Banner Header Komunitas SOP

Tetap Mesra Setelah Menikah Lama

Browse By

Setiap pasangan menginginkan kehidupan pernikahan yang langgeng hingga usia senja. Bahkan menginginkan pernikahan yang diselimuti kehidupan yang romantis.

Seiring dengan umur pernikahan yang semakin bertambah. Terkadang pasangan merasa sulit merasakan kehidupan romantis, berbeda seperti saat usia pernikahan masih hitungan 2 atau 3 tahun. Seakan akan romantisme juga ikut dimakan usia.

Kadang timbul pula rasa bosan, dan tak lagi punya waktu untuk melakukan hal yang romantis karena kesibukan. Namun ternyata, romantisme tetap perlu ada, dan tentu tetap bisa ada selama pernikahan masih “sehat”. Bagaimana caranya?

  • Lakukan Perjalanan Berdua

Bagi pasangan yang telah lama menikah, tanggung jawab sebagai orang tua semakin membuat waktu untuk berdua berkurang drastis. Namun usahakan untuk tetap mempunyai waktu berdua. Jika memungkinkan,anda bisa menitipkan anak kepada kakek-nenek atau kerabat terdekat barang 1-2 hari.

Anda bisa mulai dari membuat rencana perjalanan. Mungkin ke luar kota. Atau mengunjungi tempat-tempat yang dulu pernah dikunjungi saat masih berpacaran. Tidak ada salahnya mengingat kenangan indah bersama. Lakukan semuanya dengan senang. Usahakan melakukan perjalanan hanya berdua sehingga romansa tetap terjaga.

  • Beri Kejutan Pada Pasangan

Sama seperti saat masih masa pendekatan tau berpacaran. Anda juga bisa memberi kejutan pada pasangan. Tidak perlu sesuatu yang mahal. Karena yang ingin ditunjukkan adalah perhatian anda.

Kata-kata cinta dan hadiah kecil mungkin menjadi pilihan kejutan yang menyenangkan bagi pasangan. Kejutan kecil ini akan mengingatkan anda dan pasangan tentang kenangan yang bisa menambah romansa di usia pernikahan yang sudah cukup lama.

  • Memuji Pasangan

Memuji pasangan menjadi hal yang harus terus dipupuk. Anda bisa tetap memuji kecantikan atau ketampanan pasangan. Tidak perlu malu untuk memuji pasangan. Bayangkan bahwa selama ini pasangan telah menemani anda dalam suka dan duka. Sehingga memuji pasangan seharusnya bukan hal yang sulit.

  • Ulangi Kebiasaan Saat Muda

Alih-alih membuat kebiasaan baru, anda bisa mengulang kebiasaan yang dulu pernah dilakukan bersama. Misalnya, membaca buku bersama, menonton film atau membersihkan taman bersama. Hal-hal sederhana yang dulu selalu anda lakukan secara rutin. Namun, karena kesibukan sempat anda tinggalkan.

Tips tetap mesra setelah menikah lama

  • Buka Hati Anda

Agar hubungan anda tetap romantis hingga usia senja, Anda harus memiliki hati dan pikiran yang terbuka. Jujurlah pada pasangan tentang apa yang anda rasakan dan anda inginkan. Usahakan untuk mau terbuka pada pasangan, mau berbagi, mendengarkan dan memahami.

  • Utamakan Sisi Religius

Berdasarkan penelitian, beberapa pasangan memilih menggunakan tingkat religius mereka untuk menjaga romansa dalam pernikahan. Dalam penelitian tersebut diungkapkan fakta tentang banyak pasangan yang percaya bahwa dengan berbagi kepercayaan kepada Tuhan, nuansa romantis bisa tetap terjaga. Salah satu contoh kegiatan yang mereka lakukan adalah dengan pergi ke tempat ibadah bersama.

 

Manfaat Tetap Romantis Setelah Menikah Lama

Menurut penelitian, tetap romantis bahkan setelah menikah lama membantu menjauhkan diri dari berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang banyak menghampiri di usia senja dikarenakan aktivitas fisik yang semakin berkurang dan banyaknya pikiran negatif yang dipikirkan.

Dengan menjaga keromantisan, ide-ide dan pikiran segar akan muncul. Kesegaran secara mental juga mulai dirasakan saat seseorang berada dalam keadaan romantis. Romansa di usia pernikahan yang sudah matang juga menghambat perasaan yang tidak diinginkan. Misalnya perasaan khawatir akan sesuatu.

Baca Juga :

  1. Oversharing: Ilusi Kemesraan di Media Sosial
  2. Long Distance Marriage

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *