Banner Header Tanya Ahli SOP

Jangan Lengah! Ini Tips Agar Tetap Aman Saat Belanja

Browse By

Suasana Natal dan Tahun Baru sudah sangat terasa nih Parents. Khususnya jika Anda berada di pusat-pusat perbelanjaan. Banyak sekali diskon yang ditawarkan oleh brand-brand tertentu yang tentunya sangat menggiurkan bagi Anda. Wah, jadi semakin semangat nih belanjanya.

Nah, bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen diskon akhir tahun ini dengan berbelanja hadiah Natal untuk si kecil atau teman-teman, maupun membeli kebutuhan lainnya, rasa-rasanya harus berhati-hati.

Jangan sampai karena asyik berbelanja, barang-barang berharga seperti dompet, handphone dan perhiasan jadi incaran pencuri. Ya, di tengah keramaian orang-orang berbelanja, tentu ada saja orang yang mengambil kesempatan mencuri. Beberapa tips berikut ini bisa Anda gunakan agar tetap aman saat berbelanja.

Tips Berbelanja Aman:

? Jangan Belanja Sendirian

Penting bagi Anda untuk tidak berbelanja sendirian, apalagi berbelanja sendirian di malam hari. Banyak pusat perbelanjaan yang mengadakan program midnight sale. Kondisi seperti inilah yang sering dimanfaatkan oleh pencuri untuk mengambil barang berharga dari orang-orang yang sedang berbelanja. Jika Anda terpaksa berbelanja sendirian di malam hari, usahakan untuk memarkir kendaraan pribadi Anda di dekat pusat perbelanjaan tersebut. Sebaiknya parkir di tempat yang memang aman dan cukup terang. Hindari parkir di tempat gelap dan tertutup.

Namun, sebaiknya Anda tetap berbelanja dengan sahabat atau teman terdekat. Dengan begitu, baik Anda, teman terdekat atau kerabat akan saling memperhatikan dan mengingatkan keamanan satu sama lain.

?  Tetap Waspada

Kondisi yang ramai dan banyaknya diskon untuk barang-barang tertentu seringkali membuat orang lupa diri serta tidak waspada terhadap barang bawaan. Anda mungkin sedang sangat sibuk memilih barang-barang yang ingin dibeli. Nah, kesempatan inilah yang sering digunakan pencuri untuk mencuri barang berharga Anda.

Untuk itu, sebaiknya tempatkan tas dan barang-barang berharga lainnya di dekat tubuh Anda. Jika Anda menggunakan tas ransel, maka posisikan tas tersebut di bagian depan tubuh. Usahakan untuk menggunakan tas yang aman. Hindari menggunakan tas dengan model terbuka atau tidak menutup dengan sempurna, sehingga beberapa barang seperti dompet dan handphone mudah terlihat.

Hindari juga menggunakan perhiasan menonjol yang mengundang pencuri. Hindari juga meletakkan dompet di saku celana, karena akan mudah sekali bagi pencopet untuk mengambilnya tanpa Anda ketahui.

Tak hanya itu, Anda juga harus tetap waspada saat berjalan menuju kendaraan pribadi di tempat parkir. Beberapa kasus pencurian sering berlokasi di area parkir. Untuk itu, hindari berbicara lewat telepon atau berkirim pesan saat berjalan di area parkir. Mintalah seorang karyawan pusat perbelanjaan untuk memandu Anda menuju area parkir jika Anda merasa takut dan tidak nyaman sendirian.

Sebaiknya ambil dulu kunci kendaraan dari dalam tas, jauh sebelum Anda berjalan menuju area parkir. Selain untuk menghemat waktu dan menjaga fokus Anda, kunci kendaraan juga bisa digunakan sebagai senjata jika ada penjahat yang ingin menyerang. Segera kunci pintu mobil sesaat setelah Anda masuk. Lalu, segera tinggalkan area parkir setelah Anda menghidupkan kendaraan pribadi.

?  Awasi Anak-Anak

Tak jarang nih Parents membawa si kecil saat berbelanja. Untuk itu, tetap awasi anak-anak. Jangan sampai anak Parents hilang di tempat publik. Buatlah peraturan tertentu sebelum berbelanja bersama dengan anak. Jika Parents menggunakan jasa pengasuh, buatlah kesepakatan tertentu dengan pengasuh anak. Misalnya katakan pada pengasuh untuk selalu dekat dengan Parents, atau katakan pada pengasuh untuk tidak melepaskan anak-anak berlari di lorong-lorong pusat perbelajaan.

? Hindari Menggunakan Mesin ATM di Pusat Perbelanjaan

Mesin ATM sering digunakan oleh penjahat untuk melakukan berbagai macam kejahatan. Misalnya merampas uang yang baru saja Anda ambil, bahkan menculik anak-anak saat Anda kurang memperhatikan mereka. Untuk itu, sebaiknya ambilah uang melalui mesin ATM yang aman. Misalnya mesin ATM yang terletak di dalam mall bukan di bagian luar, atau mesin ATM di dekat bank yang dijaga petugas keamanan.

? Hindari Membawa Banyak Uang Tunai

Sebaiknya hindari membawa banyak uang tunai. Bawalah sejumlah uang tunai yang cukup Anda gunakan untuk berbelanja saat itu juga. Untuk itu, buatlah rencana belanja, sehingga Anda bisa memperkirakan jumlah uang tunai yang akan Anda bawa.

? Jangan Pernah Meletakan Dompet atau Tas di Troli Belanja

Nah, kebiasaan yang satu ini cukup sering dilakukan oleh kebanyakan orang, yaitu meletakkan tas atau dompet di troli belanja. Alasannya karena tas Anda terlalu berat atau karena Anda terlalu sibuk memilih barang belanjaan. Kondisi seperti ini akan memudahkan pencuri untuk mengambil tas atau dompet saat Anda sibuk dengan barang belanjaan.

? Hati-Hati dengan Orang Asing yang Ramah

Jangan pernah percaya dengan orang asing di pusat perbelanjaan. Apalagi jika orang tersebut terlihat sangat akrab dan ramah pada Anda. Bisa jadi keramahannya hanya kedok untuk mendekati dan melakukan kejahatan pada Anda. Untuk itu, tetaplah waspada dan cari alasan untuk segera pergi dan menghindar darinya.

? Gunakan Perusahaan Online dengan Reputasi Baik

Jika Anda lebih memilih berbelanja online, maka gunakan perusahaan online yang memiliki reputasi baik. Gunakan beberapa tips anti tertipu saat belanja online. Misalnya, perhatikan deskripsi barang atau produk dengan cermat sebelum memutuskan pembelian.

Berbelanja saat akhir tahun memang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Namun, perlu disadari bahwa keamanan adalah yang paling utama. Jangan biarkan pelaku kejahatan melirik atau bahkan menghampiri Anda. Untuk itu, tetaplah waspada dan gunakan beberapa tips di atas sebagai bahan referensi sebelum Anda berbelanja.

Baca juga:

  1. Tips Anti Tertipu Saat Belanja Online
  2. Waspada Kecanduan Belanja Online Mengincar Para Ibu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *