Banner Header Komunitas SOP

Rencanakan Liburan Keluarga Low Budget

Browse By

Mau berlibur tapi takut buang-buang uang? Pikiran ini seringkali terlintas di benak kita bukan? Khususnya bagi kita yang memiliki banyak anggota keluarga. Bisa dibilang, budget untuk berlibur bersama dengan keluarga semakin membengkak. 

Nah, supaya kita tetap bisa berlibur bersama keluarga dengan low budget yuk perhatikan beberapa hal berikut ini Parents!

  • Rencanakan Jauh Hari

Penting bagi kita merencanakan liburan jauh hari untuk mendapatkan tiket transportasi murah guna menghemat biaya liburan. Tak hanya itu, merencanakan liburan jauh-jauh hari juga memberikan kesempatan bagi kita untuk mempersiapkan segala kebutuhan saat berlibur. 

Maka, yuk segera ambil kalender dan mulai tandai tanggal saat Anda ingin memulai liburan!

  • Manfaatkan Fasilitas Keluarga atau Relasi

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya liburan adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh keluarga atau relasi terdekat. Misalnya, jika keluarga memiliki sebuah rumah khusus untuk berlibur, maka tak ada salahnya berlibur di rumah tersebut. Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas relasi yang sekiranya bisa membantu menghemat biaya berlibur. 

  • Buat Rencana Berlibur bersama Keluarga Besar

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya berlibur adalah dengan membuat rencana berlibur bersama keluarga besar. Berlibur bersama keluarga besar membuat biaya liburan bisa ditanggung bersama. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran untuk liburan keluarga bukan?

  • Berpikir Out of The Box

Merencanakan liburan dengan low budget memang perlu pemikiran yang out of the box. Misalnya, memilih tanggal yang tidak banyak digunakan orang lain untuk berlibur sehingga harga tiket liburan jauh lebih terjangkau. Hal lain yang bisa dipikirkan misalnya berlibur di rumah keluarga atau saudara jauh. Selain bisa menyambung silaturahmi, kita juga bisa memiliki kesempatan untuk menekan budget liburan bukan?

  • Selalu Memeriksa Diskon Website Travelling

Jika Anda ingin pergi berlibur ke luar kota dan memerlukan tiket perjalanan hingga biaya hotel, maka jangan pernah bosan selalu memeriksa diskon di berbagai website travelling. Setelah menemukan diskon yang sesuai dengan isi kantong, maka jangan ragu untuk segera memesan tiket perjalanan dan penginapan.

tips liburan murah

Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan saat liburan?

Banyak hal yang bisa kita lakukan saat berlibur bersama keluarga loh, beberapa diantaranya yaitu

  • Tidur
  • Membaca buku, majalah, atau novel
  • Bersantai di kolam renang / pantai / pegunungan
  • Membuat karya kreatif
  • Membuat rencana dalam setahun ke depan
  • Jalan-jalan dengan teman
  • Melihat-lihat sesuatu yang menarik, dsb

Liburan bersama keluarga bisa dijadikan salah satu momen untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga. Bukan hanya sesama anggota keluarga inti, namun liburan keluarga bisa dilakukan bersama keluarga besar atau keluarga yang jarang kita temui dalam keseharian. 

Tidak perlu khawatir dengan biaya liburan yang membengkak, yang terpenting kita bisa merencanakan liburan low budget bersama keluarga jauh hari sebelum berlibur. Yuk, mulai praktikan beberapa langkah di atas agar liburan kita tetap happy!

Baca juga:

  1. Parents Berliburlah, Karena Stress itu Mahal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *