Banner Header Komunitas SOP

Long Distance Marriage

Browse By

Suami-istri yang menikah lazimnya memang berada dalam satu rumah, namun sekarang banyak ditemui pasangan suami istri yang tinggal terpisah. Beda kota, beda pulau, atau bahkan beda negara.

Bukan karena ada masalah dalam pernikahan mereka, namun bisa jadi karena pekerjaan atau ada tanggung jawab yang diemban masing-masing pihak. Hubungan pernikahan yang terpisah jarak ini yang disebut Long Distance Marriage.

Berada dalam pernikahan jarak jauh dapat menciptakan beberapa kerumitan dalam rumah tangga dan dapat membuat kehidupan pernikahan menjadi lebih menantang.

Ada perasaan curiga, cemas, ketakutan dan banyak hal lain yang bisa membuat pernikahan mengalami krisis.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga pernikahan Anda tetap kuat meskipun Anda tidak tinggal di bawah satu atap.

1. Kuncinya, seperti dalam semua hubungan, adalah komunikasi. Jaga jalur komunikasi selalu terbuka setiap hari. Kirim foto, video call satu sama lain, kirim pesan teks ataupun video pendek secara online.

2. Sangat penting bahwa Anda berdua berkomitmen satu sama lain dan benar-benar percaya pada pernikahan Anda.

3. Pernikahan jarak jauh Anda akan gagal jika ada kurangnya kepercayaan di antara Anda.

4. Bagikan keinginan Anda tentang hubungan pernikahan jarak jauh ini ,juga, bagikan harapan Anda untuk bersama lagi.

5. Bersikaplah jujur ​​tentang kekhawatiran dan kecemasan yang Anda rasakan saat tinggal terpisah.

6. Berikan satu sama lain sarung bantal atau kemeja beraroma pasangan untuk membantu menjaga kehadiran Anda bersama mereka.

7. Rencanakan perjalanan beberapa hari bersama atau aktivitas yang menyenangkan (selain seks) untuk dilakukan ketika Anda berdua kembali bersama. Liburan keluarga itu penting karena stress itu mahal!

8. Perkaya komunikasi online Anda dengan video call, massenger, atau nonton film atau acara televisi online. Dengan lebih banyak kesempatan untuk menonton film dan acara televisi online, Anda berdua dapat menonton acara dan kemudian mengobrol, atau mengirim pesan tentang film itu satu sama lain.

9. Sering-sering lah mengirim paket kejutan atau hal-hal kecil yang menunjukkan anda perduli .

Tips mengasuh anak saat long distance marriage

Ingatlah selalu:

1. Jangan berasumsi bahwa perselingkuhan akan terjadi karena tinggal terpisah. Banyak perkawinan jarak jauh tidak harus berurusan dengan kecurigaan ini karena cinta dan komitmen yang pasangan rasakan satu sama lain.

2. Karena Anda tidak dapat membaca komunikasi non-verbal satu sama lain, gunakan simbol atau kata-kata atau wajah bahagia untuk menggambarkan pemikiran Anda dengan lebih baik.

3. Ketika Anda kembali bersama, jangan buru-buru menyelesaikan sesuatu di rumah dengan segera. Biarkan pasangan yang kembali memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi rumah.

Long Distance Marriage bukan berarti tidak bisa bahagia. Saat sedang bersama, istri bisa melakukan hal-hal yang bisa membuat suami bahagia. Sebaliknya, ayah pun bisa juga melakukan hal-hal sederhana yang paling diinginkan Ibu. Kedekatan semacam ini bisa memperkuat hubungan suami-istri.

Baca juga:

  1. Tetap Mesra Setelah Menikah Lama
  2. Rumah Tangga Dalam Masalah? Cara ini Bisa Membantu Anda!

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Melisa, M.Psi., Psikolog

Co-Parenting, Kerjasama Pengasuhan saat LDM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *