Banner Header Promo Oktober

Berhubungan Baik dengan Tetangga? Apa sih Pentingnya?

Browse By

Kesibukan yang Anda alami tiap harinya terkadang membuat Anda lupa bahwa ada kehidupan lain, selain kehidupan di kantor, di sekolah, bahkan kehidupan dalam keluarga.

Ya, kehidupan dengan tetangga sekitar juga harus tetap diperhatikan. Pasalnya banyak sekali sisi positif yang dapat dipetik dari menjalin hubungan baik dengan tetangga sekitar. Manfaat ini tentunya bisa menunjang kehidupan keluarga Anda loh. Apa saja sih manfaat berhubungan baik dengan tetangga sekitar?

Manfaat Menjalin Hubungan Baik dengan Tetangga Sekitar:

🏡 Meningkatkan Ketentraman Hidup

Jika Anda ingin meningkatkan ketentraman hidup, maka cobalah untuk menjaga kerukunan dan menjalin hubungan baik dengan tetangga. Dengan menjaga kerukunan dan hubungan baik antar tetangga, maka Anda akan terhindar dari permusuhan, percekcokan di lingkungan tempat tinggal.

Bayangkan saja jika Anda tidak menjalin hubungan yang baik dengan tetangga, maka saat lelah pulang kerja, atau banyak pekerjaan di kantor, Anda masih saja diributkan dengan pertengkaran tetangga. Siapa sih yang ingin hidup di lingkungan yang terus menerus memicu pertengkaran?

🏡 Meningkatkan Keamanan Keluarga

Manfaat lainnya dari menjaga hubungan baik dengan tetangga adalah meningkatkan keamanan keluarga. Tetangga yang baik tentu akan saling mengingatkan keamanan pribadi dan keluarga. Hal ini karena akan ada lebih banyak mata yang mengawasi keamanan lingkungan rumah Anda.

Misalnya, saat Anda harus pergi ke kantor dan ada orang yang mencurigakan di halaman rumah, tetangga lah yang akan mengamati pergerakan orang tersebut. Tetangga pastinya akan melapor pada keamanan setempat jika menemukan orang yang mencurigakan.

Tak hanya itu, tetangga juga akan mengawasi keamanan anak-anak saat bermain di area terbuka, seperti halaman rumah. Misalnya saat anak Anda bermain di tempat yang berbahaya seperti selokan yang dalam, tetangga akan membantu mengingatkan anak Anda untuk tidak bermain di area tersebut. Artinya akan ada lebih banyak mata untuk mengawasi anak Anda di saat Anda lengah.

🏡 Penolong Pertama Di kala Terjadi Keadaan Darurat

Tidak ada keluarga yang menginginkan masalah darurat terjadi, namun saat musibah menghampiri keluarga Anda, tetangga bisa menjadi penolong pertama.

Bagaimana tidak, saat orang tua atau saudara Anda tinggal berjauhan, tentu akan butuh waktu untuk menolong Anda. itulah mengapa tetangga terdekat lah yang pertama kali akan menolong Anda. Misal, saat Anda atau anak sakit dan butuh segera ke rumah sakit, sedangkan suami sedang berada di luar kota. Tetangga akan bisa mengantar Anda ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pengobatan.

🏡 Penasehat Unggul

Siapa nih yang sering bertanya resep masakan tertentu pada tetangga? Atau sekadar bertanya kenapa masakan Anda terasa kurang pas rasanya? Ya, mungkin Anda seringkali melakukannya. Terlebih jika Anda adalah pasangan pengantin baru yang belum tahu banyak tentang urusan dapur.

Nah, jika Anda bertanya pada tetangga, mereka akan senang hati berbagi tips dan trik khusus pada Anda. Bisa dibilang, tetangga menjadi penasehat unggul di berbagai situasi kan?

Tak hanya itu, bagi Anda yang baru saja dikaruniai bayi yang lucu, mungkin sering bertanya hal-hal tertentu yang berkaitan dengan bayi pada tetangga yang lebih “senior”. Tetangga pun akan memberi beberapa nasehat berkaitan dengan bayi Anda. nasehat tersebut bisa juga Anda gunakan atau sebagai bahan pertimbangan.

🏡 Teman Berbagi

Tetangga nyatanya bisa dijadikan sebagai teman berbagi di kala suka dan duka. Apalagi jika Anda memiliki anak dengan usia yang sama dan saling berteman. Tentunya kondisi ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh, saat Anda berhalangan menjemput anak sekolah, maka Anda bisa menitipkan anak pada tetangga yang juga memiliki waktu untuk menjemput anaknya. Apalagi jika anak Anda dan anak tetangga bersekolah di tempat yang sama.

🏡 Sumber Informasi Bisnis yang Handal

Bingung ingin mencari pekerjaan sampingan? Sepertinya Anda harus lebih sering berkomunikasi atau mengobrol dengan tetangga sekitar rumah. Siapa tahu, tetangga memiliki informasi tentang pekerjaan sampingan dengan penghasilan yang lumayan.

Tak hanya itu, jika Anda sedang mencari asisten rumah tangga yang terpercaya, tetangga tentu bisa membantu Anda mencarinya. Beberapa tetangga mungkin pernah menggunakan jasa asisten rumah tangga yang terpercaya, sehingga mereka akan memberi informasi tentang asisten rumah tangga tersebut untuk Anda.

🏡 Salah Satu Pendukung Keluarga

Hubungan yang baik dengan tetangga sekitar, tentu saja bermanfaat sebagai salah satu pendukung keluarga. Misalnya, saat Anda dan keluarga harus pergi mudik atau sekedar berwisata beberapa hari. Anda bisa menitipkan hewan peliharaan atau tanaman hias Anda pada tetangga.

Tetangga yang sudah memiliki hubungan dekat dengan Anda tentu akan dengan senang hati membantu menjaga hewan peliharaan dan tanaman hias Anda. dengan begitu, Anda juga akan menghemat pengeluaran untuk menitipkan hewan peliharaan di tempat penitipan hewan.

🏡 Tempat Cadangan Persediaan Dapur

Siapa nih yang sering meminjam bumbu dapur di saat-saat genting ke tetangga? Mungkin sebagian dari Anda pernah melakukannya. Hal ini wajar dilakukan di saat genting, saat sedang ada banyak tamu di rumah Anda, sedangkan persediaan gula untuk menyeduh teh menipis. Lalu, untuk pergi membeli gula membutuhkan waktu yang lama. Tetangga tentu bisa menjadi tempat pelarian persediaan dapur pertama. Meskipun sebaiknya tidak terlalu sering dan akhirnya Anda tentu harus menggantinya ya. 🙂

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari menjalin hubungan yang baik dengan tetangga. Beberapa hal di atas bisa menjadi pendorong Anda mulai menjalin hubungan yang baik dengan tetangga sekitar.

Jadi, tunggu apa lagi. Yuk mulai jalin hubungan baik dengan tetangga dan perbaiki hubungan dengan tetangga yang mulai retak karena salah paham di masa lampau.

Artikel terkait:

  1. Langkah Sederhana Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga
  2. Menghindari Konflik Sesama Orangtua Murid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *