Banner Header Komunitas SOP

Tips Tetap Sehat Setelah Makan-Makan Lebaran

Browse By

Lebaran memang membawa kebahagiaan bagi semua orang. Di momen Lebaran, tentunya Anda berkumpul dengan keluarga sembari menikmati hidangan khas lebaran lebaran. Mulai dari opor, sambal goreng, rendang, hingga berbagai macam kue-kue lebaran.

Nah, meskipun sangat enak dan hanya disajikan satu tahun sekali, semua hidangan khas lebaran ini kebanyakan mengandung lemak tinggi yang tidak baik bagi kesehatan Anda. Bisa-bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak, kesehatan Anda jadi terganggu.

Akhirnya,  lebaran yang seharusnya menjadi momen bahagia justru membawa kesedihan karena kesehatan Anda terganggu hingga harus dirawat. Duh..jangan sampai hal ini terjadi pada Anda atau anggota keluarga lainnya ya.

Lalu, bagaimana dong agar tetap bisa menikmati hidangan lebaran tanpa khawatir kesehatan terganggu? Kuncinya adalah dengan terus mengatur pola makan dan menjaga kesehatan. Simak tipsnya berikut ini!

Tips Tetap Sehat Setelah Lebaran:

1. Atur dan Perbaiki Pola Makan

Tips pertama agar tetap sehat setelah lebaran adalah dengan mengatur dan memperbaiki pola makan. Saat lebaran, pola makan bisa kacau karena terus makan di hampir setiap rumah yang dikunjungi. Kondisi inilah yang menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka setelah prosesi lebaran berakhir maka perbaiki pola makan sehat Anda.

Mulai atur pola makan 3 hari sehari dengan porsi yang cukup. Perbanyak sayuran dan buah-buahan. Mulai kurangi makanan dan minuman manis karena toh Anda sudah mengkonsumsi banyak selama lebaran.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Penting bagi Anda untuk memperbaiki asupan cairan tubuh dengan banyak minum air putih setelah Lebaran. Pasalnya selama berpuasa dan lebaran kemungkinan besar konsumsi air putih Anda sempat berkurang karena terus mengkonsumsi minuman manis.

Nah, setelah Lebaran inilah saatnya bagi Anda untuk mulai mengkonsumsi air putih dengan lebih teratur. Cara ini bisa Anda jadikan tips agar tetap sehat setelah lebaran.

3. Jaga Pola Tidur

Selama puasa pola tidur Anda sedikit kacau karena harus selalu bangun pagi untuk sahur. Otomatis jam tidur Anda banyak berkurang. Padahal tidur dengan waktu cukup adalah salah satu syarat agar tubuh tetap sehat.

Nah, untuk itu sebaiknya kembalikan pola tidur Anda seperti semula sebelum berpuasa. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam sehari agar badan lebih segar dan Anda pun tidak mudah merasa lelah saat beraktivitas di kantor.

cara agar tetap sehat setelah lebaran

4. Kembali Rajin Olahraga

Selama berpuasa sebagian dari Anda mulai membatasi berolahraga karena takut akan mengganggu ibadah puasa. Nah, setelah lebaran ini sebaiknya kembalikan rutinitas olahraga Anda seperti biasa. Tips yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat setelah lebaran.

5. Diet Sehat Jika Perlu

Jika Anda masih merasa kurang fit dan merasa mulai kelebihan berat badan, maka bisa juga mulai melakukan diet sehat. Sebaiknya lakukan diet sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Hindari menjalani diet ketat hingga membuat Anda sakit. Jangan lupa bahwa diet bukan berarti tidak makan sama sekali lho!

Mengkonsumsi banyak makanan berlemak dan minuman manis saat lebaran tentu saja bisa mengganggu kesehatan Anda. Untuk itu, kembalikan pola hidup sehat Anda agar tidak jatuh sakit setelah lebaran. Beberapa tips di atas bisa juga loh dicoba. 😉

Baca juga:

  1. Emotional Eating: Makan Sebagai Pelarian
  2. Agar Timbangan Tidak Semakin Ke Kanan Saat Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *