Cara membuat sensory board sederhana
Balita Bayi Mom's Corner Parenting

Quality Time Activity: Sensory Board untuk Latih Ketajaman Inderawi Anak

Anak-anak memang butuh permainan yang mengasah kecerdasan dan panca indera mereka. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang masih sangat kecil alias bayi, perlukah permainan-permainan tersebut?

Nah, sebenarnya semua anak di usia dini sangat memerlukan permainan tersebut. Fungsi utamanya adalah untuk melatih sensori atau indera perabanya. Dengan latihan sensori ini, anak akan mulai mengeksplorasi, menyelidiki dan tentunya membuat mereka sibuk sejenak. Tak hanya itu Parents, permainan sensori juga bisa merangsang kemampuan motorik anak.

Lalu, permainan seperti apa ya yang bisa digunakan si kecil untuk latihan sensorinya? Bagaimana kalau kita buat sensory board untuk si kecil. Sensory board ini sangat mudah dibuat karena Parents bisa mendapatkan bahan-bahannya di rumah. Yuk, simak lebih jauh untuk mengetahui bahan dan cara membuatnya!

Bahan-Bahan Sensory Board:

  1. Board (papan). Bisa apa saja, misalnya papan kayu, kardus atau papan styrofoam
  2. Isolasi/lem tembak/sekrup (sesuaikan dengan board)
  3. Berbagai benda atau barang yang memiliki tekstur, warna dan bentuk berbeda-beda. Misalnya pom-pom warna-warni, berbagai macam kain bertekstur, spon cuci piring, sedotan, mainan plastik, mainan kayu, berbagai macam pita, dll

Cara Membuat:

  1. Siapkan board (papan) yang akan digunakan sebagai media untuk menempel berbagai macam benda. Bila perlu, bersihkan terlebih dahulu permukaanya dari debu yang menempel agar benda-benda mudah ditempelkan.
  2. Tempel semua benda-benda dengan berbagai macam tekstur, bentuk dan warna.
  3. Setelah semua tertempel, gantung sensory board tersebut di dinding. Jangan lupa sesuaikan tingginya dengan si kecil agar mudah diraih. Terakhir, ajak si kecil bermain dengan cara meraba setiap benda yang sudah Parents tempelkan.

Tutorial berikut bisa menjadi referensi membuat sensory board di rumah:

Permainan sensori ini akan mengembangkan dan menghubungkan koneksi saraf pada otak anak, sehingga akan membantu si kecil untuk melakukan hal-hal lainnya yang lebih kompleks di masa mendatang. Tak hanya itu, melalui aktivitas ini anak akan mengenal karakteristik berbeda pada tiap benda, seperti tekstur lembut, kasar, berbutir dan lain sebagainya.

Bagaimana Parents, sangat mudah bukan membuatnya? Sensory board ini bisa Anda buat dari berbagai macam benda yang ada di rumah, sehingga Anda tidak perlu repot pergi keluar rumah untuk menyiapkan setiap bahannya. Selamat mencoba!

Baca Juga:

  1. Quality Time Activity: Puffy Paint Warna-Warni
  2. Quality Time Activity: Wadah Pensil Bentuk Hewan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *