10 Tugas Ayah SIAGA (Siap Antar Jaga) yang Perlu Diketahui

Browse By

Menjadi Ayah SIAGA atau Ayah yang SIap Antar jaGA memang idaman bagi semua ibu-ibu, khususnya bagi Anda yang baru saja menjalani proses persalinan buah hati. Seorang Ayah diharapkan mampu membantu segala keperluan ibu setelah persalinan. Misalnya, membantu merawat buah hati yang baru saja lahir, hingga membantu merawat kesehatan ibu yang masih lemah setelah persalinan.

Nah, kira-kira apa saja sih yang perlu diketahui Ayah untuk membantu Ibu pasca persalinan? Berikut ini 10 hal yang perlu dilakukan Ayah untuk membantu Ibu pasca persalinan.

10 Tugas Ayah SIAGA:

什 Pahami Apa yang Ibu Inginkan

Sebaiknya, bicarakan dengan Ibu, apa yang dia inginkan dan butuhkan sebelum dan setelah persalinan. Tujuannya agar Ayah tahu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membantu Ibu. Ingatlah bahwa, Anda adalah seseorang yang harus merawat dan menjaga Ibu pasca persalinan selain perawat yang bertugas di rumah sakit.

Penting bagi Ayah untuk mengetahui letak baju, atau kebutuhan pribadi ibu pasca persalinan. Tujuannya agar Ayah bisa mengambilkan barang-barang yang diperlukan ibu tanpa bingung barang tersebut terletak di mana. Hal ini sangat membantu Ibu karena pasca persalinan seorang ibu masih lemah, sehingga cukup sulit untuk bergerak dan berjalan. Inilah tugas pertama bagi Ayah SIAGA.

什 Persiapkan Diri Ayah Dahulu

Tugas Ayah SIAGA selanjutnya yaitu tetap memperhatikan kondisi Ayah. Pasalnya, Ayah juga butuh waktu beristirahat agar tetap sehat dan kuat dalam membantu proses persalinan Ibu. Apalagi jika Ayah sudah menjaga Ibu semalaman.

Untuk itu penting bagi Ayah menyiapkan beberapa barang pribadi saat ke rumah sakit. Misalnya sepatu yang nyaman agar Ayah mudah berjalan dengan cepat melewati lorong-lorong rumah sakit yang panjang. Beberapa makanan juga perlu dikemas agar Ayah tidak jatuh sakit karena telat makan. Jangan lupa bawalah kaos atau baju bersih selama di rumah sakit. Tujuannya agar Ayah tetap bersih saat menggendong buah hati yang baru saja lahir.

什 Tambah Pengetahuan Tentang Persalinan

Tugas Ayah SIAGA lainnya untuk membantu Ibu pasca persalinan adalah perbanyak pengetahuan tentang persalinan Ibu. Langkah ini akan sangat membantu Ayah mengetahui apa yang harus dilakukan saat persalinan tiba. Ayah bisa memperoleh berbagai panduan tentang persalinan melalui buku atau dengan mengikuti kelas prenatal bersama Ibu sebelum persalinan.

什 Bersikaplah Fleksibel

Penting bagi Ayah untuk bersikap fleksibel dalam membantu Ibu pasca persalinan. Pasalnya, tidak semua Ibu memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama setelah persalinan. Jadi, meskipun Ayah sudah memiliki banyak pengetahuan dari kelas prenatal dan buku-buku persalinan, tetap tanyakan pada Ibu apa yang ia butuhkan dan inginkan. Tugas Ayah SIAGA yang satu ini cukup penting untuk selalu diingat, Yah!

什 Persiapkan Diri Mengerjakan Pekerjaan Berat

Tugas Ayah SIAGA selanjutnya yaitu persiapkan diri untuk melakukan pekerjaan berat. Pekerjaan yang dimaksud adalah siap melakukan pekerjaan rumah tangga di saat Ibu sedang mengalami kontraksi. Ayah juga harus menenangkan Ibu saat ia mengalami kontraksi sebelum persalinan tiba. Tugas yang satu ini cukup berat Yah, jadi Ayah harus mempersiapkan diri.

什 Persiapkan Diri untuk Momen Tak Terduga

Meskipun dokter sudah memberikan jadwal persalinan pada Ibu dan Ayah, perkiraan dokter tersebut bisa saja meleset. Jadi, persiapkan diri Ayah untuk momen tak terduga ini. Bisa saja persalinan yang dijadwalkan hari Rabu depan, nyatanya lebih awal. Sebaiknya persiapkan baju dan perlengkapan persalinan dalam satu tas, sehingga Ayah mudah membawanya persalinan Ibu tiba. Inilah Tugas Ayah SIAGA selanjutnya yang perlu Anda ingat.

10 tugas Ayah SIAGA

什Jadilah Pendukung Utama Ibu

Penting bagi Ayah untuk menjadi pendukung utama bagi Ibu. Pasalnya, jadwal persalinan yang tidak tentu membuat anggota keluarga lain sulit membantu. Nah, di saat genting, tentunya Ayah harus siap memberikan dukungan penuh bagi Ibu saat persalinan tiba. Salah satu upaya dalam mendukung ibu yaitu dengan tidak mengambil pekerjaan di luar kota saat persalinan Ibu semakin dekat. Tujuannya agar Ayah bisa segera mengantar Ibu ke rumah sakit apabila persalinan sudah tiba.

什 Pahami Batas Kemampuan Anda

Berikutnya, tugas ayah SIAGA adalah memahami batas kemampuan diri sendiri. Misalnya, jika Ayah memang tidak tega atau tidak mampu melihat Ibu berjuang di dalam ruang persalinan, maka tidak perlu memaksakan diri berada di samping Ibu.

Ayah bisa meminta ibu mertua atau orang yang dipercaya Ibu untuk menemaninya. Sebaiknya serahkan dan percayakan persalinan pada dokter tenaga medis lainnya.

什Persiapkan Diri Mengambil Keputusan Penting

Tugas Ayah SIAGA yang paling krusial adalah mempersiapkan diri untuk mengambil keputusan penting. Meskipun selama ini keputusan selalu dibicarakan dengan Ibu, tapi kondisi Ibu sedang tidak memungkinkan untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu persiapkan diri Ayah untuk mengambil keputusan terkait dengan persalinan Ibu.

什 Persiapkan Diri Untuk Menunggu

Tugas Ayah SIAGA terakhir adalah persiapkan diri untuk menunggu proses persalinan. Pasalnya, prose persalinan antara Ibu satu dan Ibu lainnya berbeda. Beberapa Ibu mungkin mengalami proses persalinan yang cepat, tapi beberapa yang lain mengalami proses persalinan yang cukup lama.

Menjadi seorang Ayah memang butuh persiapan mental dan tentunya beberapa pengetahuan. 10 tugas Ayah SIAGA di atas bisa Ayah jadikan referensi sebelum persalinan ibu nantinya. Sebaiknya, tetap perkaya diri dengan berbagai pengetahuan tentang persalinan agar Ada siap menjadi seorang Ayah.

Baca juga:

  1. Sudah Siap Jadi Ayah Belum, Nih?
  2. Ini Dia Panduan Merawat Bayi untuk Para Ayah Baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *