Banner Header Komunitas SOP

Bantu Anak Persiapkan Survival Kit untuk Pertamakali Menstruasi Yuk!

Browse By

Memiliki anak yang beranjak remaja memang butuh perhatian khusus, apalagi bagi anak perempuan. Pasalnya, anak perempuan akan mengalami masa datang bulan atau menstruasi untuk pertama kalinya. 

Meskipun anak sudah memahami apa itu menstruasi dan Anda sudah banyak memberi informasi terkait menstruasi, namun masih banyak anak perempuan yang mengalami kebingungan dan tidak siap akan datangnya menstruasi ini. 

Kurangnya persiapan menghadapi datangnya menstruasi ini wajar kok Parents, karena toh kita sulit memprediksi kapan tepatnya menstruasi ini datang. Bisa saja anak mendapatkan menstruasi pertama saat di rumah, saat di sekolah, atau saat sedang pergi jalan-jalan bersama teman. Inilah yang menyebabkan, anak-anak perempuan Anda mungkin tidak siap dengan pembalut atau tidak membawa celana dalam ekstra saat mengalami menstruasi. Bisa dibayangkan dong, betapa malunya anak perempuan Anda saat mengalami menstruasi di tempat umum, sedangkan dia tidak memiliki survival kit untuk menghadapi menstruasi pertama kali.

Maka dari itu, yuk bantu anak persiapkan survival kit agar ia lebih percaya diri menghadapi menstruasi! Apa saja sih hal yang perlu dipersiapkan?

Survival Kit untuk Pertama Kali Menstruasi

  • Pembalut 

Survival kit pertama yang harus selalu ada untuk persiapan saat menstruasi adalah pembalut. 

Sebaiknya, bantu anak siapkan pembalut dengan ukuran yang paling nyaman digunakan, khususnya bagi anak perempuan yang sangat aktif di sekolah. Jangan lupa pilih merk pembalut yang paling Anda percaya agar tidak mudah tembus atau bergeser saat digunakan anak. 

Sediakan 3-4 pembalut dalam tas survival kit anak setiap harinya. Jangan lupa isi kembali setiap hari, agar anak tidak kehabisan pembalut. 

Nah, setelah masa menstruasi sudah hampir selesai, anak bisa juga loh menggunakan pantyliners untuk mencegah adanya sisa menstruasi yang belum benar-benar habis.

  • Celana dalam 

Setelah mempersiapkan pembalut. jangan lupa persiapkan celana dalam ekstra di dalam survival kit anak perempuan Anda. Sebaiknya pilihlah celana dalam katun yang berbahan lembut dan nyaman digunakan anak saat menstruasi. Sediakan setidaknya 2 celana dalam ekstra di dalam survival kit anak.

  • Rok (seragam) / celana ekstra

Hal penting lainnya yang harus ada di dalam survival kit anak perempuan untuk menghadapi menstruasi pertama kali adalah sediakan rok (seragam) atau celana ekstra. Rok seragam ekstra perlu ada di dalam survival kit karena bisa juga anak mengalami menstruasi pertama saat sedang di sekolah. 

Hal ini akan menghindarkan anak dari rasa malu karena noda menstruasi yang menempel di rok seragam sekolahnya.

  • Penghilang rasa sakit / nyeri

Menstruasi pertama kali kadang terasa sangat menyakitkan. Akan lebih baik jika menstruasi anak pertama kali dialami saat di rumah sehingga Anda bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Tapi, bagaimana ya jika menstruasi pertama kali anak justru saat di sekolah?

Untuk mengatasi hal ini, penting bagi Anda memberikan penghilang rasa sakit di dalam survival kit anak. Misalnya beberapa obat gosok atau koyo yang bisa ditempel di perut atau di punggung anak. Sebaiknya, hindari obat-obat keras yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit karena cenderung berbahaya.

Survival kit menstruasi pertama kali

  • Tissue Basah

Tissue basah cukup penting selalu ada di dalam survival anak saat sedang mengalami menstruasi. 

Tissue basah akan sangat membantu anak untuk membersihkan diri pada saat menstruasi tiba. Pilihlah tissue basah dengan kemasan mudah dibawa dan non-allergic.

  • Kantong Plastik

Hal lain yang tidak kalah penting ada di dalam survival kit menstruasi anak adalah kantong plastik. Kantong plastik ini gunanya untuk membungkus pembalut / tampon kotor setelah digunakan. Sebaiknya, gunakan kantong plastik berwarna hitam agar tidak terlihat.

  • Snack peningkat mood

Menstruasi memang membuat mood anak perempuan Anda naik turun dan cenderung ngidam makanan tertentu. Biasanya sih makanan yang cenderung asam, asin atau bahkan manis. Untuk mengatasi hal ini, sediakan snack pembangkit mood di survival kit-nya. 

Tidak perlu snack yang berlebihan, cukup isi survival kit anak dengan permen mint, asam atau manis. Anda juga boleh kok memberinya snack berupa keripik-keripik asin, tapi perhitungkan juga kalorinya. Jangan sampai berat badan anak justru naik karena snack peningkat mood ini. 

  • Parfum / deodoran

Parfum atau deodoran juga hal penting yang harus ada dalam survival kit anak perempuan saat menstruasi. 

Gunanya untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap saat menstruasi. Hal ini wajar terjadi kok Parents, jadi tidak perlu khawatir. Sebaiknya, masukkan parfume dalam botol kecil (travel size) agar mudah dibawa kemana-mana.

Survival kit untuk anak perempuan saat menstruasi sangatlah penting agar anak menjadi lebih percaya diri menghadapi masa menstruasinya. Yuk bantu menyiapkan survival kit bagi anak perempuan dengan beberapa hal di atas!

Baca juga:

  1. Nyeri Saat Haid, Normalkah?
  2. “Ngidam” Saat Datang Bulan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *