Keluhan Ibu saat hamil
Mom's Corner New Mom Tips

Dari Kram Sampai Nyeri Punggung: Inilah “Big Problems” Calon Mama Saat Hamil

Bagi para wanita, kehamilan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu setelah menikah. Tak jarang, berbagai macam usaha dilakukan untuk segera mendapatkan momongan. Mulai dari makan makanan yang bergizi, konsultasi di dokter, hingga mengikuti program kehamilan. Sehingga wajar rasanya untuk merasa senang saat dinyatakan positif hamil oleh dokter. Mengingat sulit dan lamanya usaha yang dijalani agar segera hamil.

Namun, ternyata rasa senang ini juga diikuti dengan berbagai macam keluhan saat kehamilan. Ya, bagaimana tidak, masa kehamilan memang membawa perubahan pada kondisi tubuh si calon mama. Mulai dari tubuh yang semakin melebar hingga rasa lemah, pusing, dan tentu saja mual. Lalu, kenapa ya Ibu hamil cepat lelah? Apa saja sih big problems para calon mama ini? Yuk, simak selengkapnya

Big Problems Calon Mama Saat Hamil

Keluhan atau big problems para calon mama saat hamil memang berbeda beda. Jadi, tidak setiap calon mama mengalami hal sama. Biasanya keluhan saat hamil bisa dirasakan pada berbagai macam trimesternya. Mulai dari trimester pertama hingga trimester ketiga.

Big Problems di Trimester Pertama

Awal masa kehamilan bisa disebut sebagai trimester pertama, yaitu usia kehamilan 1-3 bulan pertama. Nah, berbagai macam keluhan yang biasa terjadi adalah

✓ Morning Sickness

Siapa sih yang tidak merasakan mual di awal kehamilan? Mungkin ada namun bisa dikatakan sangat jarang terjadi. Kehamilan di trimester pertama memang sering ditandai dengan rasa mual hingga muntah di pagi hari atau biasa disebut dengan morning sickness. Ternyata banyak sekali faktor yang bisa memicu morning sickness ini, diantaranya:

  • Meningkatnya hormon estrogen
  • Meningkatnya hormon human chorionic gonadotrophin (Hcg), yang mulai diproduksi setelah terjadi pembuahan
  • Peningkatan produksi hormon progesteron
  • Kehamilan pertama
  • stres
✓ Tidak Nafsu Makan

Ya, mungkin karena sangat mual jadi calon mama akan kesulitan untuk makan, bahkan cenderung tidak nafsu makan. Namun, perlu diingat bahwa, walaupun mual, calon mama harus tetap makan dan memenuhi nutrisi seimbang bagi calon bayi.

✓ Sering Buang Air Kecil

Jika Anda sering buang air kecil di awal kehamilan, hal ini wajar terjadi, jadi jangan terlalu khawatir. Kondisi ini akan semakin membaik sejalan dengan semakin bertambahnya usia kehamilan Anda. Sebenarnya kondisi ini dipengaruhi karena kepala bayi yang semakin mendesak kandung kemih Anda.

Namun, jangan sampai karena Anda sering buang air kecil, lalu mengurangi asupan cairan. Sebaiknya tetap penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, karena Anda dan bayi tetap butuh banyak cairan.

✓ Kram dan Nyeri di Bagian Tubuh Tertentu

Nah, kram dan nyeri di beberapa bagian tubuh misalnya perut, punggung, bahkan kaki akan menjadi salah satu big problems yang dialami calon mama di awal kehamilan. Kram bisa terjadi karena tambahan beban seorang calon mama saat hamil sehingga membuat otot menegang. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya calon mama melakukan senam kehamilan untuk melancarkan peredaran darah.

Salah satu gerakan senam hamil yang bisa para calon mama coba di rumah yaitu dengan menggerakan kaki ke atas dan ke bawah sebanyak 30 kali. Lalu, putar kaki Anda 8 kali secara bergantian. Gerakan senam ini bisa mengurangi rasa kram pada kaki Anda jika dilakukan secara rutin.

✓ Sering Merasa Lelah

Nah, Anda mungkin akan merasa lebih lelah saat hamil. Hal ini wajar karena perubahan hormon saat kehamilan, khususnya di trimester pertama. Beberapa hal lain yang bisa Anda alami misalnya, penglihatan kabur saat beranjak dari posisi duduk ke berdiri atau melakukan posisi berbaring dengan cepat. Untuk itu, bangunlah atau berbaring secara perlahan.

Big Problems di Trimester Kedua

Memasuki trimester kedua, yaitu usia kehamilan 4-6 bulan, pertumbuhan janin akan semakin nampak. Sehingga perubahan fisik calon mama juga akan semakin terlihat. Nah, beberapa keluhan yang sering dialami saat kehamilan trimester kedua adalah:

✓ Kaki Bengkak

Kondisi ini bisa dialami oleh beberapa ibu hamil. Hal ini karena penumpukan cairan pada tubuh, sehingga menimbulkan rasa yang kurang nyaman dan terbatasnya pergerakan Anda.

✓ Keputihan

Keputihan memang bisa terjadi selama kehamilan. Kondisi keputihan yang semakin meningkat saat hamil sebenarnya untuk melindungi rahim dan vagina dari infeksi. Menjelang akhir masa kehamilan keputihan akan semakin meningkat dan bertekstur semakin tebal. Beberapa kasus keputihan bahkan akan mengandung bercak darah. Jika ini terjadi pada Anda, maka ini adalah tanda tubuh sedang menyiapkan kelahiran bayi. Segeralah konsultasikan keadaan Anda dengan dokter.

✓ Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan wajar dialami oleh Ibu hamil. Gangguan pencernaan ini terjadi karena perubahan hormon dan biasanya pada akhir masa kehamilan disebabkan oleh uterus yang semakin berkembang sehingga menekan perut Anda. Perubahan ini bisanya menyebabkan asam lambung yang naik hingga kerongkongan dan menghasilkan heartburn. Heartburn adalah rasa panas di bagian dada. Biasanya akan semakin parah saat Anda berbaring atau menunduk.

Kondisi ini biasa dialami setelah Anda makan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mengurangi kondisi ini dengan makan makanan dengan porsi kecil tapi sering. Jika merasa belum nyaman, maka konsultasikan kondisi ini pada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan antasida untuk Anda.

✓ Sulit Tidur

Menjelang masa akhir kehamilan Anda akan semakin sulit Anda untuk tidur. Hal ini karena perubahan fisik, seperti semakin membesarnya perut, perasaan gelisah, rasa panas dan lain sebagainya.

✓ Sakit Kepala

Sakit kepala saat hamil mungkin sangat umum terjadi. Kondisi ini sering disebabkan karena perubahan hormon. Biasanya terjadi di 6 bulan terakhir masa kehamilan. Untuk mengurangi rasa sakit kepala ini, cobalah untuk rileks dan tenang. Hindari memikirkan berbagai macam hal yang membuat Anda semakin sakit kepala. Usahakan untuk melakukan atau memikirkan hal-hal yang menyenangkan selama masa kehamilan. Jangan lupa untuk beristirahat agar sakit kepala berkurang.

Big Problems di Trimester Ketiga

✓ Semakin Sulit Bergerak

Menjelang akhir masa kehamilan, calon mama akan merasa sulit bergerak. Ya tentu saja karena beban yang dibawa semakin berat. Kondisi ini akan dialami khususnya saat Anda beranjak dari duduk atau sebaliknya.

✓ Sakit Punggung Semakin Parah

Saat hamil, ligamen yang menjadi penghubung antar tulang akan semakin melunak dan meregang. Gunanya untuk mempersiapkan tubuh menjelang persalinan. Nah, berat tubuh Ibu hamil yang semakin meningkat justru akan ditempatkan pada sendi panggul dan punggung. Kondisi inilah yang membuat calon mama mengalami sakit punggung saat hamil.

Untuk mengurangi rasa sakit pada punggung, sebaiknya lakukan beberapa hal, yaitu:

  • Tekuk lutut dan jaga posisi badan tetap tegak saat mengambil barang di lantai.
  • Gerakkan kaki saat berbalik untuk menghindari memutarnya tulang belakang.
  • Gunakan sepatu atau sandal yang datar (flat).
  • Hindari membawa barang terlalu berat.
  • Duduklah dengan tegak.
  • Istirahat yang cukup.
✓ Perubahan Payudara

Nah, menjelang kelahiran bayi Anda, payudara pun akan berubah nih, yaitu semakin besar. Tak hanya itu, Anda mungkin akan merasakan rasa yang tidak nyaman pada bagian payudara.

Big problems calon mama saat hamil memang beragam dan berbeda antara satu dan lainnya. Beberapa keluhan di atas mungkin akan Anda alami saat hamil nanti. Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir dengan perubahan kondisi tubuh Anda. Sebaiknya tetap lakukan pola hidup sehat, yaitu makan makanan tinggi nutrisi, tetap lakukan olahraga khusus untuk hamil dan istirahat yang cukup. Semoga kehamilan Anda kali ini tetap lancar hingga persalinan mendatang.

Artikel Terkait:

  1. Kenapa Ibu Hamil Cepat Lelah? Ini Penyebabnya dan Cara Mengatasinya
  2. Makanan yang Dilarang Konsumsi Saat Hamil: Mitos Atau Fakta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *