Banner Header Komunitas SOP

Anti Tekor Saat Belanja Akhir Tahun

Browse By

“Besar pasak daripada tiang”

Peribahasa di atas sepertinya harus benar-benar dihindari menjelang akhir tahun kali ini. Ya, seringkali banyaknya diskon yang ditawarkan dan lapar mata untuk berbelanja memicu pengeluaran melebihi pendapatan Anda.

Anda tentunya tidak mau tekor saat berbelanja menjelang akhir tahun. Terlebih sampai memiliki hutang di tahun baru nanti. Bisa-bisa karena hutang, resolusi tahun 2019 untuk lebih rajin menabung bakal tertunda atau malah gagal. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Nah, agar terhindar dari tekor saat belanja akhir tahun, yuk mulai hemat berbelanja melalui tips berikut ini:

Tips Anti Tekor Saat Belanja Akhir Tahun:

Tentukan Budget Belanja

Sebelum berbelanja, sebaiknya tentukan dulu budget yang ingin Anda keluarkan. Lihatlah uang yang sudah Anda miliki. Anda juga bisa menambahkan dengan jumlah pendapatan yang akan datang. Misalnya jika Anda pasti akan mendapatkan THR atau bonus akhir tahun. Tapi jangan sampai Anda menjumlahkan budget dengan bonus yang belum pasti Anda terima.

Setelah Anda menentukan menghitung jumlah pendapatan, ingat-ingat lagi berapa banyak yang Anda habiskan tahun lalu. Tentukan budget secara wajar dan tidak berlebihan, sehingga Anda tidak akan terlilit hutang. Usahakan untuk tidak menggunakan semua jumlah pendapatan Anda hanya untuk berbelanja. Sisakan untuk keperluan-keperluan mendesak dan sisakan pula untuk menabung.

Buat Daftar Belanja

Jika Anda masih menyimpan daftar belanjaan beserta daftar teman dan saudara yang mendapat bingkisan Natal misalnya, maka mulailah melihat kembali daftar tersebut. Anda bisa menghapus beberapa nama yang sudah tidak pernah ditemui dalam waktu 12 bulan terakhir. Jangan lupa tambahkan nama-nama teman atau keluarga yang sering Anda temui atau kunjungi tahun ini.

Kemudian, cobalah lihat apakah ada orang-orang yang dapat Anda masukkan dalam kelompok, sehingga Anda dapat memberikan satu hadiah alih-alih memberikan beberapa hadiah pribadi. Misalnya jika tahun lalu Anda memberi dua hadiah untuk dua orang teman dekat. Namun, karena sekarang mereka sudah menjadi pasangan suami istri, maka cukup berikan satu hadiah saja. Cara ini tentunya akan sangat menghemat daftar belanjaan Anda.

Pilih Hadiah dengan Tepat

Hal yang cukup sulit adalah memilih hadiah Natal untuk orang-orang terkasih. Tidak selamanya Anda memahami keinginan atau hal yang sedang dibutuhkan teman atau saudara Anda. untuk itu pemilihan hadiah haruslah tepat. Jika Anda ingin membeli baju untuk keponakan yang masih sangat kecil, namun tidak tahu ukuran baju yang tepat dan terlalu malu bertanya pada kakak ipar, maka beri saja sejumlah uang atau voucher yang senilai dengan sebuah baju tersebut.

Pemberian sejumlah voucher sebagai hadiah tentunya masih cukup sopan dan wajar, jadi tidak perlu terlalu canggung. Asalkan, jumlah yang diberikan memang wajar dan cukup untuk membeli sebuah baju atau kebutuhan lainnya.

Tapi, jika Anda merasa canggung untuk memberi voucher pada saudara, maka pilihlah hadiah yang sesuai dengan budget. Carilah hadiah dengan diskon tertentu. Cara ini cukup baik dilakukan untuk menghemat pengeluaran saat belanja. Cara lain juga bisa digunakan, Misalnya, alih-alih membeli beberapa barang keperluan dapur atau rumah tangga, pilih saja parcel yang memang sudah disusun di beberapa pusat perbelanjaan. Dengan memilih parcel sebagai hadiah, Anda bisa mencocokannya dengan budget yang dimiliki.

Sebaiknya pilihlah parcel dengan cermat. Lihat tanggal kadaluarsa tiap bahan makanan lebih teliti. Jika Anda tidak bisa menemukan atau melihat tanggal kadaluarsanya, maka pilih saja parcel lainnya yang lebih aman. Misalnya parcel yang berisi handuk, perlengkapan mandi dan banyak pilihan lainnya.

Manfaatkan Kartu Member

Biasanya sejumlah pusat perbelanjaan menawarkan potongan harga atau sejumlah poin jika melakukan pembayaran dengan kartu member atau kartu keanggotaan. Nah, jika Anda sudah memiliki poin banyak, maka tukarkan saja dengan produk yang diinginkan atau dibutuhkan. Memanfaatkan kartu member sangat baik, terlebih jika keuntungan yang diperoleh cukup menggiurkan, misalnya mendapatkan cashback dalam jumlah tertentu.

Hati-Hati dalam Penggunaan Kartu Kredit

Selalu waspada dan hati-hati terhadap iming-iming penggunaan kartu kredit. Di satu sisi, Anda cukup bersyukur atas penangguhan biaya belanja saat ini. Namun, di sisi lain Anda justru seperti menanam hutang di tahun berikutnya. Tentunya Anda tidak ingin memasuki awal tahun dengan hutang tertentu, bukan?

Gunakan Belanja Online

Anda juga bisa berbelanja secara online untuk menghemat biaya, selama ongkir atau pengiriman ke tempat tujuan gratis. Toko-toko online biasanya menawarkan promo akhir tahun yang cukup menggiurkan dengan membebaskan biaya pengiriman jika belanja dalam jumlah tertentu. Trik ini sangat cocok Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja di akhir tahun. Menilik jumlah barang dan jumlah biaya yang Anda transfer tidak sedikit. Sehingga sudah pasti memenuhi batas minimum pembelian untuk mendapatkan gratis ongkos kirim.

Lakukan Tawar Menawar

Jangan pernah canggung atau malu untuk menawar harga dari barang-barang tertentu jika Anda membelinya melalui bazar. Apalagi jika Anda membeli barang tertentu dalam jumlah yang banyak. Mintalah potongan harga atau diskon pada penjual. Tawar menawar bisa menjadi solusi yang tepat agar mendapat potongan harga tertentu, sehingga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk berbelanja.

Pilih Hadiah Murah dan Berkualitas Tinggi

Sulit memang memilih hadiah Natal dan tahun baru yang murah namun dengan kualitas tinggi. Namun, hal ini hanya sebagai pengingat agar Anda tidak sembarangan atau asal pilih saat membelikan hadiah Natal dan tahun baru untuk orang lain. Hindari membeli hanya karena harganya yang murah. Anda juga wajib meneliti kualitas dari barang yang Anda beli. Anda tentunyanya tidak ingin, bahwa hadiah Natal dan tahun baru yang diberikan hanya berakhir di tong sampah bukan?

Berbelanja untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru tentunya memerlukan trik dan persiapan khusus. Jangan sampai karena tidak melakukan persiapan dan trik khusus Anda jadi “tekor”. Akhirnya pengeluaran Anda melebihi jumlah pendapatan Anda. Nah, beberapa langkah di atas bisa digunakan untuk tetap hemat dan irit saat berbelanja.

Baca Juga:

  1. Tips Anti Tertipu Saat Belanja Online
  2. Waspada Kecanduan Belanja Online Mengincar Para Ibu
  3. Jangan Lengah! Ini Tips Agar Tetap Aman Saat Belanja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *