Tips Anti-repot bagi Ibu Bekerja Menyiapkan Buka Puasa

24 Mei 2018

Tips Anti-repot bagi Ibu Bekerja Menyiapkan Buka Puasa

Ketika Ramadhan tiba, rasanya dilema ibu bekerja makin bertambah saja. Ada saat di mana kita ingin sekali menghabiskan Ramadhan dengan keluarga, menyemangati si kecil untuk berpuasa, menyiapkan hidangan sahur dan berbuka,  berburu takjil, dan banyak aktivitas khas Ramadhan lainnya.

Sayangnya, sama seperti hari-hari biasanya, jam kerja hanya berbeda sedikit dari biasanya dan peluang menjalani aktivitas “khas” Ramadhan pun tetap sedikit.

Meski begitu, bukan berarti kita, para Ibu bekerja tidak bisa menyiapkan menu buka puasa yang istimewa untuk keluarga. Untuk menyiasati jeda waktu pulang kerja yang sempit, kita harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menyiapkan makanan.

Bagaimana tips anti-repot menyiapkan buka puasa bagi ibu bekerja?

Menyiapkan buka puasa

1. Siapkan Bahan Makanan pada Pagi Hari

Sebelum berangkat kerja atau saat Sahur, ada baiknya Anda sudah menyiapkan bahan makanan yang akan Anda masak. Jika ingin membuat sayur, sayuran pun sebaiknya sudah dicuci dan dipotong-potong. Jika ingin memasak daging, siapkan daging yang akan dimasak. Agar tidak layu atau berbau, simpan bahan makanan dalam kulkas.

Tak hanya bahan makanan, ada baiknya Anda juga menyiapkan bumbu-bumbunya. Jadi, selepas kerja nanti, Anda bisa langsung mengolah bahan makanan tersebut menjadi makanan berbuka yang lezat untuk keluarga.

Pada poin ini, Anda mungkin harus berjuang ekstra. Jika Ibu lainnya bisa tidur lagi setelah sahur dan salat subuh, tidak demikian dengan Anda. Jadi, semangatlah untuk membuat sesuatu yang spesial bagi keluarga.

2. Pilih Masakan yang Sederhana

Ada saat di mana Anda ingin memasak sesuatu yang istimewa untuk menu buka puasa keluarga. Akan tetapi, saat hari-hari kerja, sebaiknya masaklah menu makanan yang sederhana, seperti beragam tumisan, ikan atau ayam goreng, dan sambal. Menu masakan semacam ini tetap lezat dengan cara masak yang sederhana.

3. Memasak Sekaligus

Seorang Ibu “terkenal” dengan kemampuan multitaskingnya. Jika Anda punya kompor dengan dua tungku, Anda bisa memasak beberapa makanan sekaligus. Karena bumbu dan bahan-bahan sudah disiapkan pada pagi harinya, tentu proses memasak akan lebih cepat.

Trik memasak seperti ini biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan segudang kesibukan. Anda bisa mempraktikkannya di rumah.

4. Sajikan Menu Sehat dan Bergizi

Meski tidak memiliki banyak waktu, Anda tetap harus memilih menu sehat untuk keluarga. Setidaknya, harus ada sayur dan lauk, juga buah-buahan. Saat puasa, tubuh lebih membutuhkan banyak serat supaya tidak terserang sembelit.

Jika ingin menyajikan buah-buahan, pilih buah yang bisa langsung disajikan, misalnya apel, pir, anggur, dan jeruk. Buah-buahan tersebut juga mempunyai rasa yang menyegarkan. Menu buka puasa yang segar nan sehat pun bisa Anda ciptakan di meja makan rumah Anda.

5. Sajikan Makanan Manis

Puasa identik dengan takjil. Di sela-sela kesibukan Anda sebagai ibu rumah tangga dan ibu bekerja, Anda masih bisa membuat menu takjil untuk berbuka puasa. Caranya bagaimana?

Pertama, Anda bisa membuatnya selepas sahur. Menu takjil yang umum biasanya adalah kolak pisang, bubur kacang hijau dan es buah.. Anda bisa memasak kolak pisang pada pagi hari, lalu menyimpannya di kulkas. Pada saat berbuka nanti, Anda tinggal menyajikannya.

Kedua, langsung membuatnya pada saat menyiapkan buka. Pilih menu takjil yang mudah dibuat, seperti es buah. Anda tinggal mencampur es dan sirup lalu memasukkan buah-buahan. Jika menu takjil cukup ribet, seperti bubur kacang hijau yang butuh direndam dahulu, siapkan bahan-bahannya pada pagi harinya.

6. Stok Makanan Kering

Untuk berjaga-jaga, Anda harus punya stok makanan kering, seperti kering tempe, kering kentang, dendeng, dan abon. Makanan ini bisa jadi andalan saat sewaktu-waktu Anda kerepotan dalam menyiapkan menu berbuka.

Agar sentuhan “masakan ibu” tidak hilang, Anda juga bisa membuat makanan kering sendiri. Lakukan pada saat hari libur.

Sebagai ibu, kita tentu sepakat bahwa makanan adalah bentuk cinta yang lain yang kita berikan untuk keluarga. Itulah mengapa masakan ibu selalu terkenang bagi anak-anak dan suami. Meski menjadi ibu yang juga bekerja, Anda tetap bisa menyiapkan makanan terbaik dengan melakukan hal-hal di atas.

Semangat, Parents!

Mari kita memberikan banyak cinta untuk keluarga. Jangan jadikan pekerjaan kita sebagai penghalang untuk menunjukkan cinta pada keluarga.

Nah, apakah Parents punya tips lain?

Yuk sharing di kolom komentar.

Artikel khusus Ramadhan lainnya:

1. Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur dan Buka

2. Peran Ayah dalam Mengajarkan Puasa

Bagaimana Menurut Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Share with love