Quality Time Activity: Latihan Berhitung dari Dadu Raksasa

Browse By

Apakah Anda masih memiliki kardus bekas di rumah? Jika masih punya, jangan buru-buru dibuang nih Parents. Karena kita bisa menggunakan kardus bekas tersebut untuk melatih anak berhitung dan mengenal angka. Loh, memangnya bagaimana caranya?

Tenang parents, dengan beberapa bahan dan alat sederhana yang bisa diperoleh di rumah, Anda bisa membuat dadu raksasa yang kemudian digunakan untuk melatih anak mengenal angka dan berhitung. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan?

Alat dan Bahan:

  1. Kardus bekas
  2. Kertas lipat warna-warni atau kertas HVS biasa
  3. Selotip besar
  4. Gunting
  5. Lem Kertas
  6. Penggaris
  7. Pensil atau pulpen
  8. Jangka atau benda berbentuk bulat

Cara membuat:

  1. Gambar persegi pada kardus bekas Anda. Gunakan penggaris agar ukuran Anda tepat. Anda bisa membuat persegi dengan ukuran 17 cm x 17 cm. Atau gunakan ukuran lain sesuai kebutuhan. Buatlah 6 buah persegi untuk membuat dadu raksasa ini. Gunting sesuai pola.
  2. Setelah Anda mendapatkan 6 buah persegi, susun persegi tersebut menjadi jaring-jaring kubus. Susunlah persegi tersebut dengan logo kardus menghadap ke atas.
  3. Rekatkan masing-masing sisi dengan menggunakan selotip besar. Lakukan langkah ini hingga Anda memperoleh bentuk kubus. Agar lebih rapi, rekatkan selotip besar di masing masing sisi luar kubus. Sisihkan
  4. Buatlah lingkaran kecil-kecil dengan menggunakan jangka atau benda berbentuk bulat lainnya. Buat lah dengan berbagai warna kertas yang berbeda. Jangan lupa buatlah lingkaran dengan jumlah 1 sampai 6 lingkaran. Gunting sesuai pola lingkaran.
  5. Tempelkan masing-masing lingkaran tersebut di tiap sisi kubus, sama seperti dadu.
  6. Dadu raksasa siap digunakan si kecil untuk belajar.

Cara untuk Belajar:

  1. Ajak anak menghitung masing-masing sisi dadu. Anda bisa meminta anak untuk melemparnya terlebih dahulu untuk menentukan hitungan anak.
  2. Anda juga bisa menggunakan dadu raksasa tersebut sebagai alat permainan ular tangga. Minta anak melempar dadu tersebut. Setelah dadu terlempar, minta anak untuk meletakkan pion di permainan ular tangga. Dengan begitu anak bisa sambil belajar berhitung.
  3. Anda juga bisa mengajak anak belajar berhitung sambil melatih kemampuan motoriknya. Caranya dengan membuat tanda yang menunjukkan gerakan tertentu. Setiap tanda mewakili angka dari 1 sampai 6. Lalu, minta anak untuk melempar dadu. Setelah anak mendapatkan angkanya, pilih salah satu tanda yang menunjukkan gerakan tertentu dan yang mewakili angka tersebut. Misalnya, tanda yang Anda buat adalah simbol anak sedang tepuk tangan. Lalu, minta anak bertepuk tangan.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan video berikut ini:

Aktivitas bersama dengan anak kali ini banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat yang akan diperoleh anak adalah anak bisa belajar berhitung dan mengenal angka dengan cara yang lebih menyenangkan. Tak hanya itu, dalam proses pembuatan dadu raksasa, anak juga bisa diajak untuk menggunting lingkaran kecil untuk dadu. Dengan begitu, kemampuan motorik anak juga meningkat. Anda juga bisa mengajarkan berbagai macam warna melalui lingkaran dadu dari kertas warna-warni tersebut.

Jadi bagaimana? Sangat menyenangkan bukan bermain sambil belajar menggunakan dadu raksasa ini? Banyak sekali permainan dan pembelajaran yang bisa dilakukan dari dadu raksasa ini loh! Tunggu apa lagi parents, yuk liburan nanti ajak si kecil membuat dadu raksasa ini dan kemudian memainkannya.

Baca juga:

  1. Quality Time Activity: Kalung Unicorn Lucu untuk Anak
  2. Quality Time Activity: Spinner Alphabet Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *