Banner Header Komunitas SOP

Agar Timbangan Tidak Semakin Ke Kanan Saat Puasa

Browse By

Saat berpuasa, seseorang biasanya hanya makan 2 kali sehari, yaitu waktu berbuka dan waktu makan sahur. Seharusnya, jika melihat hal ini, seseorang yang berpuasa akan mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Sayangnya, bagi sebagian orang justru mengalami kenaikan berat badan saat menjalankan ibadah puasa. Alhasil, angka di timbangan pun semakin bergerak ke arah kanan. KIra-kira kenapa sih berat badan bisa semakin naik saat berpuasa?

Peningkatan berat badan saat berpuasa bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya:

⚖ Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalori

Siapa sih yang tidak suka dengan gorengan, kolak, minuman bersoda, es teh hingga milkshake? Apalagi jika semua makanan dan minuman ini dikonsumsi saat berbuka puasa. Dijamin sangat menyegarkan dan mengenyangkan mengingat seharian kita tidak makan dan minum.

Meskipun banyak anjuran untuk berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang manis. Akan tetapi jika hal ini berlangsung lama, yaitu dalam satu bulan maka tentu saja berat badan akan naik. Hal ini karena makanan dan minuman manis cenderung tinggi kalori.

⚖ Porsi makan berlebihan

Berpuasa seharian, tentunya membuat seseorang seringkali “balas dendam” saat berbuka puasa dengan mengambil porsi makan berlebihan. Porsi makan yang berlebihan inilah yang nantinya memicu kenaikan berat badan Anda. Apalagi, jika tidak diimbangi aktivitas fisik yang cukup. Timbunan kalori dan lemak tersebut akan terus tersimpan dan sulit dicerna menjadi energi baru oleh tubuh.  

⚖ Penurunan Aktivitas Fisik

Ibadah puasa memang sering membuat tubuh seseorang terasa lelah dan lemah. Akibatnya, seseorang menjadi malas beraktivitas fisik saat berpuasa. Nah, kurangnya aktivitas fisik dan dirambah porsi makan berlebih tentu saja bisa meningkatkan berat badan seseorang saat berpuasa.

⚖ Langsung Tidur setelah Buka dan Sahur

Rasa kantuk setelah makan sahur dan buka memang kadang tidak bisa dihindari, sehingga beberapa orang memilih tidur setelah makan sahur dan buka. Nah, kebiasaan inilah yang memicu peningkatan berat badan seseorang saat berpuasa. Jadi, meskipun hanya makan 2 kali sehari, namun kalau setelah makan langsung tidur maka berat badan memang bisa bertambah.

Bagaimana Mencegah Kelebihan Berat Badan Saat Berpuasa?

  • Hindari “Balas Dendam” Saat Berbuka

Untuk mencegah kelebihan berat badan saat berpuasa sebaiknya jangan pernah “balas dendam” saat berbuka. Sebaiknya, hindari makan berlebihan saat berbuka. Tetap makanlah secukupnya dengan tujuan mengganti energi yang hilang selama seharian berpuasa.

Anda bisa memulai berbuka dengan segelas air putih untuk menggantikan cairan dalam tubuh setelah selama kurang lebih 12 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Kemudian, Anda bisa mengkonsumsi buah kurma yang diikuti konsumsi buah lain. Menu berbuka seperti salad buah atau sayur juga sangat baik bagi kesehatan Anda loh.

  • Hindari Makan Tinggi Kalori dan Berlemak Sebelum Tidur

Agar berat badan tidak cepat naik saat bulan puasa sebaiknya hindari makanan berlemak dan tinggi kalori sesaat sebelum tidur. Untuk mengakalinya, Anda bisa memilih waktu makan malam setelah selesai shalat maghrib. Cara ini dipilih karena setelah shalat maghrib, tentunya Anda akan menjalani ibadah shalat isya dan tarawih, sehingga Anda tidak akan langsung tidur setelah berbuka puasa.

Tapi, jika setelah shalat maghrib Anda masih terlalu kenyang untuk makan malam, maka sebaiknya lakukan makan malam setelah shalat tarawih. Namun, perlu diingat sebaiknya berilah jeda sekitar 2-3 jam setelah makan malam sebelum kemudian Anda tidur malam. Jika biasanya Anda tidur jam 10 malam, maka sebaiknya mulailah makan malam di jam 8 malam.

  • Perbanyak Minum Air Mineral

Memperbanyak minum air mineral atau air putih memang sangat dianjurkan khususnya bagi Anda yang menjalani ibadah puasa. Selain untuk menggantikan cairan dalam tubuh setelah berpuasa seharian, memperbanyak minum air putih juga bisa mencegah kelebihan berat badan saat berpuasa.

Nah, bagaimana agar Anda bisa tetap mencukupi kebutuhan air mineral selama berpuasa? Kemenkes RI, menganjurkan minum air mineral sebanyak:

  • 1 gelas setelah bangun tidur (sebelum sahur)
  • 1 gelas setelah makan sahur
  • 1 gelas saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah shalat maghrib
  • 1 gelas makan malam
  • 1 gelas setelah shalat isya
  • 1 gelas setelah shalat tarawih
  • 1 gelas sebelum tidur
  • Jangan Lewatkan Makan Sahur

Jangan mentang-mentang Anda ingin mencegah kelebihan berat badan saat puasa, lalu sengaja melewatkan makan sahur. Padahal makan sahur justru sangat penting dilakukan agar Anda memiliki cukup energi saat puasa nanti. Melewatkan makan sahur saat puasa justru membuat Anda menjadi “balas dendam” dengan mengambil porsi makan berlebih saat berbuka puasa nanti. Hal inilah yang membuat Anda berpeluang mengalami kenaikan berat badan saat puasa.

Nah, sebaiknya tetaplah makan sahur dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Perbanyaklah makanan yang mengandung protein yang tinggi agar tidak cepat merasa lapar saat berpuasa nanti. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak karena akan meningkatkan insulin yang akan mempercepat turunnya gula darah. Akibatnya Anda akan semakin cepat lapar saat berpuasa nanti.

Sebaiknya jangan mengkonsumsi karbohidrat berlebihan saat makan sahur. Konsumsilah karbohidrat kompleks berupa beras merah atau roti gandum yang kaya akan serat sehingga Anda kenyang lebih lama.

  • Tetap Berolahraga atau Lakukan Aktivitas Fisik

Puasa bukan halangan untuk tidak berolahraga dan tidak melakukan aktivitas fisik loh. Meskipun puasa, Anda tetap bisa berolahraga untuk menjaga kesehatan dan mencegah kenaikan berat badan. Nah, sebaiknya lakukan olahraga ringan di saat berpuasa. Gunakan waktu sekitar 15-20 menit untuk berolahraga. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan saat berpuasa misalnya bersepeda statis, jalan kaki, senam atau cukup dengan berjalan kaki.

Kenaikan berat badan bisa saja terjadi di saat berpuasa. Salah satu penyebabnya yaitu makan berlebihan saat waktunya berbuka. Nah, untuk mencegah kenaikan berat badan, Anda bisa memperbanyak minum air mineral, tetap berolahraga atau dengan membatasi konsumsi makanan tinggi kalori dan lemak. Beberapa langkah mencegah kenaikan berat badan saat puasa di atas bisa juga digunakan sebagai referensi.

Baca juga:

  1. Puasa Saat Hamil Boleh, Asal…
  2. Apakah Ibu Menyusui Boleh Berpuasa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *