Banner Header Komunitas SOP

Apa Sih yang Dibutuhkan Anak dari Orangtuanya?

Browse By

Setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Tak jarang berusaha untuk memenuhi semua hal yang diinginkan dan dibutuhkan oleh anak-anaknya. 

Sayangnya, tak semua orangtua paham apa  yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak-anak. Akibatnya, banyak orangtua yang hanya menerka-nerka tanpa mengetahui apa yang seharusnya diberikan pada anak.

Kondisi ini sering terjadi pada orangtua baru. Meskipun banyak saran dari keluarga dan teman-teman lain mengenai berbagai hal berkaitan dengan pola asuh terhadap anak, tetap saja kondisi setiap anak berbeda.

Tapi jangan khawatir karena kami berusaha merangkum beberapa hal yang dibutuhkan anak dari orangtuanya. Beberapa hal tersebut sebagai berikut:

Hal yang Dibutuhkan Anak dari Orangtuanya

  • Perhatian, Bukan Sekedar Kehadiran

Hal yang paling dibutuhkan oleh anak dari orangtuanya adalah perhatian dan bukan sekedar kehadiran orangtua. Artinya, saat orangtua bersama dengan anak, maka mereka benar-benar mencurahkan semua perhatian dan waktunya bagi anak-anak tanpa terganggu dengan urusan lain. 

Sayangnya, banyak orangtua di era digital saat ini yang lebih fokus pada layar gadget daripada fokus bermain dengan anak-anak. Meskipun orang tua juga sedang bersama dengan anak-anak. Kondisi ini sebenarnya cukup memprihatinkan dan sebaiknya dihindari oleh semua orangtua apapun alasannya. 

  • Melihat Sesuatu dari Sudut Pandang Anak

Menjadi orangtua memang tidak mudah karena banyaknya tanggung jawab yang harus dipikul. Kondisi inilah yang sering membuat para orangtua melihat segala sesuatu dari sudut pandang pribadi tanpa melibatkan sudut pandang anak. Padahal adalah hal positif untuk memutuskan sesuatu dengan melibatkan pendapat anak. Toh, anak yang akan menjalani keputusan tersebut.

Misalnya saat orangtua berniat memasukan anak ke kursus matematika di lembaga A, yang menurut orangtua memiliki kualitas yang baik. Padahal, anak sudah memutuskan memilih lembaga kursus matematika B, yang menurut anak lebih menyenangkan dan memiliki metode pembelajaran yang mudah dipahami. 

Perbedaan pendapat inilah yang perlu dipahami oleh orangtua. Sebaiknya orangtua tidak perlu terlalu memaksakan pendapat.

Orangtua dapat meminta alasan pada anak mengapa ia punya pilihan yang berbeda. Nah, jika alasan atau argumen yang disampaikan oleh anak cukup realistis, maka apa salahnya mengikuti keinginan anak. 

apa yang dibutuhkan anak dari orangtua?

  • Melatih Kedisiplinan dan Batasan Pada Anak

Hal lainnya yang dibutuhkan anak dari orangtua adalah kemampuan orangtua dalam melatih kedisiplinan pada anak. Latihan kedisiplinan ini sangat penting sebagai bekal keterampilan saat anak-anak dewasa kelak. 

Melatih kedisiplinan pada anak pun bisa dimulai dari hal sederhana, misalnya selalu mengingatkan anak untuk mengerjakan PR, mengumpulkan tugas tepat waktu, membantu pekerjaan rumah dan tentu saja memiliki sopan santun dalam berhubungan dengan orang lain sejak dini.

Beberapa sopan santun yang bisa Anda ajarkan pada anak usia dini misalnya mengucapkan “tolong” dan “terima kasih” saat meminta atau menerima bantuan dari orang lain, meminta maaf dengan tulus atas kesalahan yang diperbuat dan lain sebagainya.

  • Berbahagia Bersama Anak-Anak

Mengasuh dan merawat anak memang butuh banyak pengorbanan dan kesabaran yang luar biasa. Tak jarang orangtua menemukan berbagai tantangan dalam mengasuh dan merawat anak-anak. Bukan hanya satu tapi mungkin saja ribuan tantangan yang dihadapi selama merawat anak-anak. 

Tapi, jangan biarkan tantangan dan rintangan ini merenggut kebahagiaan Anda sebagai orangtua. Sebaliknya, jadikan setiap tantangan dan rintangan sebagai hal yang membuat Anda bahagia karena jika Anda bisa melewati rintangan tersebut maka Anda sudah belajar hal baru untuk menjadi orangtua yang lebih baik. 

Gunakan kesempatan Anda sebagai orangtua untuk terus belajar memperbaiki diri menjadi orangtua yang lebih baik. Teruslah berbahagia bersama dengan anak-anak selama perjalanan Anda sebagai orangtua mereka. Inilah hal yang paling dibutuhkan anak-anak dari orangtuanya. 

Banyak orangtua yang tidak memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak-anak sehingga banyak yang memberikan sesuatu pada anak berdasarkan naluri dan bukan berdasarkan ilmu. Nah, agar Anda tidak lagi menerka-nerka apa saja yang dibutuhkan anak dari orangtuanya, maka beberapa hal di atas bisa dijadikan sebagai referensi dalam pola asuh anda. 

Baca juga:

  1. Tujuh Sopan Santun yang Baiknya Dimiliki Anak Umur Lima Tahun
  2. Biasa Memanjakan Anak? Pahami Dampak Buruknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *