Quality Time Activity : Tenda Anak Sederhana (Teepee Tent)

18 Maret 2020

Quality Time Activity : Tenda Anak Sederhana (Teepee Tent)

Merasa bosan hanya seharian di rumah dan tak tahu harus melakukan kegiatan apa? Inilah yang sedang dirasakan oleh kebanyakan anak-anak saat ini. Pasalnya, anak-anak harus terpaksa tetap berada di rumah sebagai langkah antisipasi melawan wabah virus Corona. 

Nah, alih-alih membiarkan anak merasa bosan seharian berada di rumah, orang tua bisa mengajak anak untuk bermain atau melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dan bermanfaat di rumah.  Dari memasak, membuat kerajinan bahkan membuat tenda sederhana untuk anak atau biasa disebut Teepee Tent.

Alih-alih membeli tenda berbahan parasut yang cukup panas, Parents bisa memanfaatkan selimut atau seprei untuk membuat tenda.  Bahan-bahan yang lainnya pun cukup mudah ditemukan disekitar rumah ya Parents. Bagaimana cara membuatnya? Mari catat semua bahan dan langkahnya

Bahan Membuat Teepee Tent

⚑ 3-4 Buah tongkat, bisa tongkat Pramuka

⚑ 2 Buah tali tambang ukuran sedang (jangan yang dari plastik) atau tali Pramuka

⚑ 2 lembar Seprai, selimut atau kain

⚑ Gunting

tenda anak sederhana

Cara Membuat

  1. Letakkan 1 lembar kain, sprei atau selimut di lantai
  2. Ambil 3-4 buah tongkat, susun menyerupai piramida di atas kain, selimut atau seprei tersebut
  3. Ikatlah tongkat yang sudah disusun menyerupai piramida tersebut dengan menggunakan tali tambang atau tali pramuka. Usahakan untuk mengikatnya dengan kuat.
  4. Setelah tongkat berbentuk piramida, tutupi tongkat tersebut dengan menggunakan 1 lembar kain, seprei atau selimut.
  5. Jangan lupa untuk melubangi bagian tepi tengah kain tersebut. Lalu masukkan tali di dalam lubang kain. Kemudian ikat lah satu sama lainnya.
  6. Isi Teepee Tents dengan bantal, boneka atau mainan kesukaan anak.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tutorial pembuatan Teepee Tent berikut ini:

Nah Teepee Tent ini bisa Parents letakkan di dalam rumah seperti di area bermain atau kamar anak. Saat membuat Teepee Tent, Parents bisa lho meminta anak untuk membantu, misalnya memegang tongkat selagi Parents mengikat.

Untuk anak-anak yang berusia diatas 7 tahun bisa juga membantu mengikat sambil belajar tentang tali-temali atau simpul-simpul yang biasa diajarkan di kegiatan Pramuka.

Aktivitas ini juga bisa digunakan untuk melatih anak memahami instruksi dari orangtua. Selain itu, Parents juga bisa memperkaya kosa kata si kecil. Sehingga melatih kemampuan berbahasanya.

Cukup mudah bukan? Yuk, kita buat bersama si kecil saat libur nanti.

Baca Juga :

  1. Quality Time Activity : Bath Bomb Aneka Warna dan Bentuk
  2. Quality Time Activity : Bunga Warna Warni
Bagaimana Menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tag:

Share with love