Menangani Anak yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget

Browse By

Pertanyaan :

Ibu Enin

Hallo SOP,

Anak saya berusia 8 tahun, sekarang ini sedang senang bermain gadget dan gampang sekali marah. Kira-kira bagaimana mengatasi anak yang sudah ketergantungan terhadap gadget?

Terima kasih,

Jawaban:

Hallo Parents,

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan…

Gadget memang menjadi media yang dapat membantu stimulasi pembelajaran anak terlebih gadget menawarkan tampilan yang menarik, mulai dari warna, suara, bahkan gerakan yang membuat pandangan kita terfokus dan tidak ingin beranjak. Untuk orang dewasa saja, gadget menjadi hal yang sulit ditolak, apalagi untuk anak-anak.

Pada anak, idealnya penggunaan gadget perlu dibatasi karena belum matangnya kemampuan anak untuk mengendalikan keinginannya secara mandiri. Tentunya, orang tua akan menjadi media utama untuk membantu anak mengendalikan waktu dalam bermain gadget.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memberikan aturan waktu untuk bermain gadget, misalnya dalam 1-2 jam sehari. Waktu ini juga dapat dibagi dalam beberapa periode misalnya 2 kali sehari dengan masing-masing 30 menit hingga 1 jam. Dalam penggunaan gadget dalam batasan waktu yang diberikan, pendampingan orang tua masih dibutuhkan.

Selanjutnya, orang tua juga dapat menyediakan alternatif aktivitas lain yang menarik bagi anak sehingga anak tidak kehilangan kesenangannya untuk bermain gadget kembali. Aktivitas yang dilakukan dapat berupa aktivitas bermain, eksplorasi lingkungan di sekitar rumah, atau bahkan kegiatan membaca bersama dengan orang tua. Sambil melakukan aktivitas tersebut, orang tua juga dapat mengajarkan hal-hal yang ada di sekitarnya,  sehingga anak lebih terbuka dan terbiasa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan atau diinginkannya pada orang tua.

Ketika anak mudah marah, penting bagi orang tua untuk mengenali dan menanyakan hal apa yang membuat anak marah sehingga orang tua dapat memberi pengantar bagi anak bagaimana cara mengekspresikan marah dengan baik dan membantunya memperoleh apa yang diinginkan anak.

Pada usia 8 tahun, seharusnya anak telah memiliki kosakata yang cukup untuk mengungkapkan hal yang membuatnya marah pada orang lain di sekelilingnya. Ketika anak marah, penting bagi orang tua untuk tetap merespon dengan sabar agar emosi anak ikut mereda. Setelah emosi anak mereda, barulah orang tua dapat menggali penyebab kemarahan dan memberikan nasihat terkait perilaku yang diharapkan.

Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu Parents mengatasi kesulitan dalam mengasuh dan mendidik anak saat ini.

Salam,

Sonia Utari Alatan, M.Psi.,

Artikel Terkait :

  1. Ketika Anak Telah Kecanduan Gadget
  2. Main Gadget VS Main Bersama Ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *