Banner Header Komunitas SOP

Ajak Anak Ke Dapur sih Boleh, Asal Pahami Aturannya!

Browse By

Mengajak anak ke dapur, memang sedikit mengkhawatirkan karena ada banyak sekali benda-benda tajam dan berbahaya di dapur. Misalnya pisau, gunting, panci atau wajan panas dan sebagainya. 

Meskipun dapur bukanlah tempat bermain bagi anak dan merupakan area yang cukup berbahaya bagi anak, kita tidak bisa terus menerus melarang anak-anak untuk masuk ke dapur bukan? 

Saat anak-anak beranjak dewasa, mereka juga perlu mengenal area dapur serta berbagai peralatan yang ada di dalamnya. Tujuannya apa lagi kalau bukan mengajarkan kemandirian pada anak-anak saat dewasa kelak.

Untuk itu, mengajak anak pergi ke dapur sih boleh-boleh saja asal Parents menjelaskan beberapa aturan keamanan pada anak saat di dapur. Aturan berikut ini bisa dijelaskan pada anak agar mereka tetap aman saat di dapur.

Aturan Keamanan Anak Saat Di Dapur

  • Selalu Minta Izin Pada Orang Dewasa Sebelum Masuk Dapur

Aturan keamanan pertama yang cukup penting untuk dilakukan anak adalah selalu minta izin orang dewasa saat ingin masuk dapur. Aturan ini mungkin terkesan sangat kaku, namun percayalah bahwa aturan ini cukup penting untuk dijelaskan pada anak.

Dengan meminta izin untuk masuk dapur, maka orang dewasa di sekitar anak bisa mengawasi anak saat di dapur. Hal ini menghindarkan anak dari kecelakaan kecil saat di dapur.  

  • Jangan Lupa Cuci Tangan

Namanya anak-anak pasti sering bermain di tempat kotor saat di luar rumah. Misalnya saja bermain bola atau mungkin bermain masak-masakan menggunakan tanah. Untuk itu, ingatkan pada anak selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan di dapur. Hal ini akan menghindarkannya dari berbagai macam penyakit.  

  • Selalu Bersihkan Apa yang Tumpah

Aturan lainnya yang penting dijelaskan pada anak sebelum masuk dapur adalah ingatkan anak untuk selalu membersihkan apa yang ditumpahkannya saat di dapur. Misalnya saja susu, air, selai dan hal lainnya. Hal ini akan menghindarkan anak dari terpeleset saat di dapur.

  • Gunakan Kain untuk Memegang Benda Panas

Mengajak anak ke dapur artinya harus siap menghadapi tangan anak yang terluka karena terkena benda panas. Untuk menghindari luka tersebut, pastikan anak menggunakan kain untuk memegang piring atau panci panas saat di dapur.

aturan ajak anak ke dapur

  • Berlatih Menggunakan Pisau atau Benda Tajam Lain dengan Aman

Aturan lain yang perlu Parents ajarkan pada anak saat masuk ke dapur adalah ajarkan anak untuk menggunakan pisau dengan aman. Hal ini penting dilakukan agar anak terhindar dari luka teriris karena pisau dan benda tajam lainnya. 

  • Bertanya Sebelum Menjilat Sesuatu

Anak-anak memang senang sekali menjilat atau memasukkan apapun ke dalam mulut mungilnya nih Parents. Namun, saat mengajak anak ke dapur, penting bagi Parents untuk mengingatkan anak selalu bertanya sebelum menjilat sesuatu. Aturan ini akan menghindarkan anak memakan bahan makanan mentah dan menghindarkan anak dari sakit.

  • Dengarkan Orang Dewasa

Aturan lain yang perlu Parents jelaskan pada anak sebelum masuk ke dapur adalah selalu mengingatkan anak untuk mendengarkan orang dewasa. Hal ini penting dilakukan mengingat saat di dapur, anak-anak kadang asyik dengan apa yang sedang dikerjakan dan tidak mendengar arahan dari orang dewasa di sekitarnya. 

Mengajak anak ke dapur sih boleh-boleh saja Parents, asal jelaskan terlebih dahulu aturan keamanan pada anak saat di dapur. Aturan keamanan ini akan menghindarkan anak dari berbagai kecelakaan kecil saat di dapur. 

Baca juga:

  1. Anak Di Rumah Sendirian? Ajarkan Aturan Keamanan Ini!
  2. Tips Keamanan Listrik Bagi Anak
  3. Agar Anak Terhindar dari Kecelakaan di Playground

Rekomendasi Kelas Online Bersama Ahli : Sonia Natasha Marunduh, M.Psi., Psikolog

Mengajarkan Kemandirian Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *