Banner Header

Tujuh Masalah Paling Umum yang Dihadapi Anak di Sekolah

Browse By

Parents, sebagai orang tua, kita tentu ingin anak kita selalu baik dalam hal apa pun, termasuk bidang akademis mereka. Akan tetapi, bagi si anak, sekolah dan belajar bukanlah sesuatu kegiatan yang selalu menyenangkan. Anak-anak lebih suka bermain dan melakukan hal-hal yang baru. Oleh karena itu, saat di sekolah, anak-anak pun sering melakukan kesalahan. Dari sekian banyak kesalahan yang ada, ini adalah 7 masalah yang paling umum dilakukan si anak. Berikut ini pembahasannya.

  • Sulit memahami pelajaran

Ketika di sekolah, anak dipaksa memahami berbagai mata pelajaran. Tidak mungkin ia langsung bisa memahami semua pelajaran tersebut. Anak tentu akan mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran tertentu. Tugas Parents adalah menyediakan waktu untuk membantu anak belajar dan memahami pelajaran-pelajaran yang susah dimengerti si anak.

  • Mudah Bingung

Anak-anak juga sering sekali bingung dengan materi yang diajarkan. Tak apa. Ini adalah proses belajar yang wajar. Ajarkan anak Anda untuk tidak malu bertanya ketika kurang bisa memahami penjelasan guru.

  • Melamun di kelas

Ketika sebuah pelajaran terasa membosankan anak-anak juga sering melamun di kelas. Ini adalah masalah umum yang dialami anak-anak.

masalah paling sering dihadapi anak sekolah

  • Cemas Ujian

Beberapa hari menjelang ujian, anak-anak mungkin merasa cemas dan takut. Anak cemas tidak bisa mengerjakan ujian dan nilainya buruk. Pada saat seperti ini, Parents harus menyemangati si anak agar tetap rileks dan belajar dengan baik.

  • Gampang Menyerah

Ketika semangatnya tidak terus dipompa, anak-anak mudah sekali menyerah dengan keadaan. Parent harus terus memotivasi si anak.

  • Malas ke Sekolah

Tidak sedikit anak yang malas untuk pergi ke sekolah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, di antaranya takut dengan guru yang mengajar, menjadi korban bullying, dan lain sebagainya. Ketika anak mengalami masalah ini, bicaralah dengan lembut kepada anak. Jangan dimarahi. Tanyakan penyebab mengapa ia malas sekolah.

  • Guru yang Membosankan

Ada banyak tipe guru di sekolah. Ada tipe guru yang cara mengajarnya asyik, ada juga guru killer, dan ada juga guru yang membosankan.

Untuk mendukung anak agar tetap semangat di sekolah, Parents harus selalu memberikan motivasi dan perhatian kepada anak. Selain itu, kontribusi dari guru juga sangat penting untuk menciptakan anak didik yang cerdas. Kerja sama yang baik antara orang tua, guru, dan pihak sekolah sangat dibutuhkan untuk mendidik anak.

Baca juga:

  1. Lima “Drama” Anak Saat Hari Pertama Masuk Sekolah
  2. Apa yang Salah: Kenapa Anakku Menolak Sekolah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *