Banner Header Promo Oktober

Tak Perlu Selalu Ke Luar Kota, Ini Ide Libur Sekolah Seru untuk Anak!

Browse By

Libur telah tiba,

Libur telah tiba…

Hatiku gembira…

Begitulah penggalan lagu “Libur Telah Tiba” yang mewakili suasana hati si kecil setelah penerimaan rapor semester ini. Rasanya senang sekali karena si kecil sudah menyelesaikan semester ini dengan prestasi yang meningkat. Kini tiba saatnya ia menyimpan semua buku dan perlengkapan sekolah lainnya, untuk kemudian pergi berlibur bersama dengan keluarga. 

Tapi, bagaimana ya bagi anak-anak yang kedua orangtuanya bekerja? Sudah bisa dipastikan dong, jika mereka hanya bisa berlibur di saat weekend. Duh, padahal libur sekolah si kecil kan tidak begitu lama. Bisa-bisa si kecil merengek dan ngambek karena terlalu bosan berada di rumah.

Sebaiknya jangan terlalu khawatir dengan situasi ini, karena kami memiliki beberapa ide seru aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan sekolah anak. Apa saja sih ide liburan sekolah anak tersebut?

Ide Seru Liburan Sekolah Anak

  • Memasak Bersama Anak

Memasak bersama anak bisa menjadi salah satu ide liburan seru untuk anak di rumah. Selain mengajarkan anak untuk mengenal berbagai bahan makanan yang akan diolah, memasak bersama anak juga membuat Anda dekat dengan anak. Bagaimana tidak, melalui memasak bersama akan terjalin interaksi yang sangat baik bagi kelekatan Anda dan anak. 

Anda dan anak tentu bisa memasak berbagai macam masakan sederhana yang mudah dibuat. Gunakan sosial media seperti instagram, facebook atau youtube untuk mencari berbagai macam resep masakan sederhana yang bisa Anda buat bersama dengan anak di liburan sekolahnya. 

  • Dekorasi Kamar Anak

Liburan sekolah memang tidak selalu diisi dengan jalan-jalan ke mal, atau pergi berwisata ke luar kota. Apalagi jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja. Nah, untuk mengatasi hal ini, bagaimana jika Anda mengajak anak untuk mendekorasi ulang kamarnya? Aktivitas yang satu ini bisa digunakan sebagai ide liburan sekolah anak loh.

Tujuannya agar anak tidak bosan dengan dekorasi kamar yang itu-itu saja. Anda bisa mengganti cat kamar anak, merubah posisi tempat tidur dan meja belajar, atau memberi pernak-pernik kamar yang lucu agar anak menjadi lebih ceria. 

Aktivitas yang satu ini bisa Anda lakukan sepulang kerja. Jadi, tak ada alasan untuk bolos kerja hanya demi mengajak anak berlibur ke luar kota kan?

  • Mencoba Membuat Kerajinan Tangan Bersama

Ide liburan sekolah lainnya yang bisa Anak lakukan saat di rumah adalah membuat kerajinan tangan bersama. Mulailah dengan mencari berbagai macam inspirasi kerajinan tangan di Youtube atau berbagai situs yang sudah Anda percaya. 

Jangan lupa sediakan alat dan bahan untuk membuat kerajinan tangan tersebut bersama dengan anak. 

  • Wisata Kuliner Bareng Anak

Bingung ingin mengisi liburan sekolah anak dengan kegiatan apa? Nah, bagaimana jika kita mengajak anak untuk berwisata kuliner di tempat terdekat dengan rumah. Tidak perlu pergi ke restoran mewah kok untuk incip-incip kuliner khas kota masing-masing. Wisata kuliner di pinggir jalan juga oke-oke saja, sembari mengenalkan anak pada kearifan lokal. Kegiatan ini bisa saja Anda lakukan sepulang kerja loh!

ide liburan anak

  • Ajak Anak Ke Kantor

Saat kecil dulu, pernah tidak sih diajak Ibu atau Ayah ke kantor di saat liburan sekolah? Jika pernah, maka kenapa Anda tidak mengulang sejarah pada si kecil. Memang, di kantor si kecil bisa saja bosan, tapi mengajak si kecil pergi ke kantor juga bisa menjadi ide liburan sekolah seru loh baginya. 

Pasalnya, Anda bisa sembari menunjukkan pekerjaan yang Anda tekuni selama ini. Tak hanya itu, mengajak si kecil pergi ke kantor juga bermanfaat untuk mengenalkan lingkungan sosial lain pada si kecil, yaitu lingkungan teman-teman kantor Anda.  

  • Berkemah di Rumah

Alih-alih berkemah di pegunungan yang super dingin dengan cuaca yang tidak menentu serta medan yang ekstrim, bagaimana jika kita mengisi liburan sekolah anak dengan berkemah di rumah sendiri. Nah, ide liburan sekolah yang satu ini bisa sangat seru loh karena anak akan merasakan suasana kemah meskipun di dalam rumah. 

Anda dan anak bisa menggunakan tenda yang mudah diaplikasikan atau membuat sendiri tenda dari selimut yang ada di rumah atau teepee tent. Selain seru, membuat tenda bersama anak juga melatih kreativitas dan imajinasinya loh! 

  • Menginap di Rumah Saudara

Liburan memang tidak seru rasanya jika hanya di rumah. Tapi, bagaimana lagi karena Anda dan pasangan harus bekerja dan hanya libur saat weekend. Nah, jika anak bersikeras ingin berlibur di luar rumah, bagaimana jika Anda memberinya ide untuk berlibur ke rumah saudara. 

Ide liburan sekolah yang satu ini cukup seru loh, karena si kecil bisa merasakan suasana liburan selain di rumah sendiri. Terlebih jika saudara Anda memiliki anak yang seumuran dengan si kecil. Dijamin deh, si kecil akan betah berlibur di rumah saudara.

Liburan sekolah anak memang harus diisi dengan kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan dan mengedukasi. Tapi, bukan berarti liburan anak harus selalu diisi dengan kegiatan yang dilakukan di luar rumah. Beberapa ide kegiatan seru pengisi liburan sekolah di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk Anak loh. Selamat bersenang-senang dengan anak, Parents!

Baca juga:

  1. Liburan Kok Anak Malah Jadi Rewel & Pemarah? Ini Penyebabnya!
  2. Liburan Akhir Tahun Anti Bete Bersama Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *