Banner Header Tanya Ahli SOP

Valentine, Yuk Ajarkan Anak Bahasa Kasih!

Browse By

Valentine adalah momen yang dimanfaatkan para pasangan kekasih untuk saling mengungkapkan cinta. Namun,dalam keluarga bisa dong kita melibatkan anak-anak dalam merayakan hari kasih sayang ini. Tak perlu susah-susah melakukan aktivitas yang berlebihan, cukup ajarkan bahasa kasih pada buah hati Anda.

Ada banyak manfaat mengenalkan bahasa kasih pada anak-anak. Pertama, anak bisa mengerti bahasa kasih apa yang orangtua berikan untuknya. Kedua, kita bisa mengajarkan pada anak bahwa ada banyak sekali bentuk cinta di dunia ini. Dengan demikian, anak-anak bisa mengenali perasaan cinta mereka kepada orangtuanya, begitupun sebaliknya.

Gary Chapman dalam bukunya berjudul The 5 Love Languages merumuskan lima bahasa kasih yang sebaiknya dimengerti oleh setiap orang. Buku tersebut sudah diterjemahkan dalam lebih dari 50 bahasa. Ini dia 5 bahasa kasih yang bisa Anda ajarkan untuk anak-anak.

  • Kata Peneguhan

Ada orang-orang tertentu yang selalu mengatakan kata-kata peneguhan sebagai bentuk kasih. Untuk pasangan, contoh kata peneguhan adalah saling mengucapkan cinta dengan kata-kata cinta atau mengucapkan terima kasih untuk hal-hal yang sepele. Untuk anak-anak, mereka mungkin bisa lebih mudah memahami bahasa kasih ini. Apa yang selalu diucapkan orangtua untuk mereka adalah bentuk kasih yang paling konkret.

  • Waktu Berkualitas

Bentuk cinta lain yang bisa Anda berikan kepada anak adalah waktu yang berkualitas. Sesibuk apa pun Anda dalam masalah lain, Anda harus memberi pengertian kepada anak-anak bahwa Anda akan selalu ada waktu untuk mereka. Bentuk kasih berupa waktu berkualitas, misalnya kebersamaan, percakapan berkualitas, atau pengalaman mengesankan.

  • Hadiah

Bentuk kasih selanjutnya adalah hadiah. Sebagai orangtua, Anda tentu sering memberikan hadiah kepada buah hati Anda, begitupun sebaliknya. Yang penting di sini bukanlah seberapa mahal hadiah yang diberikan. Akan tetapi, seberapa tulus hadiah tersebut. Anak-anak biasanya memang sangat suka hadiah. Ini adalah bentuk cinta yang paling sering diberikan oleh anak-anak kepada orangtua mereka.

cara ajarkan bahasa kasih pada anak

  • Tindakan Pelayanan

Selalu melayani anak untuk apa pun yang dimintanya memang tidak baik. Akan tetapi, sesekali membuatkan anak sarapan atau memasakkan makanan kesukaannya adalah bentuk cinta yang cukup bermakna.

  • Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik adalah bentuk cinta yang paling nyata. Memeluk, mencium, dan membelai anak adalah bentuk cinta yang akan langsung dirasakan oleh anak. Setiap orangtua pasti sering melakukan sentuhan fisik untuk anak-anak mereka.

Mengapa bentuk kasih ini harus diajarkan kepada anak-anak? Alasannya adalah karena tidak ada orangtua yang bisa memberikan semua bentuk cinta tersebut kepada buah hatinya. Ada satu bentuk kasih yang paling menonjol dan ada beberapa yang tidak menonjol. Jika Anda tidak bisa memberikan waktu berkualitas kepada anak, setidaknya anak tahu bahwa orangtua mencintainya dengan cara lain. Anak akan tahu tidak semua cinta harus dinyatakan dalam bentuk yang sama. Satu hal yang pasti adalah setiap orangtua pasti mencintai anak-anak mereka.

Baca juga:

  1. Keajaiban Pelukan Bagi Anak
  2. Jangan Pukul Anak ini Dampak Buruknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *