hadapi anak yang hobi teriak teriak
Parenting Usia Sekolah

Hadapi Anak yang “Hobi” Berteriak-Teriak

Mungkin Anda merasa emosi dan malu saat menghadapi anak yang “hobi” teriak-teriak, apalagi dilakukan di depan umum. Misalnya saat berada di tempat belanja, di apotek, bahkan saat Anda mengajak anak ke kantor. Duh, bisa menjadi bahan perbincangan teman sekantor dong. Alih-alih hanya geleng-geleng kepala memikirkan tingkah anak yang bisa dibilang cukup berisik ini, yuk cari […]

cara membuat mainan naga imlek sederhana
Balita Parenting Usia Sekolah

Quality Time Activity: Mainan Imlek Naga

Tahun baru Imlek sebentar lagi nih Parents. Sudahkah Anda mempersiapkan berbagai pernak pernik imlek untuk merayakannya bersama keluarga di rumah? Memang sih pernak pernik tersebut bisa saja dibeli di toko-toko terdekat. Namun, bagaimana jika Anda ingin mencoba hal baru dengan membuatnya sendiri di rumah. Tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, apalagi jika Anda membuatnya bersama […]

kenapa anak tidak mau sekolah?
Parenting Usia Sekolah

Apa yang Salah: Kenapa Anakku Menolak Sekolah?

“Mama, aku ndak mau sekolah ah hari ini!” “Loh, memangnya kenapa? Adek sakit? Apa tidak enak badan?” “Aku capek Mah sekolah terus.” ——————————————————————————- Bayangkan jika Anda mengalami situasi di atas. Kira-kira apa sih yang akan Anda lakukan? Tetap memaksa anak untuk berangkat sekolah meskipun dengan rewel dan tantrum? Atau justru langsung mengizinkan anak untuk tidak […]

Bahayanya anak membentuk geng
Parenting Remaja Usia Sekolah

Apa Sih Bahayanya Anak Membentuk “Geng Bawang” di Sekolah?

“Mama, aku gak mau temenan sama Reta lagi ah!” “Loh kenapa? Bukannya adek suka main sama Reta kemarin?” “Iya Mah, tapi sekarang ndak dibolehin main sama “Bos Jenny” “Loh, siapa sih “Bos Jenny?” ———————————————————————————- Pernahkah mengalami situasi di atas? Situasi di atas adalah gambaran bahwa ada yang tidak beres dengan pergaulan si kecil di sekolah. […]

apa pentingnya belajar berbagi bagi anak-anak?
Balita Bayi Parenting Remaja Usia Sekolah

Apa Sih Pentingnya Berbagi?

Sudahkah Anda mengajarkan anak untuk berbagi? Apa saja yang Anda lakukan agar anak mau berbagi? Apa saja kesulitan yang Anda alami? Dan, sebenarnya apa sih pentingnya berbagi? Pertanyaan terakhir mungkin terdengar sedikit lucu di telinga. Banyak dari Anda yang menjawab “tentu saja penting”. Nah, kalau memang penting, bisakah Anda menjelaskan alasannya? Ya, tak mudah memang […]

Apa itu pola asuh Tiger Parenting?
Balita Bayi Parenting Remaja Uncategorized Usia Sekolah

Pahami Lebih Jauh Tentang “Tiger” Parenting

Setelah mempelajari pola asuh layaknya “Ibu Gajah”, kita bisa menilik lebih jauh tentang pola asuh layaknya Ibu Macan atau sering disebut sebagai “Tiger Mom”. “Tiger Mom” ini pertama kali diperkenalkan oleh Amy Chua, seorang profesor hukum dari Universitas Yale, yang juga merupakan penulis buku berjudul “Battle Hymn of the Tiger Mother”. Berdasarkan buku tersebut, “Tiger […]

Pola asuh elephant mom
Balita Bayi Parenting Remaja Usia Sekolah

Belajar Mengasuh Anak Seperti “Ibu Gajah”

“Setidaknya punya tujuh puluh tahun Tak bisa melompat kumahir berenang Bahagia melihat kawanan betina Berkumpul bersama sampai ajal” Itu adalah penggalan lirik lagu Gajah yang dipopulerkan oleh penyanyi Indonesia, Tulus. Seperti yang digambarkan di lirik lagu tersebut, menilik dari cara hidupnya, gajah adalah hewan yang hidup dalam kelompok keluarga dan terdiri dari satu gajah betina […]

permainan tiup bola ping pong
Balita Parenting Usia Sekolah

Quality Time Activity: Permainan Tiup Bola Ping-Pong

Main bola sebenarnya tidak harus dimainkan di luar ruangan atau tempat yang luas. Permainan bola juga bisa dimainkan di dalam rumah! Wah, apa nggak berbahaya? Nah, kami punya ide aktivitas seru nih! Permainan tiup bola ping pong ini bisa Anda lakukan di dalam rumah, dan tentu saja tak berbahaya. Tapi, agar lebih seru, kita bermain […]

cara mengatasi anak yang suka membantah sejak kecil.
Balita Mom's Corner Parenting Remaja Usia Sekolah

Masih Kecil Sudah Pandai Membantah? Tangani Dengan Cara Ini!

“Dek, awas loh, jangan naik-naik, nanti jatuh!” “Gak jatuh kok Mah, ini kan nggak tinggi!” Duh, pasti pusing ya saat anak suka sekali membantah. Apalagi setelah membantah seringkali Anda bertengkar dengan anak karena beradu argumen. Sebagai orang tua tentunya tidak ingin beradu argumen dengan anak hingga bertengkar, tapi apa daya Anda sering dibuat emosi karena […]