Banner Header Promo Oktober

Pillow Talk: Obrolan Sebelum Tidur Yang Menambah Kedekatan

Browse By

Mendekatkan diri dengan anak adalah salah satu tugas penting bagi orangtua. Melalui kedekatan ini, baik orangtua dan anak sama-sama memiliki ikatan yang kuat. Banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mendekatkan diri dengan anak. Misalnya sering-sering mengajak anak bermain, menemani anak belajar, hingga mengajak anak mengobrol.

Ya, mengajak anak mengobrol memang diyakini bermanfaat untuk menjalin kedekatan antara orangtua dan anak. Mengobrol dengan anak bisa Anda lakukan kapan saja, misalnya mengobrol menjelang anak tidur, atau biasa disebut dengan pillow talk.

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan pillow talk bersama dengan anak. Dilansir dari kompas.com, menurut Kim West, pendiri International Association of Child Sleep Consultants, obrolan yang dilakukan dengan anak menjelang tidur (pillow talk) bisa membantu anak untuk tidur lebih nyenyak.

Pillow talk yang dilakukan bersama dengan anak sebelum tidur juga membantu anak merasa dicintai, merasa aman dan yang paling penting adalah anak merasa lebih bahagia.

Nah, pillow talk ini juga dipercaya sebagai salah satu langkah mudah untuk menanamkan nilai-nilai penting bagi anak. Misalkan, alih-alih menasehati anak-anak yang kadang membuatnya bete, lebih baik ajak anak mengobrol sebelum tidur (pillow talk). Dengan begitu, anak menjadi lebih fokus hanya pada obrolan Anda. Hal yang perlu Anda ingat saat melakukan pillow talk dengan anak adalah gunakan kalimat yang positif tanpa menggurui anak.

Bagaimana Memulai Kebiasaan Pillow Talk Bersama dengan Anak?

Jika Anda belum pernah melakukan pillow talk dengan anak dan ingin mencoba memulai kebiasaan yang positif ini, maka cukup lakukan beberapa langkah mudah, seperti:

√ Buatlah Pillow Talk Menjadi Kebiasaan

Langkah pertama untuk memulai pillow talk adalah menjadikan kegiatan ini menjadi kebiasaan sebelum tidur. Sebaiknya luangkan waktu beberapa menit sebelum tidur untuk melakukan pillow talk ini. Pillow talk yang Anda lakukan secara konsisten setiap malam ini akan membantu Anda dan anak untuk selalu dekat.  

√ Bicarakan Topik yang Ringan

Topik yang Anda bicarakan melalui pillow talk dengan anak sebaiknya adalah topik-topik yang ringan. Tujuannya adalah agar anak tidak terganggu sebelum tidur. Misalnya, topik-topik berat yang bisa membuat anak ketakutan sebelum tidur. Untuk itu, bicarakan topik ringan seperti apa saja yang dilakukan anak saat di sekolah tadi, atau permainan apa yang paling digemari oleh anak dan teman-temannya saat ini. Usahakan, topik yang dibicarakan saat pillow talk ini adalah topik yang membuatnya bahagia.

Bicarakan juga topik-topik yang sedang disukai anak. Misalnya, tentang publik figur yang sedang diidolakan oleh anak.  Nah, sembari membicarakan publik figur tersebut, Anda bisa menyisipkan beberapa nasehat yang tidak terkesan menggurui.

Jika anak bertanya tentang sesuatu hal yang tidak ia mengerti, maka jelaskan dengan sederhana. Anda juga boleh tidak menjawab pertanyaan anak jika tidak tahu jawaban pastinya. Sebagai gantinya, katakan pada anak, bahwa Anda akan mencari tahu terlebih dahulu.

√ Gunakan Alat Bantu

Jika Anda terlalu bingung memulai pillow talk dengan anak, maka gunakan alat bantu, misalnya boneka atau buku cerita. Melalui buku cerita, banyak hal yang bisa Anda dan anak sampaikan.

Misalnya saat Anda membacakan buku cerita dengan tema kemandirian anak, Anda bisa menjelaskan pada anak tentang aktivitas sehari-hari yang membutuhkan kemandirian anak. Sebagai contoh, bagaimana menggunakan baju seragam sendiri, bagaimana cara anak mengancingkan baju dan lain sebagainya.

Apa Saja yang Bisa Ditanyakan oleh Orangtua pada Anak saat Pillow Talk?

Banyak sekali topik ringan yang bisa ditanyakan oleh orangtua pada anak di saat pillow talk. Nah, jika Anda bingung, maka tanyakan beberapa hal berikut ini:

  1. Mimpi apa sih yang paling kamu sukai?
  2. Siapa sih tokoh superhero yang kamu idolakan? Kenapa sih?
  3. Hal apa yang paling ingin kamu pelajari?
  4. Siapa sih orang yang paling baik padamu di sekolah? Kira-kira kenapa?
  5. Jika kamu hanya boleh menyimpan satu mainan saja, mainan mana yang ingin kamu simpan? Kenapa?
  6. Jika kamu punya kekuatan super, apa yang paling kamu ingin lakukan? Kenapa?
  7. Hal apa saja yang paling kamu suka dari teman-temanmu?
  8. Permainan apa yang paling kamu ingin mainkan saat bersama dengan teman-teman di sekolah?
  9. Apa yang kamu inginkan saat kenaikan kelas nanti?
  10. Kamu ingin jadi apa saat dewasa nanti?

Banyak sekali cara untuk mendekatkan diri dengan anak. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pillow talk bersama dengan anak. Jangan khawatir tidak memiliki topik untuk dibicarakan bersama dengan anak, karena ada banyak sekali pertanyaan yang bisa Anda ajukan pada anak. Beberapa pertanyaan diatas juga bisa dijadikan sebagai referensi menarik loh.

Baca juga:

  1. Simpan Smartphone Anda, Ini Langkah Untuk Bantu Anak Tingkatkan Intelektualnya!
  2. Ayah Dekat dengan Putrinya? Ini Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *