Banner Header Promo Oktober

Saat Diet Medsos Belum Berhasil

Browse By

Seperti yang telah diketahui, bahwa menghentikan penggunaan medsos bagi generasi milenial memang bukan perkara yang mudah. Banyak sekali godaannya. Mulai dari keinginan untuk beli baju di toko online hingga keinginan untuk memesan makanan secara online karena tidak memiliki waktu untuk masak. Ya, namanya hidup di era digital memang banyak sekali kemudahan yang diperoleh.

Hal inilah yang membuat kita sulit terlepas dari yang namanya media sosial. Nah, jika Anda belum berhasil melakukan diet media sosial, jangan khawatir. Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jiwa. Apa saja itu?

√ Pahami Aturan Permainan Media Sosial

Memahami aturan media sosial berarti melakukan kontrol diri dan emosi saat menggunakan media sosial. Anda juga perlu membedakan mana informasi yang benar dan mana yang hoax. Jangan sampai hanya karena ingin membagikan kabar ke teman-teman di si jejaring sosial, Anda justru menyebarkan berita hoax. Hindari juga melakukan postingan yang mengganggu kehidupan sosial orang lain.

Berselancar di media sosial juga memiliki aturan tersendiri. Alih-alih merugikan orang lain karena postingan yang menyudutkan. Gunakan media sosial untuk hal-hal positif seperti berbagi info donasi, resep masakan, atau hal lainnya yang membawa dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Jangan lupa untuk menghindari akun-akun yang membawa pengaruh dan dampak buruk bagi Anda. Misalnya, setelah melihat postingan dari akun tertentu, emosi dan kecemasan Anda semakin meningkat.

√ Pilih Unfollow

Nah, kalau Anda sudah cukup terganggu dengan postingan dari akun tertentu, Anda juga bisa melakukan unfollow atau block. Hal ini dilakukan agar Anda tidak akan melihat lagi postingan yang membawa pengaruh buruk bagi kehidupan Anda.

Pilihlah akun yang benar-benar memberikan informasi dan dampak baik bagi kehidupan Anda. Walaupun banyak yang menganggap cara ini akan berpengaruh terhadap hubungan pertemanan, namun setidaknya hal ini lebih baik daripada kesehatan jiwa Anda terganggu. Jika memang cara ini cukup sulit dilakukan, Anda bisa memilih pengaturan mute atau hide (sembunyikan) pada beberapa platform sosial media yang anda gunakan.

Lalu, akun mana saja sih yang baik kita ikuti (follow) dan akun apa saja yang seharusnya kita unfollow?

Follow :

  1. Suka berbagi atau posting hal-hal positif.
  2. Berbagi informasi valid (terpercaya) yang Anda inginkan.
  3. Postingan berpengaruh positif bagi kehidupan Anda.
  4. Follow akun yang bisa memberi motivasi.

Unfollow:

  1. Akun yang membuat Anda merasa sedih, stres, depresi dan minder.
  2. Akun yang menebar berita dan info palsu atau hoax.
  3. Akun yang berdampak negatif bagi kehidupan Anda.
  4. Akun yang menebar permusuhan dan kebencian.

Nah, media sosial memang memiliki batasan tertentu bagi penggunanya. Sebaiknya pahamilah batasan-batasan tersebut. Berhenti dari medsos sejenak bisa menjadi pilihan jika Anda mulai merasakan hal-hal berikut ini:

Diet media sosial memang cukup sulit, apalagi jika sebelumnya kita menemukan keasyikan di sana. Untuk itu, Anda perlu benar-benar membulatkan tekad dalam membatasi diri berselancar pada media sosial. Jangan sampai Anda mengesampingkan kesehatan jiwa hanya karena terlalu sering emosi, stres dan depresi akibat menggunakan media sosial. Ingatlah bahwa kehidupan nyata jauh lebih penting daripada kehidupan di dunia maya.

Artikel terkait:

  1. Sindrom Popularitas Instan Dan Aksi Unjuk Kebodohan
  2. Ini Dia “Lemak Jahat” di Media Sosial!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *