Banner Header Komunitas SOP

Trik Bisnis, Tingkatkan “Cuan” Saat Pandemi!

Browse By

Pandemi memang telah menggerus berbagai sektor bisnis. Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi jika banyak sektor bisnis mulai gulung tikar karena tak kuat dengan hempasan krisis ekonomi di tengah pandemi ini.

Namun ternyata, tak semua sektor bisnis mengalami penurunan drastis. Ada beberapa bisnis yang justru mengalami peningkatan di tengah pandemi saat ini. Nah, kira-kira trik bisnis apa saja yang dipakai hingga meningkatkan “cuan” (keuntungan) di tengah pandemi? Intip beberapa triknya berikut ini yuk!

1. Ubah Makanan ke Frozen Food
Trik bisnis pertama untuk meningkatkan cuan di pandemi saat ini adalah mengubah produk masakan menjadi frozen food yang bisa segera dinikmati hanya dengan memanaskannya saja. Beberapa restoran pun sudah mencoba trik ini untuk tetap memikat konsumennya di tengah pandemi saat ini. Tujuannya agar konsumen tetap menikmati produk makanan sama seperti di restoran, namun bisa disajikan sendiri dengan mudah saat di rumah.

2. Perusahaan Travelling Beralih ke Travelogistik
Penerapan PSBB membuat berbagai perusahaan travelling mulai terancam. Namun, trik jitu untuk mengubah fungsi dari jasa mengantar penumpang menjadi mengantar barang, nyatanya membuat beberapa perusahaan travelling meraup keuntungan yang melimpah.

3. Pakaian Fashion saat #DiRumahAja
Tetap fashionable meski WFH (Work from Home) adalah tagline beberapa perusahaan fashion pakaian. Beberapa perusahaan ini mengeluarkan produk pakaian yang tetap nyaman digunakan untuk WFH, namun tidak ketinggalan tren pakaian kekinian. Inovasi ini, tentu disambut gembira oleh banyak pekerja kantor karena tetap bisa mengunggah foto WFH di sosial media mereka.

4. Jastip Barang
Belanja online memang sudah jadi trend sebelum pandemi. Namun, bisnis “jastip” alias jasa titip , dimana orang bisa memesan barang yang akan dibeli secara langsung oleh penyedia jasa menjadi sebuah trend baru di masa pandemi ini. Mulai jastip barang di mall, belanjaan hingga kebutuhan pokok di pasar.

Pasalnya, jastip ini memang sensasinya beda dengan toko online atau marketplace. Umumnya para pengusaha jastip bisa membelikan barang ke beberapa toko yang berbeda dan tak jarang juga berburu barang-barang diskon.

5. Polis Online dari Perusahaan Asuransi
Anjuran untuk tetap berada di rumah, diartikan sangat baik oleh beberapa perusahaan asuransi. Beberapa perusahaan ini mulai meluncurkan polis online yang membuat konsumen tak perlu repot keluar rumah dan bertemu dengan banyak agen asuransi. Semua bisa dilakukan secara online selama di rumah.

trik bisnis tingkatkan keuntungan "cuan" saat pandemi

6. Hotel Mengembangkan “Work from Hotel”
Selama pandemi, beberapa hotel mulai menawarkan layanan WFH atau diartikan sebagai Work from Hotel. Para pekerja kantoran bisa dengan nyaman bekerja di hotel dengan fasilitas penunjang yang sangat nyaman untuk bekerja.

7. Beauty Treatment goes to Home
Tidak bisa pergi ke klinik kecantikan untuk melakukan treatment? Tenang, beberapa klinik kecantikan menawarkan layanan kecantikan selama di rumah. Misalnya, suntik vitamin C yang bisa dilakukan dengan drive thru, konsultasi dengan dokter secara virtual, hingga melakukan pembelian produk kecantikan secara online. Trik bisnis yang satu ini tentunya tak bisa ditolak oleh para konsumen dan justru meningkatkan “cuan” di tengah pandemi.

8. Makan di rumah seperti di resto Inovasi dari Restoran
Tidak banyak yang makan di restoran selama masa pandemi tak menghalangi pemilik bisnis restoran untuk membuat berbagai inovasi. Beberapa restoran menyediakan layanan “makan di rumah seperti makan di resto” dengan mengirimkan berbagai bahan makanan, hingga peralatan makan ke rumah para konsumen.

9. Cleaning Services dari Hotel untuk Rumah
Beberapa hotel rasanya memutar otak sangat keras untuk melakukan trik bisnis di tengah pandemi ini. Dari work from hotel, lalu beralih ke layanan kebersihan yang bisa dirasakan di rumah Anda. Jadi, jika Anda sangat ingin merasakan kebersihan rumah bak di hotel, maka jangan ragu lagi menggunakan layanan yang satu ini.

10. Kopi 1 Liter untuk Pecinta Kopi Saat Dirumah
Tetap ngopi saat bekerja di rumah. Tapi kali ini bisa langsung membeli kopi dalam jumlah 1 liter. Beberapa coffee shop mulai menerapkan trik bisnis ini untuk meningkatkan “cuan” selama pandemi COVID-19.

Baca Juga:

  1. Mengelola Keuangan Keluarga, Baiknya Suami atau Istri?
  2. Menghindari “Drama” Keuangan di Tanggal Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *