Dapat Angpao Lebaran Banyak? Yuk Bantu Si Kecil Kelola Dengan Bijak

Browse By

Saat lebaran tiba, si kecil biasanya sangat senang karena disamping ibadah puasa yang dijalani berhasil dengan baik, mereka juga mendapat banyak angpao lebaran. Ya, tradisi angpao lebaran ini memang sudah dilakukan secara turun temurun. Jadi, tak heran jika si kecil sudah menunggu-nunggu momen bagi-bagi angpao lebaran jauh-jauh hari.

Nah, kira-kira apakah si kecil tahun ini dapat banyak angpao lebaran dari saudara? Jika benar maka bagaimana Anda mengajarkan si kecil mengelolanya dengan bijak? Dari pada bingung, yuk simak beberapa tips berikut ini:

Tips Kelola Angpao Lebaran dengan Bijak:

  1. Ajarkan Anak Menabung

Tips pertama untuk mengajarkan anak mengelola angpao lebaran dengan bijak adalah dengan mengajarkannya menabung. Nah, inilah kesempatan baik bagi Anda untuk mulai mengajarkan anak menabung sejak dini. Agar si kecil lebih semangat menabung, Anda bisa membelikannya celengan lucu sesuai keinginan si kecil.

Dengan mengajarkan anak menabung, maka Anda sudah menanamkan karakter yang baik bagi masa depan anak kelak. Kegiatan gemar menabung ini tentunya akan dibawa anak sampai dewasa kelak, sehingga ia tidak akan boros dalam mengelola keuangan di masa mendatang.

  1. Ajarkan Anak untuk Beramal

Selain mengajarkan anak untuk menabung, tips lain yang bisa diajarkan kepada si kecil untuk mengelola angpao lebaran adalah dengan mendorong anak untuk beramal. Anda bisa mengajak anak ke panti asuhan untuk menyerahkan beberapa barang yang sudah dibeli dari angpao lebarannya tersebut. Misalnya saja, alat tulis, baju layak pakai atau benda-benda bermanfaat lainnya.

Semakin sering Anda mengajarkan anak beramal dari angpao lebarannya, semakin mudah anak pandai mengelola keuangannya kelak. Dengan mendorong anak untuk beramal, maka Anda mengajarkan pada anak bahwa ia perlu berbagi dengan teman-teman lain apabila memiliki rezeki yang berlebih.

cara kelola angpao lebaran

  1. Ajarkan Anak Berbelanja dengan Bijak

Siapa bilang si kecil tidak boleh berbelanja dari angpao lebaran yang ia miliki? Si kecil boleh saja kok berbelanja dari uang tersebut, asalkan Anda mengajarkannya untuk berbelanja dengan bijak. Menurut para ahli, sebaiknya Anda cukup memberinya tidak lebih dari 50% angpao lebaran untuk digunakan berbelanja. Sedangkan sisanya bisa ditabung oleh anak.

Cara seperti ini dilakukan agar anak tidak boros dan anak paham bahwa sebaiknya jangan langsung menghabiskan semua uang yang dimiliki. Harus ada sebagian yang ditabung untuk keperluan lain suatu saat nanti.

Meskipun angpao lebaran adalah hak anak, namun orangtua wajib mengarahkan anak untuk mengelolanya dengan bijak. Jangan sampai anak langsung menghabiskan angpao lebaran tersebut dengan berbelanja barang yang kurang bermanfaat. Untuk itu, pastikan bahwa Anda mengajarkan anak untuk mengelola angpao lebaran dengan bijak. Beberapa tips di atas bisa Anda coba bersama si kecil lho!

Baca juga:

1. Kapan Mengenalkan Konsep Finansial Pada Anak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *