulu, atau jika anak ingin diperlakukan dengan hormat, maka anak juga harus perlakukan teman  dengan hormat juga. 

cara ajarkan sopan santun pada anak

 

  • Angkat Tangan saat Ingin Berbicara di Kelas

 

Beberapa anak mungkin terlalu bersemangat dalam belajar di kelas, sehingga apabila ada satu pertanyaan dari guru ia langsung menjawab tanpa mengangkat tangan. 

Nah, sebaiknya mulai sekarang ingatkan anak untuk mengangkat tangan terlebih dahulu apabila ingin menjawab pertanyaan dari guru ya, Parents. Hal ini adalah salah satu bentuk dari sopan santun yang perlu diingat oleh anak.

 

  • Hindari Selalu Berteriak saat Memanggil Guru atau Teman dari Kejauhan

 

Sopan santun lainnya yang perlu dilakukan anak saat di sekolah adalah hindari berteriak saat memanggil guru atau teman dari kejauhan. Nah, hal inilah yang sering terlupakan oleh anak. 

Seringkali anak berteriak saat memanggil seseorang di kejauhan alih-alih datang menghampiri. Maka dari itu, ingatkan anak untuk tidak selalu berteriak-teriak saat sedang berada di lingkungan sekolah.

Mengajarkan anak tentang sopan santun memang sangat penting dilakukan oleh Parents. Sebaiknya jangan hanya mengajarkan anak sopan santun saat berada di rumah. Ajarkan juga sopan santun saat anak berada di luar rumah, seperti saat anak sedang berada di sekolah.

Beberapa sopan santun di atas sepertinya sangat perlu untuk diajarkan di sekolah. Apakah Parents punya aturan sopan santun lainnya? Yuk,bagikan di kolom komentar! 

Baca juga:

  1. Tujuh Sopan Santun yang Baiknya Dimiliki Anak Umur Lima Tahun. 
  2. Si Kecil Sudah Bisa Makan Sendiri? Yuk, Ajarkan Etika Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *