Macam-Macam Tipe Ayah Modern, Mana Nih Tipe Anda?

Browse By

Bagi pria, kehadiran buah hati telah membawa berbagai macam perubahan dalam dirinya. Setidaknya, untuk masalah panggilan saja sekarang sudah berubah menjadi “Bapak”,”Ayah”, “Papa” dan lain sebagainya. Meskipun nampak sederhana, tapi sebenarnya membuat para pria atau para Ayah baru ini sedikit takut, khawatir, canggung dan perasaan lainnya yang sering menimbulkan postpartum depression pada Ayah.

Banyak Ayah baru yang bekerja mati-matian karena merasa takut tidak bisa mencukupi kebutuhan anggota keluarga baru. Akhirnya, waktu Ayah banyak tersita untuk urusan pekerjaan dibandingkan memiliki quality time bersama dengan anak dan istri.

Nah, dalam menjalankan tugas sebagai Ayah baru, terdapat beberapa tipe Ayah modern yang sudah kami rangkum untuk Anda. Kira-kira Ayah termasuk tipe Ayah modern yang mana nih?

Macam-Macam Tipe Ayah Modern:

🕴 Tipe Ayah Pekerja Keras

Tipe Ayah modern yang pertama adalah tipe Ayah pekerja keras. Bagi Ayah yang selalu bekerja keras setiap saat ini, satu-satunya hal yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan, anak, istri dan rumah tangga. Ayah tipe ini akan bekerja full time, hingga jarang sekali bertemu dengan anak dan istri. Baginya tanggung jawab mengasuh dan mendidik anak hanyalah tanggung jawab istri. Tapi, Ayah menjamin bahwa anak istri tidak perlu khawatir tentang segala kebutuhan yang mereka perlukan karena sudah pasti bisa dicukupi dengan baik.

🕴 Tipe Big Bro Daddy

Bagi Ayah yang termasuk tipe Big Bro Daddy berarti Anda selalu ingin menjadi sahabat atau teman anak-anak. Ayah tipe ini akan selalu berusaha berada di samping anak, mengajak anak bermain, menemaninya dalam berbagai kegiatan dan tidak bermimpi ingin mendisiplinkan anak-anak. Baginya, anak-anak bagaikan teman kecil yang bisa menemani kehidupan kerasnya sebagai seorang Ayah. Jadi jangan heran jika tipe Ayah yang satu ini sedikit memanjakan anak-anak.

tipe ayah modern

🕴 Tipe Ayah Humoris

Tipe Ayah yang satu ini seringkali dicintai oleh semua anggota keluarga karena tingkahnya yang selalu humoris dan membawa keceriaan bagi keluarga. Ayah dengan tipe humoris sangat pandai menghibur anak-anak yang sedang rewel atau bersedih karena kemampuannya membuat humor dengan anak-anak.

Jadi, bagi istri yang memiliki suami seperti ini, sudah tidak perlu khawatir dengan anak-anak yang rewel, karena dia akan selalu ada untuk menenangkan anak.

🕴 Tipe Ayah Siaga

Tipe Ayah siaga sering diartikan sebagai Ayah yang selalu siap mengantar dan menjaga anak-anak dan istri. Tapi tidak hanya itu loh, tipe Ayah siaga juga berarti Ayah yang mau turut serta membantu pekerjaan Ibu di rumah agar lebih ringan.

Misalnya, rela membersihkan rumah saat Ibu memasak, atau rela memasak saat Ibu sedang memberi si kecil ASI. Tipe Ayah siaga ini rela melakukan apa saja untuk kebahagiaan Ibu dan anak. Tipe inilah yang sering diidamkan para Ibu. Jadi, apakah Anda termasuk tipe ini,Yah?

🕴 Tipe Ayah Pengawas

Hampir sama dengan tipe Ayah siaga, tipe Ayah pengawas ini hobinya mengawasi setiap tumbuh kembang anak, kesehatan anak hingga segala sesuatu yang diperlukan anak. Misalnya. Jadwal kontrol kesehatan anak, jadwal imunisasi anak, hingga kapan anak perlu dilatih untuk potty training. Bukannya tidak percaya dengan kemampuan si Ibu, tapi Ayah hanya ingin menjalankan perannya sebagai seorang Ayah hebat.

🕴 Tipe Ayah Penggemar Sosmed

Tipe Ayah penggemar sosmed ini sangat mewakili generasi modern. Baginya, setiap momen perkembangan buah hati harus selalu diabadikan dalam sosial media. Baik berupa status, foto, ataupun video. Bukan karena semata-mata ingin pamer kebahagiaan, namun tujuannya mungkin agar saat dewasa nanti si kecil bisa melihat kembali dirinya saat kecil. Sehingga tak jarang nih, setiap kali membuka mata di pagi hari, Ayah tipe ini selalu melaporkan perkembangan buah hatinya pada teman-teman sosial medianya.

🕴 Tipe Ayah Cerdas

Tipe Ayah cerdas ini selalu saja berusaha belajar tentang parenting,baik lewat buku-buku,seminar maupun situs parenting. Ayah tipe ini berusaha membantu istri untuk merawat buah hati sembari menjalani kesibukan pekerjaannya di kantor. Tipe Ayah cerdas ini juga pandai mengatur waktu untuk keluarga, teman-teman dan pekerjaan kantor.

🕴 Tipe Ayah Kompetitif

Jika Anda selalu saja membandingkan anak-anak dengan teman-teman, maka bisa jadi Anda termasuk tipe Ayah yang kompetitif. Ayah tipe ini selalu saja membandingkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dengan anak-anak lainnya. Baginya, perkembangan anak seperti sebuah kompetisi yang harus dimenangkan. Semakin cepat dan semakin bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya, maka semakin bangga dirinya sebagai seorang Ayah. Sebaliknya, semakin lambat pertumbuhan anak-anaknya dibandingkan anak-anak lain, maka Ayah akan semakin kecewa.

🕴 Tipe Ayah Paranoid

Tipe Ayah paranoid ini selalu saja merasa ketakutan akan segala sesuatu. Misalnya ketakutan saat ditinggal sendirian dengan si kecil. Ayah dengan tipe ini merasa khawatir jika ia tidak bisa menangani si kecil kalau-kalau menangis, atau rewel. Biasanya Ayah tipe ini akan selalu meminta bantuan orang lain untuk membantunya merawat bayi. Ayah tipe ini juga merasa tidak percaya diri dengan segala hal yang dilakukan untuk si kecil.

🕴 Ayah Rumah Tangga

Ayah rumah tangga mungkin saja dipandang sebelah mata bagi sebagian orang. Namun, tipe Ayah rumah tangga ini sangat membantu pekerjaan Ibu di rumah. Pasalnya, Ayah rumah tangga akan bergantian menjaga dan merawat buah hati saat si Ibu sedang keluar untuk bekerja. Barulah, saat Ayah harus menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah, si Ibu bisa bergantian merawat buah hati. Tipe Ayah rumah tangga ini mulai banyak dimiliki oleh Ayah-ayah modern loh!

Menjadi seorang Ayah memang tidak mudah, sehingga Ayah perlu banyak belajar merawat dan menjaga buah hati. Meskipun tidak banyak waktu yang dimiliki untuk menjaga dan merawat buah hati karena urusan pekerjaan, sebaiknya Ayah tetap meluangkan waktu berkualitas untuk keluarga.

Baca juga:

  1. Tipe-Tipe Ibu Penjemput Anak Sekolah
  2. Menjadi Ayah Idola Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *