Banner Header Komunitas SOP

Tips Keamanan Listrik Bagi Anak

Browse By

Listrik memang sangat bermanfaat bagi kita semua. Bayangkan saja jika di era modern saat ini tidak ada listrik, atau terjadi pemadaman listrik selama 10 jam seperti yang pernah terjadi baru-baru ini di Ibu kota. 

Sudah pasti banyak dari Anda yang merasa kebingungan. Bingung karena tidak bisa menyalakan AC, bingung karena air PAM mati, bingung karena tidak ada penerangan padahal anak-anak harus belajar untuk ujian. 

Meskipun sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, listrik bisa dianggap sangat berbahaya loh, khususnya bagi anak-anak. Anak-anak yang belum paham tentang bahaya listrik  bisa-bisa mengalami kecelakaan karena tersengat listrik. 

Mengingat kehidupan kita tidak bisa lepas dari listrik, maka dari itu orangtua wajib memberikan pemahaman dan pengertian tentang bahaya listrik pada anak. Beberapa tips keamanan listrik untuk anak-anak saat di rumah dan di luar rumah berikut, perlu Anda terapkan loh!

Tips Keamanan Listrik Bagi Anak-Anak Di Rumah

  • Jangan pernah masukkan jari, mainan atau objek lain dalam stop kontak

Penting bagi Anda untuk memberi anak pemahaman pada anak jangan sampai memasukkan jari, mainan, atau objek lain dalam stop kontak. 

Hal ini sangat berbahaya bagi anak, karena kemungkinan besar ia akan tersengat listrik. Terlebih jika benda atau objek yang dimasukkan anak ke dalam stop kontak terbuat dari konduktor yang mudah menghantarkan panas dan listrik. 

  • Jangan pernah letakkan peralatan elektronik di dekat bak mandi

Tips keamanan listrik kedua yang wajib diterapkan adalah jangan pernah letakkan peralatan elektronik di dekat bak mandi. Misalnya saja hair-dryer, radio, atau TV. Peralatan elektronik tersebut sangat berbahaya jika sampai  terkena air, karena bisa menimbulkan korsleting listrik.  

  • Jangan pernah mencabut peralatan listrik dengan menarik bagian kabel, tapi tarik bagian stekernya

Beberapa dari Anda mungkin terbiasa mencabut peralatan elektronik dengan cara menarik kabelnya. Padahal hal ini sangat berbahaya loh. Saat Anda menarik kabel tersebut, bisa saja steker terpelanting ke tangan dan menyebabkan sengatan listrik. Sebaiknya jangan biasakan kebiasaan ini saat di rumah, terlebih jangan sampai anak-anak menirunya. Beri anak-anak pemahaman bahwa hal ini adalah tindakan yang berbahaya.

tips keamanan listrik untuk anak

  • Jangan letakkan air minum di atas peralatan elektronik

Jangan biasakan anak-anak meletakkan air minum di atas peralatan elektronik, seperti dvd player atau ponsel. Meletakkan air minum di atas peralatan elektronik sangat berbahaya karena air rawan tumpah, sehingga bisa saja terjadi korsleting listrik.

  • Jangan pernah memanjat pohon di dekat tiang listrik

Beberapa anak mungkin senang sekali memanjat pohon karena menurut mereka hal ini sangat seru. Meskipun seru, anak-anak wajib hati-hati saat memanjat pohon apalagi jika di dekat pohon ada tiang listrik tegangan tinggi. Salah-salah, si kecil bisa terpeleset dan tidak sengaja memegang kabel listrik tersebut.

  • Jauhi tempat dengan tanda tegangan listrik

Sebaiknya peringatkan anak untuk menjauhi tempat-tempat yang memiliki tanda listrik tegangan tinggi. Anda juga boleh memasang tanda listrik tegangan tinggi pada stop kontak yang ada di rumah. 

Sebaiknya, jelaskan pada anak tentang bahaya listrik. Beberapa tips keamanan listrik di atas bisa mulai Anda terapkan pada anak baik saat di rumah maupun di luar rumah.

Baca juga:

  1. Agar Anak Terhindar dari Kecelakaan di Playground
  2. Ingin Membuatkan Akun Media Sosial untuk Anak? Pertimbangkan Tiga Hal Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *