Banner Header Tanya Ahli SOP

Langkah Sederhana Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga

Browse By

Sebagai seseorang yang hidup di tengah masyarakat sudah seharusnya bisa menjalin hubungan sosial dengan baik, khususnya hubungan bertetangga. Menjalin hubungan baik dengan tetangga memang sangat penting, karena tetangga adalah orang yang paling dekat dengan Anda. Bahkan mungkin lebih dekat daripada dengan anggota keluarga Anda lainnya.

Apalagi,saat Anda dan pasangan menikah dan memutuskan untuk tinggal terpisah dengan orang tua dan mertua, tentu tetangga adalah orang yang pertama akan membantu saat Anda mengalami kesulitan. Karena itu, sebaiknya mulai jalin hubungan baik dengan tetangga.

Nah, bagi Anda yang baru saja memulai kehidupan berumah tangga dan kebingungan bagaimana menjalin hubungan baik dengan tetangga, jangan khawatir. Kami memiliki beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga!

Tips Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga

🏡 Budayakan 3S (Senyum, Salam, Sapa)

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga adalah membiasakan diri melakukan 3S, atau senyum, salam, sapa. Sesibuk apapun Anda, jangan lupa untuk bertegur sapa dengan tetangga saat bertemu. Cara ini cukup sederhana, namun sangat penting dilakukan dalam kehidupan bertetangga.

Hindari mengacuhkan tetangga saat bertemu, karena beberapa orang tidak suka merasa diacuhkan. Apalagi jika Anda termasuk warga baru dalam lingkungan tersebut. Bisa-bisa Anda dicap sebagai warga yang sombong. Padahal mungkin saja Anda hanya merasa malu untuk bertegur sapa.

Nah, jika Anda memang pribadi yang pemalu saat menegur orang lain yang baru dikenal, cukup gunakan senyum Anda. Tersenyumlah saat bertemu tetangga di depan pagar rumah, atau di pusat keramaian seperti di taman bermain, di pusat perbelanjaan, dan ditempat lainnya. Manfaatkan keramahan Anda sebagai salah satu modal untuk hubungan baik dengan tetangga di masa mendatang.

🏡 Kesopanan Adalah Utama

Kesopanan adalah modal utama untuk menjalin hubungan tetangga yang baik. Dengan bersikap sopan pada siapa saja, Anda secara tidak langsung mendorong tetangga lain untuk ikut bersikap sopan kepada Anda. salah satu sikap sopan yang bisa Anda lakukan misalnya, mengucapkan “permisi” saat lewat di depan orang lain, khususnya di depan orang yang lebih tua dari Anda.

🏡 Ambil Kesempatan untuk Berkomunikasi

Untuk menjalin kehidupan bertetangga yang baik, maka jangan lupa berkomunikasi dengan tetangga Anda. Gunakan kesempatan-kesempatan tertentu untuk sekedar “mengobrol” dengan tetangga baru Anda. Misalnya, saat Anda bertemu tetangga baru di toko buku, dan melihatnya menggendong bayi, maka tanyakan “Anaknya umur berapa bu?”. Dari pertanyaan tersebut saja Anda bisa “mengobrol” banyak hal.

Mulai dari “mengobrol” tentang merawat bayi, atau hal lainnya. Sebaiknya hindari perasaan cuek atau berpikir bahwa jika tetangga baru tidak menyapa terlebih dahulu, maka Anda tidak akan menyapanya. Pemikiran ini sebenarnya kurang bijak, karena yang terpenting bukan siapa yang menyapa atau mengajak “ngobrol” terlebih dahulu. Tapi, tujuan utamanya adalah bagaimana Anda bisa menjalin hubungan baik dengan tetangga.

🏡 Usahakan Ikut dalam Kegiatan Warga

Nah, hal lainnya yang penting dalam kehidupan bertetangga adalah secara aktif mengikuti kegiatan warga. Misal pertemuan rutin di tingkat RT atau RW. Pertemuan rutin ini biasanya diadakan dalam sebulan sekali dengan tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya. Sehingga sebenarnya Anda bisa mempersiapkan untuk mengosongkan jadwal di tanggal tersebut jauh-jauh hari.

Namun, jika terpaksa Anda memiliki acara lain sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan warga, maka Anda bisa juga memberitahukan pada tetangga terdekat untuk tidak mengikuti kegiatan warga pada hari tersebut. Cara ini bisa digunakan untuk membentuk image bahwa Anda termasuk warga yang sopan dan bukan warga yang acuh tak acuh.

Kegiatan warga lainnya juga bukan hanya pertemuan rutin di tingkat RT atau RW namun juga kegiatan lain, seperti membersihkan lingkungan bersama, atau mempersiapkan acara tertentu seperti acara keagamaan yang diikuti oleh semua warga. Untuk itu, penting bagi Anda mengikuti kegiatan tersebut. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, maka kesempatan Anda untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga sudah terbuka lebar.

🏡 Jangan Ragu Menolong

Tolong menolong sepertinya sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan sesama anggota masyarakat, khususnya sesama tetangga yang mendiami wilayah tertentu. Untuk itu, jangan ragu menolong tetangga Anda yang sedang membutuhkan. Contoh saat tetangga membutuhkan ruang lebih untuk menjemur pakaian, sedangkan ruang jemuran Anda sedang kosong, maka tidak ada salahnya menawarkan ruang jemuran Anda untuknya.

Nah, beberapa tetangga memang cukup malu meminta bantuan tetangga lainnya karena takut merepotkan. Oleh karena itu, Anda bisa berperan aktif menawarkan bantuan, meskipun pada akhirnya tetangga Anda menolak bantuan tersebut. Hal ini wajar, karena yang terpenting Anda sudah bersikap sopan, dengan menawarkan bantuan. Langkah ini bisa digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga.

🏡 Kunjungi Tetangga di Saat Tertentu

Langkah menjalin hubungan baik dengan tetangga lainnya adalah dengan mengunjungi tetangga di saat tertentu. Misalnya kunjungi tetangga saat sedang sakit. Jangan lupa untuk membawakan makanan tertentu yang bisa membantu kesembuhannya. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi tetangga untuk menawarkan bantuan saat sedang memiliki hajat. Misalnya, Anda bisa membantu memasak, sedangkan suami bisa membantu mengurus keperluan dekorasi untuk hajatan. Tetangga tentu dengan senang hati menerima tawaran Anda, sehingga suatu saat Anda memiliki hajatan, tetangga tersebut juga dengan senang hati membantu Anda.

🏡 Jaga Ketenangan dan Privasi

Hidup bertetangga memang gampang-gampang susah, untuk itu Anda memang harus jeli melihat apa yang disukai dan kurang disukai tetangga Anda. khususnya yang berkaitan dengan privasi. Sebaiknya jangan bertanya atau ikut campur hal-hal yang berkaitan dengan pribadi. Terlebih jangan mencampuri urusan keluarga tetangga Anda. Termasuk pintar-pintarlah menjaga ketenangan lingkungan sekitar. Misalnya dengan tidak menghidupkan televisi atau musik yang terlalu keras di malam hari, bahkan di siang hari saat tetangga Anda sedang beristirahat. Jangan lupa untuk mengingatkan anak Anda agar tidak gaduh bermain di halaman rumah sampai mengganggu ketenangan tetangga Anda.

Apa yang Harus Dihindari Agar Hubungan Baik dengan Tetangga Tidak Terputus?

Setelah hubungan baik dengan tetangga terjalin, tentunya Anda tidak ingin hubungan ini terputus begitu saja. Oleh karena itu, pertahankan hubungan baik Anda dengan menghindari beberapa hal berikut ini:

  • Hindari Bergosip

Bergosip sungguh tidak bermanfaat karena dengan bergosip Anda akan saling membicarakan tetangga lain, sehingga bisa membuat retak hubungan baik selama ini. Sebaiknya hindari bergosip dengan tetangga, meskipun gosip tersebut dirasa wajar bagi sebagian orang. Anda bisa mengalihkan pembicaraan pada hal lain atau mencari alasan ingin melakukan kegiatan tertentu agar tidak terlibat dalam gosip tersebut.

  • Hindari Keributan

Agar hubungan dengan tetangga tetap terjalin dengan baik, maka penting bagi Anda untuk menghindari keributan. Sebaiknya tetap jaga privasi tetangga dengan baik. Hindari juga memutar lagu keras-keras, dan hal lainnya yang menimbulkan keributan.

  • Jangan Mudah Tersinggung

Hidup bertetangga memang harus banyak sabar, sehingga penting bagi Anda untuk tidak mudah tersinggung. Misalnya, saat Anda mendengar anak tetangga mengejek anak Anda. Anggaplah situasi tersebut hanya sebatas kehidupan anak-anak, sehingga Anda tidak perlu ikut campur terlalu dalam. Cukup nasehati anak Anda untuk tidak ikut membalas mengejek. Usahakan juga jangan mudah tersinggung atau bertengkar hanya karena masalah anak-anak.

  • Hindari Sikap Pamer

Sama seperti bergosip, sikap pamer juga sama sekali tidak bermanfaat. Sikap ini juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat hubungan Anda dengan tetangga memburuk. Untuk itu, hindari sikap pamer apapun, termasuk sikap pamer hingga membandingkan apa yang Anda miliki dengan tetangga.

Menjalin hubungan baik dengan tetangga memang diperlukan selama Anda hidup di tengah masyarakat. Hal ini karena tetangga adalah orang yang dekat dengan Anda selain anggota keluarga lainnya. Untuk itu, lakukan langkah sederhana menjalin hubungan baik dengan tetangga. Beberapa langkah diatas bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam kehidupan bertetangga sehari-hari.

Baca juga:

  1. Menghindari Konflik Sesama Orangtua Murid
  2. Berteman dengan Sesama Orangtua, Pentingkah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *