Banner Header Komunitas SOP

“Ma, Kenapa Payudaraku Berbeda dengan Mama?”

Browse By

Memiliki anak yang baru saja beranjak remaja memang sedikit menegangkan ya Parents. Terlebih jika anak sedang memasuki masa puber (puberty). Waah… bisa dipastikan akan ada banyak pertanyaan, rasa penasaran, kebingungan dan tentu saja kecemasan dari anak Anda.

Mulai dari bertanya “Kenapa kok payudaraku berbeda dengan milik Mama?” dari anak perempuan, atau pertanyaan “Kenapa sih kok ada bulu halus di area ketiak dan penis?” dari anak laki-laki. 

Semua pertanyaan tersebut wajar loh ditanyakan oleh anak-anak yang memasuki masa puber karena rasa keingintahuan yang tinggi. Tak hanya itu, pertanyaan tersebut tentu saja muncul karena banyak perubahan secara fisik yang terjadi pada tubuh mungil mereka. 

Nah, terlebih bagi anak perempuan yang memasuki masa puber, pasti akan banyak sekali hal yang menjadi perhatian mereka. Salah satu bagian tubuh yang selalu menjadi perhatian anak perempuan adalah “payudara”. 

Kira-kira apa saja sih perubahan pada bagian payudara yang selalu ditanyakan oleh anak perempuan? Beberapa pertanyaan berikut mungkin pernah atau akan ditanyakan oleh anak perempuan Anda loh, Parents!

“Kenapa Payudaraku Besar Sebelah sih Mah?”

Hayo, pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini dari anak perempuan Anda yang memasuki masa puber? Atau justru, dulu waktu puber, Anda juga sempat bertanya-tanya tapi sampai sekarang belum mendapatkan jawabannya?

Ya, pertanyaan tentang kenapa payudara besar sebelah seringkali ditanyakan oleh remaja putri loh Parents! Misalnya, anak Anda mulai memperhatikan bahwa payudara bagian kiri lebih besar dari bagian kanan. Hal ini wajar kok Parents dan sebenarnya Anda perlu merasa senang karena ternyata anak sudah mulai sadar tentang perubahan dalam dirinya. 

Nah, jika pertanyaan ini yang muncul, maka jelaskan bahwa hal ini sebenarnya wajar dan tidak perlu dirisaukan karena seiring berjalannya waktu pertumbuhan (besar) payudara akan merata. Namun, sebenarnya tidak ada payudara yang benar-benar memiliki besar yang sama (simetris), jadi tidak perlu khawatir.

“Kenapa Payudaraku Tidak Besar Seperti Milik Teman-Teman?”

Di masa puber, anak-anak akan sangat penasaran dan mulai membandingkan perubahan apa yang terjadi dalam dirinya dengan perubahan yang terjadi pada teman. Nah, biasanya anak akan mulai bertanya pada Anda “Kenapa payudaraku tidak tumbuh besar seperti teman-teman?” atau “Kenapa payudaraku jauh lebih besar jika dibandingkan dengan teman-teman?” 

Apabila Anda mendapati pertanyaan tersebut maka jelaskan bahwa pertumbuhan payudara setiap orang itu berbeda-beda dan tidak perlu terlalu khawatir jika besar payudara adek berbeda dengan teman-teman. Tambahkan bahwa, kecantikan atau penampilan seseorang tidak ada hubungannya dengan besarnya payudara, jadi tidak perlu merasa minder.

“Kenapa Ada Rambut / Bulu Halus di Putingku?”

Beberapa remaja perempuan mungkin memiliki bulu halus di area putingnya dan mulai bertanya apakah hal ini normal? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebaiknya jelaskan bahwa hal ini sangat normal dan tidak perlu khawatir. Apabila anak Anda sangat tidak menyukai bulu halus tersebut karena penampilannya yang membuatnya risih, maka tidak masalah mencabut bulu halus tersebut. 

perubahan payudara pada anak remaja

Kok, Payudaraku Kadang Terasa Sakit?”

Payudara bisa saja terasa sedikit sakit dan nyeri dari biasanya, khususnya menjelang masa menstruasi. Jika anak Anda mulai memperhatikan hal ini, maka jelaskan padanya bahwa kondisi tersebut adalah wajar dan tidak perlu dirisaukan. Tambahkan bahwa kondisi ini akan berakhir saat masa menstruasi juga berakhir di bulan tersebut.  

“Kenapa Puting Payudaraku Tumbuh Ke Arah Dalam?

Nah, pertanyaan lain yang sering diajukan oleh remaja putri adalah “Kenapa puting payudaraku tumbuh ke arah dalam?” Untuk itu, jelaskan bahwa setiap orang memiliki bentuk puting yang berbeda dan bahwa hal ini sangatlah wajar dan tidak perlu dikhawatirkan atau menjadi sesuatu yang membuat minder. 

Mendapati anak remaja perempuan Anda mengajukan berbagai pertanyaan di masa pubernya adalah hal yang sangat wajar. Sebagai orangtua, Anda perlu menenangkan mereka jika merasa cemas akan berbagai perubahan fisik yang terjadi pada tubuh mungilnya. Tak lupa, jelaskan perubahan tersebut tidak perlu menjadikannya minder. 

Baca juga:

  1. Siap-Siap! Ini yang akan Dialami Anak Saat Puber
  2. Pilih Miniset atau Bra?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *