Banner Header Komunitas SOP

Honeymoon Blues : Drama Di Awal Pernikahan

Browse By

Masa honeymoon setelah menikah biasanya menjadi masa-masa yang romantis dan membahagiakan bagi pasangan. Bayangkan saja, berlibur hanya berdua dengan pasangan tanpa disibukkan oleh rutinitas pekerjaan yang selama ini seakan membelenggu kebebasan Anda dan pasangan, tentu menjadi hal yang diimpikan hampir semua orang.

Sayangnya, saat masa honeymoon ini selesai, ada perasaan sedih dan khawatir yang menghantui Anda dan pasangan, karena harus kembali ke rutinitas pekerjaan sebelumnya. Akhirnya karena perasaan sedih dan khawatir dihantui rutinitas sehari-hari, kemesraan dan kebahagiaan Anda dengan pasanganpun menjadi berkurang. Kondisi inilah yang sering disebut dengan “honeymoon blues”.

Honeymoon blues” ini sering loh dirasakan oleh kebanyakan pasangan yang baru saja kembali dari masa bulan madunya.

Lalu, kira-kira adakah cara agar Anda dan pasangan tetap bahagia dan mesra bahkan setelah honeymoon? Adakah cara untuk mengatasi “honeymoon blues ini?”

Hadapi “Honeymoon Blues” dengan Tepat:

💑 Buat Daftar Rencana Pekerjaan

Penting bagi Anda dan pasangan untuk siap kembali menjalani rutinitas sehari-hari setelah masa bulan madu usai. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan beberapa waktu bulan madu Anda untuk membuat daftar rencana pekerjaan.

Cara ini akan membantu Anda mengingat kembali beberapa pekerjaan yang sempat tertunda karena perjalanan bulan madu setelah pernikahan.  Dengan mengingat dan membuat daftar pekerjaan, maka anda akan merasa lebih siap menghadapi tekanan dalam pekerjaan nantinya. Sehingga, “honeymoon blues” bisa dihadapi dengan tepat.

💑 Luangkan Waktu untuk Bersantai

Mungkin sedikit terdengar aneh untuk meluangkan waktu bersantai setelah masa bulan madu yang cukup panjang. Namun, cara ini dianggap cara yang cukup tepat menghadapi “honeymoon blues” loh.

Pasalnya, anda dan pasangan memang perlu waktu sejenak untuk mempersiapkan diri kembali ke rutinitas sebelumnya. Sebagai contoh, jika masa bulan madu Anda dan pasangan sekitar 1 minggu, sebaiknya jangan habiskan masa 1 minggu tersebut untuk pergi berlibur. Cukup gunakan sekitar 5-6 hari untuk berlibur, dan sisakan 1 hari hanya untuk bersantai di rumah sambil mempersiapkan diri menghadapi rutinitas esok hari.

apa itu honeymoon blues?

💑 Rencanakan Kencan Romantis

Siapa bilang masa romantis hanya terjadi saat bulan madu? Padahal, Anda dan pasangan bisa saja merencanakan kencan romantis bahkan setelah bulan madu, agar “honeymoon blues” bisa dihadapi dengan cara yang tepat. Misalnya, gunakan waktu weekend untuk makan malam romantis ala Anda dan pasangan. Tidak perlu mahal, cukup makan malam berdua di rumah dengan menu yang menjadi favorite saat bulan madu kemarin.

Anda juga bisa memasak untuk pasangan, beberapa makanan yang disukainya. Tidak perlu terlalu sempurna seperti makanan di hotel bintang lima. Yang terpenting adalah momen kebersamaan dengan pasangan. Jangan lupa, ajak juga pasangan untuk memasak makanan yang disukainya. Cara ini juga bisa menambah kedekatan Anda dengan pasangan loh.

💑 Buka Kembali Foto atau Video Saat Bulan Madu

Jangan lupa mengabadikan setiap momen di masa bulan madu Anda dengan memotret atau merekamnya menjadi video. Setiap foto atau video tersebut bisa dilihat kembali setelah bulan madu untuk mengatasi “honeymoon blues” yang Anda alami bersama pasangan nantinya.

Meskipun masa bulan madu sudah usai, namun kenangan dan momen yang Anda abadikan bersama pasangan mampu membuat perasaan Anda kembali bahagia di tengah kesibukan menjalani rutinitas sehari-hari.

💑 Tingkatkan Komunikasi yang Jujur

Jika Anda atau pasangan masih merasakan “honeymoon blues” dan mulai merindukan masa bulan madu, maka komunikasikan hal tersebut pada pasangan. Komunikasi yang jujur pada pasangan cukup mampu menjaga kemesraan dalam pernikahan dan mengurangi perasaan sedih pasca bulan madu. Anda dan pasangan juga bisa menjadwalkan bulan madu kedua di tahun berikutnya dan mengulangi masa-masa romantis di bulan madu yang pertama.

💑 Tetap Mesra

Yang paling Anda rindukan dari masa-masa bulan madu mungkin adalah kemesraan dari pasangan. Rasa rindu inilah yang bisa membuat Anda sedih atau mengalami “honeymoon blues” sepulang dari bulan madu.

Karena itu, sebaiknya jaga kemesraan Anda dan pasangan bahkan setelah masa bulan madu usai. Misalnya saja dengan konsisten mengucapkan kata-kata cinta setiap hari, menghabiskan waktu berdua setelah pulang kerja, atau hal mesra lainnya yang membuat Anda dan pasangan bahagia.

Disadari atau tidak, “honeymoon blues” memang kerap dialami oleh pasangan setelah masa bulan madu usai. Sayangnya , kebanyakan pasangan mulai larut dengan rutinitas sehari-hari dan tidak ambil pusing dengan perasaan sedih yang muncul dalam lubuk hati.

Padahal perasaan sedih atau khawatir karena “honeymoon blues” ini cukup mengurangi kebahagiaan di awal pernikahan Anda dengan pasangan. Maka atasi “honeymoon blues” dengan langkah yang tepat agar kebahagiaan di awal pernikahan terus bisa dirasakan bahkan setelah masa bulan madu usai.

Artikel terkait:

  1. Bermesraan di Depan Anak Boleh, Asalkan…
  2. Tetap Mesra Setelah Menikah Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *