Menyembuhkan luka hati dengan travelling
Mom's Corner

Mau Sembuh dari Luka Hati? Yuk Travelling!

Kadang-kadang hal menyedihkan dan membuat luka terjadi dalam kehidupan kita. Konflik keluarga, patah hati, perceraian hingga kehilangan seseorang karena kematian pasti menimbulkan luka terdalam bagi kita. Luka dan kesedihan juga bisa dialami karena masalah yang timbul dari karir bahkan pendidikan.

Untuk itu kita pasti mencari cara untuk “sembuh” dari luka dan kesedihan tersebut. Nah, travelling bisa menjadi salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan luka hati.

Ya, travelling memang telah dipercaya bagi sebagian banyak orang untuk sekedar melepas penat dari aktivitas sehari-hari, sehingga bisa kembali kepada rutinitas pekerjaan dengan lebih segar. Tak ada ukuran pasti dalam hal travelling. Anda bisa melakukannya dalam waktu yang sangat singkat misalnya 2 hari, 1 minggu atau bahkan lebih.

Pantai, pedesaan, dan tujuan wisata lainnya, semuanya tergantung pada pilihan masing-masing. Lalu, mengapa travelling bisa digunakan sebagai pengobat kesedihan? Berikut alasannya untuk Anda

Alasan Travelling sebagai Penyembuh Luka:

  • Sebagai Media untuk Banyak Bersyukur

Siapa sih yang tidak kagum melihat indahnya sunrise atau sunset? Dengan melihat keindahan ciptaan-Nya, secara otomatis kita akan bersyukur telah diberi banyak kesempatan untuk bisa melihat dan menikmati keindahan tersebut. Nah, rasa syukur tentang kehidupan yang dimiliki inilah yang bisa mengikis rasa luka dan kesedihan yang sedang dialami.

  • Cara untuk Menghargai Diri Sendiri

Banyak orang yang justru menyalahkan diri sendiri atas luka yang dirasakan. Misalnya jika luka tersebut akibat dari perceraian, tak jarang Anda sering menyalahkan diri sendiri. Anda mungkin sering berpikir, “Andai saja aku tidak melakukan A, B, C, maka aku tidak akan pernah kehilangan dia.”

Intropeksi memang perlu dan boleh-boleh saja dilakukan, namun bukan berarti Anda lalu menyalahkan diri sendiri. Pahamilah ada juga hal-hal di luar kendali Anda. Nah, travelling bisa digunakan sebagai media untuk menghargai diri sendiri, karena Anda akan bertemu dengan orang lebih banyak yang mungkin bisa merubah cara pandang Anda.

  • Mengubah Cara Berpikir

Ya, traveling memang bisa merubah cara berpikir seseorang, karena banyak hal yang dialami saat travelling. Misalnya Anda akan bertemu banyak budaya baru, orang baru yang bisa membantu menemukan jati diri yang baru pula. Sehingga akan lebih banyak kebahagiaan yang dirasakan. Inilah yang bisa mengikis luka dan kesedihan yang sedang dialami.

  • Memberi Fokus Lain

Luka dan kesedihan memang banyak menyita fokus dan perhatian seseorang. Nah, travelling bisa memberikan Anda fokus lain. Alih-alih hanya berfokus pada masalah dan kesedihan, cobalah travelling untuk menemukan kebahagiaan lain. Saat travelling mau tidak mau Anda hanya akan fokus pada tempat wisata, kapan waktu keberangkatan tiba, dimana harus mencari kuliner yang diinginkan, hingga dimana harus mencari oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

  • Membebaskan Diri Dari Kerapuhan

Travelling disebut-sebut sebagai obat luka karena memang bisa membebaskan diri dari kerapuhan. Travelling bisa menghadirkan banyak tantangan baru hingga Anda juga bisa mengasah keberanian karena Anda akan banyak menghadapi sesuatu diluar dugaan. Jelas ini akan membuat anda lebih percaya diri dan merasa lebih kuat.

  • Belajar Banyak Hal

Melalui travelling Anda akan belajar banyak hal. Misalnya belajar bahasa baru,ketrampilan-ketrampilan yang sebelumnya tak anda miliki hingga filosofi-filosofi hidup yang bisa anda dapatkan sepanjang perjalanan.

Sebenarnya travelling bukan hanya bisa menyembuhkan luka. Akan tetapi menurut banyak peneliti, travelling juga bagus untuk kesehatan loh. Apa saja sih manfaat travelling bagi kesehatan?

Manfaat Travelling Bagi Kesehatan:

  • Travel Membentuk Antibodi Lebih Kuat dan Meningkatkan Sistem Imun

Menurut penelitian, travelling bisa meningkatan sistem imun tubuh loh. Hal ini karena keterbatasan kebersihan selama travelling. Anda tidak bisa selalu mencuci tangan dengan baik, sehingga akan ada saja bakteri yang menempel dalam tangan. Namun, jangan khawatir, peneliti mengatakan sedikit bakteri dalam tubuh justru baik untuk meningkatkan sistem imun Anda.

  • Menurunkan Tingkat Stres

Sembuh dari luka juga berarti akan menurunkan tingkat stres pada diri. Sebuah penelitian menunjukan bahwa 3 hari setelah travelling, Anda akan merasa cukup beristirahat, berkurangnya kecemasan, dan suasana hati yang lebih baik. Akibat dari stres bisa bermacam-macam, mulai dari sakit kepala hingga penyakit lainnya pun bisa menyerang. Untuk itu Parents, berlibur lah karena stres itu mahal.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Melakukan travelling akan memperluas pikiran Anda. Hal ini karena Anda akan bertemu dengan lingkungan baru, orang-orang baru dan situasi baru, sehingga Anda akan lebih sadar dalam segi budaya. Pengalaman baru ini bagus untuk meningkatkan fleksibilitas kognitif dan menjaga pikiran lebih tajam. Menurut Journal of Personality and Social Psychology, menyebutkan bahwa, mereka yang belajar di luar negeri cenderung lebih terbuka dan stabil dalam hal emosional.

  • Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Resiko penyakit jantung akan menurun seiring menurunnya tingkat stres pada seseorang. Studi tentang jantung di Framingham bahkan menyebutkan bahwa wanita yang melakukan perjalanan setiap tahun lebih kecil kemungkinannya menderita serangan jantung atau mengembangkan penyakit jantung.

  • Membuat Tubuh Bugar

Travelling juga sama dengan banyak bergerak dan melakukan aktivitas yang jarang dilakukan saat di rumah, misalnya saja berjalan. Setidaknya dengan traveling Anda akan dipaksa berjalan. Dengan begitu aktivitas tubuh akan meningkat, sehingga secara otomatis juga akan meningkatkan kebugaran tubuh.

  • Menemukan Banyak Hal Sehat

Peningkatan kesehatan juga bisa ditemukan dari banyaknya makanan, minuman sehat yang dikonsumsi. Tidak hanya itu, melalui travelling Anda akan menemukan udara segar bebas polusi. Nah, semua properti ini tentunya akan meningkatkan kesehatan Anda.

  • Panjang Umur

Dengan banyak manfaat kesehatan dan menurunnya level stres, otomatis Anda akan hidup lebih lama. Kebahagiaan yang Anda peroleh dan cara pandang baru terhadap sesuatu melalui travelling juga akan membuat Anda panjang umur. Misalnya saat dulu seringkali Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, melalui travelling dan banyak melihat hal-hal baik, kebiasaan buruk tersebut mulai akan ditinggalkan.

Jadi bagaimana? Sudah siapkah Anda menjelajah tempat dan waktu untuk menyembuhkan luka dan kesedihan? Semuanya bisa Anda mulai dari tempat-tempat favorite Anda. Tak perlu biaya mahal, sebagai permulaan Anda bisa travelling dari tempat terdekat dengan biaya yang murah terlebih dahulu.

Baca Artikel Lainnya:

  1. Move On Pasca Perceraian
  2. Parents, Berliburlah, Karena Stres itu Mahal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *