Mom's Corner

Bermesraan di Depan Anak, Boleh Asalkan..

Seberapa sering Parents bermesraan di depan anak? Atau justru Parents sama sekali tidak pernah bermesraan di depan anak karena masih sangat ragu. Kira-kira boleh tidak sih bermesraan di depan anak?

Jawabannya adalah boleh tapi harus ada batasnya. Amy Morin LCSW, seorang pekerja sosial dan terapis mengatakan bahwa sangat penting bagi orang tua menunjukan kasih sayang satu sama lain di depan anak.

Hal yang sama juga ditambahkan oleh Mayra Mendez, Ph.D.,LMFT, seorang psikoterapis di Pusat Pengembangan Keluarga dan Anak, California. Menurut Mendez, sangat penting untuk membangun keterikatan melalui kemesraan antara suami dan istri. Kemesraan yang dimaksud adalah kemesraan yang sehat. Kemesraan yang sehat inilah yang harus ditunjukkan kepada anak.

Kemesraan tersebut bisa meliputi, berpelukan, bergandengan tangan dan saling mengatakan “Aku Sayang Kamu.”  Mendez menambahkan, dengan menunjukkan kemesraan yang sehat di depan anak, maka orangtua mengajarkan anak tentang bahasa cinta dan kasih sayang.

Namun, kemesraan seperti apa sih yang boleh ditunjukkan di depan anak? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut:

♥ Berpelukan

Berpelukan di depan anak ternyata masih boleh lho dilakukan oleh orangtua. Dengan berpelukan, orangtua mengajarkan pada anak bahwa kedua orang tua mereka memang saling menyayangi. Anak pun akan merasa aman saat melihat kedua orang tua mereka saling berpelukan. Terlebih jika anak dilibatkan dalam pelukan ini.

♥ Katakan “I Love You”

Kemesraan juga bisa ditunjukkan dengan ungkapan cinta seperti “I Love You”. Parents boleh lho mengatakan kata-kata ini di depan anak. Dengan begitu orangtua mengajarkan anak untuk berkomunikasi secara terbuka. Bahkan mengenai hal pribadi sekalipun, yaitu tentang perasaan cinta. Orangtua juga mengajarkan kepada anak tentang hubungan percintaan yang sehat.

♥ Kecupan Hangat

Tunjukkan kecupan hangat Anda dan pasangan di depan anak. Misalnya, saling cium pipi atau kening di depan anak. Kemesraan melalui cium pipi dan kening juga bisa Parents ajarkan kepada anak.

♥ Saling Bersandar di Bahu

Kemesraan juga bisa ditunjukkan melalui saling bersandar di bahu. Cara seperti ini juga mengajarkan pada anak bahwa setiap keluarga saling mendukung. Dengan mengajarkan cara ini, beri anak pemahaman bahwa keluarga adalah tempat anak untuk beristirahat saat lelah.

♥ Komunikasi Yang Mesra

Kemesraan juga tidak melulu tentang kontak fisik,loh. Kemesraan juga bisa ditunjukkan melalui komunikasi. Misalnya saat suami pulang dari kantor, tanyakan pada suami tentang situasi kantor hari ini. Tanyakan juga perlu tidak dibuatkan minuman atau makanan.

Melalui kemesraan ini, Parents juga mengajarkan anak bahwa kedua orang tua mereka saling peduli dan perhatian satu sama lain. Perilaku seperti ini tentunya akan diingat dan dicontoh sampai dewasa nanti.

bermesraan di depan anak

♥ Bergandengan Tangan

Tunjukkan kemesraan orangtua di depan anak bahkan di area umum dengan bergandengan tangan. Kirimkan pesan pada anak bahwa salah satu cara seseorang mencintai dan menyayangi orang adalah dengan sesering mungkin memegang tangan atau bergandengan tangan satu sama lain.

♥ Apa Saja Sih Manfaat Bermesraan di depan Anak?

  1. Anak belajar bahwa kedua orang tuanya memang saling mencintai dan menyayangi. Tak hanya itu, anak juga merasa nyaman dan aman dengan kemesraan yang diperlihatkan oleh kedua orang tua mereka.
  2. Secara tidak langsung anak belajar bagaimana memperlakukan pasangan hidupnya kelak saat dewasa. Bahwa pasangannya kelak adalah seseorang yang harus disayangi, dicintai dan dihormati.
  3. Melalui kemesraan yang Parents tunjukkan, anak belajar bahasa dan ekspresi cinta. Misalnya saat anak melihat Parents saling berpelukan, anak mulai paham bahwa hal tersebut adalah bahasa atau ekspresi cinta.

Reminder :

  • Kemesraan boleh dilakukan di depan anak asal dalam batas tertentu.
  • Lakukan kemesraan untuk memberi contoh pada anak tentang hubungan yang sehat
  • Kemesraan bukan hanya sentuhan fisik namun bisa dilakukan melalui komunikasi

Kemesraan boleh ditunjukkan Parents di depan anak-anak, asalkan dalam batas-batas tertentu. Kemesraan juga memiliki manfaat untuk mengajarkan anak bahasa cinta dan kasih. Oleh karena itu perlu dipahami kemesraan seperti apa saja yang boleh dilakukan di depan anak. Contoh di atas bisa Parents gunakan sebagai acuan.

Baca Juga :

  1. Tetap Mesra Setelah Menikah Lama
  2. Oversharing : Ilusi Kemesraan di Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *