× DAFTAR GRATIS Masuk
Artikel Kelas Online Tanya Ahli Workshop Online Mitra Sekolah Belanja Pintar Tentang Kontak
“Gondongan” Pada Anak :Sering Diremehkan, Tapi Bisa Berbahaya

“Gondongan” atau sering disebut dengan “Mumps” memang cukup sering dialami oleh anak-anak. Banyak yang menganggap “gondongan” sebagai penyakit wajar dan sering disepelekan. Walaupun demikian, gejala yang ditimbulkan tentu saja tidak bisa dianggap remeh. Tak jarang penyakit gondongan ini membuat si penderita merasakan nyeri dan kesakitan. Bayangkan saja jika gondongan ini dialami oleh anak-anak. Bisa dipastikan, menangis dan rewel pasti menjadi andalan mereka.

Lalu, sebenarnya apa sih penyakit “gondongan” itu?

Gondongan (mumps) adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis dan disebabkan oleh infeksi paramyxovirus. Kelenjar parotis ini adalah kelenjar yang bertugas untuk memproduksi air liur dan terletak dibawah telinga. Itulah mengapa saat terjadi “gondongan”, bagian bawah telinga atau area sekitar leher anak nampak membesar (bengkak).

Walaupun “gondongan” sering dianggap sepele, namun ternyata bisa menyebabkan kematian. Menurut penelitian, 10% penderita “gondongan” mengalami meningitis aseptik dan komplikasi serius lainnya yang dapat menyebabkan cacat, tuli permanen bahkan kematian.

Contact Us School of Parenting