Inner Child: Masa Kecil yang Terbawa Dewasa

22 April 2020

Pernah mendengar istilah Inner Child? 

Beberapa diantara kita mungkin masih sangat awam dengan istilah ini. Namun, sudah saatnya kita belajar dan memahami bersama apa itu Inner Child. Pasalnya, Inner Child, dianggap memiliki andil dan pengaruh besar dalam kehidupan kita di masa dewasa saat ini. 

Apa itu Inner Child?

Inner Child, adalah bagian dari diri seseorang yang merupakan hasil dari pengalaman masa kecil. Memang, tak semua orang sadar akan keberadaan Inner Child dalam dirinya. Namun, kita pasti pernah mengalami sesuatu yang membawa pikiran kita melayang di masa lalu saat kita masih anak-anak, bukan? Jika kita sering mengalami ini, itulah yang disebut dengan inner  child. 

Apakah Inner Child itu Nyata?

Banyak orang dewasa yang meragukan adanya inner child dalam dirinya. Wajar memang, karena inner child itu tak terlihat secara fisik. Pasalnya, konsep dari inner child sendiri bukan seorang anak kecil yang ada di dalam diri kita secara fisik,ini bukan kehamilan ya, Parents.  Inner Child, memang tidak bisa dilihat, namun dirasakan dan keberadaannya diakui oleh para psikolog.

Kenapa Inner Child Mempengaruhi Kehidupan saat Kita Dewasa?  

Saat kita mengalami trauma di masa kecil, luka batin yang diciptakan akibat trauma tersebut harus disembuhkan. Namun, seringkali luka batin akibat trauma ini tidak dihiraukan. Mungkin karena dulu kita tak memiliki orang yang membantu untuk sembuh, luka tersebut akan terbawa hingga dewasa. Hingga menyebabkan trauma atau masalah di kehidupan kita saat ini.   

Situasi Apa yang Mampu Menyakiti Inner Child Kita?

Selama kita tumbuh menjadi dewasa, banyak sekali situasi atau peristiwa yang sangat mungkin menyakiti inner child, misalnya:

  • Pelecehan seksual
  • Kehilangan orang yang disayangi
  • Bullying
  • KDRT
  • Penyalahgunaan obat terlarang
  • Penyakit mental anggota keluarga, dsb

Bagaimana Pengaruh Rasa Sakit Inner Child Pada Kehidupan saat Dewasa?

Jika luka akibat trauma saat inner child belum sembuh dan kita tidak memiliki seorang yang membantu untuk sembuh dari luka tersebut, maka luka tersebut akan mempengaruhi beberapa perilaku kita saat dewasa. Misalnya, 

1. Menyalahkan diri sendiri

2. Merugikan diri sendiri

3. Menyakiti diri sendiri

4. Berperilaku Pasif-Agresif

5. Seringkali melakukan kekerasan

Bisakah Menyembuhkan Luka Inner Child?

Luka pada inner child tentu bisa sedikit demi sedikit disembuhkan, namun butuh sikap yang konsisten dari diri sendiri. Beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk menyembuhkan inner child misalnya:

  • Lakukan Dialog dengan Diri Sendiri

Langkah pertama yang perlu kita lakukan untuk menyembuhkan inner child adalah dengan berdialog dengan diri sendiri. Kenapa? Karena inner child itu hidup dalam diri kita dan tak tampak secara fisik. Jadi, satu-satunya cara untuk terhubung dengannya adalah lakukan dialog dengan diri sendiri. 

  • Tulis Surat 

Dalam diri seseorang hidup anak kecil yang rapuh, terluka dan butuh dilindungi. Jadi, dengan menulis surat yang berisi rasa sakit yang dialami, kita sedikit demi sedikit mampu menyembuhkan luka dari inner child.

  • Say “I Love You”

Jika kita sudah mampu menulis surat pada inner child, maka jangan lupa untuk mengatakan cinta padanya. Katakan bahwa “aku mencintaimu, aku mendengarmu, maafkan aku, dan terima kasih”. Jangan lupa katakan pada inner child, bahwa kita sedang berusaha menyembuhkannya dari luka yang selama ini dirasakan.

Inner Child memang nyata dan tumbuh dalam diri setiap orang. Luka yang dibawa oleh inner child ini perlu kita sembuhkan agar tak menimbulkan masalah saat kita menjalani masa dewasa. Dengan mencintai diri sendiri, kita sedikit demi sedikit sudah menyembuhkan luka dari inner child ini. 

Untuk belajar lebih lanjut mengenai luka yang dibawa oleh inner child, mari pahami lebih lanjut di buku Re-Parenting Journey berikut ini. Klik poster untuk pemesanan. 

 

 

Baca juga:

  1. Membesarkan Anak yang Bisa Mencintai Dirinya Sendiri
  2. Menyakiti Diri Sendiri Benarkah Cara Berekspresi?
Bagaimana Menurut Anda?
+1
29
+1
0
+1
0
+1
0
+1
5
+1
0
+1
1

Tag:

Share with love
Member Premium SOP Member Premium SOP

Gabung Member Premium

Mulai perjalanan memahami emosi diri dan keluarga

Nikmati akses Kelas Video Belajar kapanpun & dimanapun

Gabung Sekarang

Sudah Member Premium? Masuk Di Sini

Contact Us School of Parenting
×

Info Masa Keanggotaan

Perpanjang Paket