Banner Header Komunitas SOP

Quality Time : Kreasi Bando Aneka Telinga Hewan

Browse By

Sedang mencari ide membuat kreasi bersama anak? Mungkin anda sudah pernah memasak dan melakukan eksperimen science bersama si kecil? Trus kreasi apalagi yang bisa dilakukan bersama si kecil untuk mengisi quality time saat libur?

Tak usah bingung,Parents, kali ini kita belajar bikin kerajinan yuk!

Alih-alih membeli bando di toko aksesoris, Parents bisa lho berkreasi sendiri bersama si kecil. Tentunya bisa sambil belajar.

Apa saja bahan dan langkahnya?

Yang Dibutuhkan

  • Bando polos (tanpa hiasan/aksesori apapun)
  • Kain flanel berbagai warna
  • Lem tembak
  • Kertas
  • Gunting
  • Jarum pentul

Cara Membuatnya

  1. Carilah gambar telinga hewan di internet. Misalnya hewan gajah, macan, kelinci, atau hewan lainnya sesuai keinginan anak. Lalu cetak pada kertas kosong.
  2. Gunting gambar telinga hewan tersebut sebagai pola untuk kain flanel. Parents bisa meminta anak untuk mengguntingnya dengan hati-hati mengikuti pola.
  3. Letakkan pola telinga hewan di atas kain flanel yang sudah dilipat jadi dua.
  4. Gunting kain flanel sesuai pola telinga hewan. Agar lebih mudah dalam proses menggunting, tahan pola telinga hewan dan kain flanel dengan menggunakan jarum pentul.
  5. Rekatkan tiap tepi kain flanel yang sudah dilipat dan berbentuk pola telinga hewan. Namun biarkan bagian tengah lipatan tetap terbuka sekitar 0,5 cm. Gunanya sebagai lubang tempat bando masuk.
  6. Parents bersama anak bisa menghias bagian tengah telinga hewan dengan kain flanel yang dibentuk pita dan aksesori lain.

Lewat kreasi ini Parents dapat melatih ketrampilan motorik halus anak lewat kegiatan menggunting dan menempel. Juga dapat mengenalkan nama-nama hewan pada si kecil melalui kreasi bando ini.

Ceritakan pada si kecil, dimana habitat hewan tertentu. Bisa juga bando-bando unik ini digunakan untuk pelengkap saat Parents membacakan cerita fabel bersama anak.

Nah, cukup mudah bukan membuatnya? Lakukan kreasi ini bersama dengan anak di waktu senggang. Waktu libur anda akan lebih menyenangkan.

Selamat Mencoba!

Baca Juga :

  1. Quality Time Activity : Kreasi Bola Pelangi
  2. Quality Time Activity : Bunga Warna – Warni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *