Banner Header Komunitas SOP

Dari yang Bersayap hingga Tak Bersayap, Mana Nih Yang Tepat untuk Menstruasi Pertamanya?

Browse By

Suatu hari, Nana yang baru saja mendapatkan menstruasi pertamanya pulang sekolah dengan uring-uringan dan mengeluh pada mamanya. Nana sangat kecewa dengan pilihan pembalut yang ia kenakan. Pasalnya, entah karena pemakaian yang kurang tepat atau karena memang di hari kedua menstruasi, pembalut yang dikenakan Nana tak mampu menampung jumlah darah yang keluar. Alhasil, rok seragam sekolah Nana pun berwarna merah karena noda menstruasinya. 

Rasa malu dan tak nyaman pun dirasakan Nana selama di sekolah. Berkali-kali ia menyalahkan diri sendiri karena harus mengalami kejadian memalukan ini. 

——————————————————————————————————————-

Nah, apa yang terjadi pada Nana, tentu saja pernah kita alami saat pertama kali menstruasi dulu. “Tembus” di sekolah memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Entah karena pemilihan pembalut yang kurang tepat atau karena pemakaian pembalut yang kurang benar, situasi ini seringkali terjadi. 

Lalu, apa sih yang perlu diperhatikan saat memilih pembalut? 

Pahami Jenis Pembalut Di Pasaran Kunci Rasa Nyaman

Memahami jenis pembalut sebelum memilih pembalut yang tepat bagi anak memang perlu diperhatikan, khususnya bagi orang tua dan anak. Jangan berpikir bahwa karena Anda menggunakan jenis dan merk pembalut tertentu, maka anak juga akan merasa nyaman dengan jenis pembalut yang Anda gunakan selama menstruasi. Ingat, setiap perempuan memiliki kebutuhan yang berbeda loh, Bu!

Maka dari itu, perhatikan beberapa jenis pembalut di pasaran berikut ini!

Pembalut Berdasarkan Panjang:

Berdasarkan panjang, pembalut dibagi menjadi 3 jenis, yaitu

  • Panjang (long)

Pembalut yang termasuk panjang (long) biasanya memiliki panjang sekitar 40/41/42 cm. Pembalut jenis ini, termasuk tipe pembalut untuk malam hari (Night) dan digunakan saat tidur. Namun, tak menutup kemungkinan juga digunakan di hari biasa saat menstruasi sedang banyak.

  • Sedang (medium)

Pembalut yang termasuk medium memiliki panjang sekitar 29/35 cm. Setiap merk pembalut di pasaran memiliki standar ukuran tertentu, sehingga setiap merk memiliki panjang berbeda-beda. 

  • Pendek (Small)

Pembalut yang tergolong (small) biasanya memiliki panjang sekitar 23 cm. Pembalut jenis ini seringkali digunakan saat masa menstruasi hampir berakhir.

Berdasarkan Sayap (Wing)

  • Pembalut Reguler (Tanpa Sayap)

Pembalut tanpa sayap ini tersedia dalam berbagai ukuran panjang dan tebal. Setiap merk pembalut tanpa sayap ini memiliki standar ukuran yang berbeda. Kemasan dari tiap merk pun kadang dibuat sama (antara pembalut bersayap dan tidak), maka perlu ketelitian saat membelinya. Bentuk pembalut jenis ini hanya persegi yang memanjang tanpa tambahan sayap di kanan kirinya.   

  • Pembalut Bersayap (Dengan Wing)

Sama seperti pembalut tanpa sayap, pembalut bersayap (dengan wing) juga memiliki ukuran panjang dan tebal yang berbeda. Pembalut jenis ini memiliki tambahan material yang bisa direkatkan di samping bawah (kanan dan kiri) celana dalam. Fungsinya, agar darah menstruasi tidak melebar ke bagian samping celana dalam. Pembalut jenis ini cukup nyaman digunakan, karena perekat yang membuat pembalut tak mudah bergeser. 

jenis pembalut perlu tahu

Berdasarkan Ketebalan

  • Overnight
  • Reguler
  • Slim
  • Ultra slim
  • Panty liner

Berdasarkan ketebalannya, pembalut yang paling tebal yaitu overnight. Pembalut jenis ini diberi nama overnight karena biasanya digunakan di malam hari. 

Lalu, pembalut yang paling tipis, yaitu panty liner. Panty liner biasanya digunakan di hari-hari terakhir masa menstruasi atau saat menjelang menstruasi. 

Jenis Pembalut Lain yang Perlu Diketahui 

  • Tampon

Tampon berbentuk lonjong, kecil dan terbuat dari bahan yang sama seperti pembalut. Penggunaannya diletakkan di dalam vagina dekat dengan mulut rahim. Pada bagian ujung tampon, terdapat benang memanjang yang difungsikan untuk menarik tampon saat sudah penuh dengan darah menstruasi. 

Meskipun, banyak perempuan yang meragukan keamanan dari penggunaan tampon ini namun tampon di klaim sangat aman digunakan saat menstruasi. 

  • Gelas Menstruasi (Menstrual Cup)

Selain tampon, ada (menstrual cup) atau gelas menstruasi yang terbuat dari  karet silikon berbentuk seperti corong. Beberapa perempuan beranggapan bahwa menstrual cup ini nyaman digunakan tanpa takut “tembus” saat menstruasi. Gelas menstruasi ini bisa digunakan berulang kali, tentunya setelah dicuci bersih untuk menghindarkan diri dari infeksi.

  • Menstrual Pad

Hampir sama seperti pembalut sekali pakai yang sering digunakan oleh perempuan, menstrual pad memiliki bentuk yang sama dengan pembalut. Perbedaannya hanya terdapat di bahan pembuatnya. Menstrual pad, terbuat dari kain lembut (microfiber), dan bagian luar yang berbahan polyester. Menstrual pad bisa digunakan berkali-kali sehingga disebut-sebut ramah lingkungan. 

Mana yang Terbaik Bagi Anak?

Saat memilih pembalut bagi anak, sebaiknya Anda mengajaknya berdiskusi. Tanyakan pembalut jenis mana yang nyaman anak gunakan. Pemilihan pembalut yang nyaman bagi anak mungkin tidak bisa ditentukan dalam waktu yang cepat. 

Mencoba berbagai jenis dan merk pembalut bisa dilakukan untuk menentukan pembalut mana yang paling nyaman bagi anak. Beri anak sedikit waktu untuk merasakan pengalaman dari setiap pembalut yang ia kenakan. Pastikan anak selalu membawa survival kit di luar rumah saat sedang menstruasi.

Baca juga:

  1. Bantu Anak Persiapkan Survival Kit untuk Pertama kali Menstruasi Yuk!
  2. Anak Mulai Bertanya Tentang Menstruasi! Cara Menjelaskan Menstruasi Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *