Banner Header Komunitas SOP

Berlibur Sendiri Tanpa Si Kecil? Semua Ibu Butuh Ini!

Browse By

Kesempatan berlibur memang hal yang banyak dinanti oleh sebagian besar Ibu-Ibu, mengingat pekerjaan sebagai Ibu adalah pekerjaan yang berat dan membutuhkan waktu seharian. Bagaimana tidak? Coba bayangkan berapa banyak pekerjaan yang dilakukan Ibu dalam sehari?

Mulai dari …

  • Membantu anak bersiap sekolah
  • Mengantar anak ke sekolah dan pergi les
  • Mencuci baju
  • Menyiapkan makanan untuk keluarga
  • Bertanggung jawab atas semua rapat dan acara sekolah anak
  • Menjemput anak sekolah / les 
  • Selalu beres-beres rumah sepanjang hari
  • Berdamai dengan argumen dan tantrum pada anak

Bukankah semua pekerjaan itu sangat menyita semua energi Ibu setiap hari dan sepanjang tahun? Jika semua pekerjaan itu dilalui Ibu tanpa berlibur, bisa jadi akan berpengaruh pada kesehatan mental Ibu. Nah, tentunya kita tidak mau kan kehilangan akal sehat saat menjadi Ibu?

Kenapa Ibu perlu berlibur sendiri tanpa si kecil?

Berlibur bagi Ibu memang penting. Beberapa Ibu bahkan merencanakan acara liburan sekali dalam sebulan untuk melepas lelah. Tapi, tak banyak loh Ibu yang merencanakan liburan sendiri tanpa si kecil. 

Kebanyakan Ibu merasa tidak tega meninggalkan si kecil sendirian di rumah, atau tak tega kalau-kalau si kecil merengek saat Ibu sedang tak ada. Jangankan untuk berlibur, ditinggal Ibu pergi belanja sebentar di warung saja, si kecil sudah menangis habis-habisan. 

Tapi ingat Bu, bagaimana mungkin kita bisa melepas lelah dengan berlibur jika setiap liburan kita harus siap dengan anak yang tantrum, siap dengan semua pakaian ganti anak, snack selama perjalanan, mainan anak selama di perjalanan, hingga memikirkan lagu apa yang bisa dinyanyikan selama perjalanan menuju tempat berlibur ? 

Ya, kita butuh berlibur Bu, “tanpa si kecil”!

Apa Saja Manfaat Berlibur Bagi Ibu?

Banyak loh benefit berlibur tanpa si kecil yang tak banyak orang pahami, apa saja? 

  • Peningkatan Kesabaran

Saat kita beristirahat dan melepas semua beban pikiran, maka saat itu juga tingkat kesabaran kita akan kembali. Bukankah mengasuh anak juga membutuhkan kesabaran yang tak sedikit? Ya, meskipun bukan hanya kesabaran yang diperlukan Ibu dalam mengasuh anak, namun memiliki kesabaran tetaplah penting. 

Berlibur sendiri tanpa si kecil akan membuat kita merasakan ketenangan dan kedamaian yang jarang kita peroleh di tengah kesibukan menjalani pekerjaan sebagai Ibu. 

manfaat ibu berlibur tanpa anak

  • Kembalinya Rasa Bahagia

Manfaat berlibur tanpa si kecil akan mengembalikan perasaan bahagia yang mungkin saja mulai luntur karena banyaknya pekerjaan saat menjadi seorang Ibu. Namun, bukan berarti kita tidak akan bahagia saat menjadi Ibu loh! Tentu saja, menjadi Ibu adalah hal yang membahagiakan sebagai seorang perempuan. 

Akan tetapi, kebahagiaan kita sebagai seorang Ibu mungkin saja mulai tergerus saat merasa lelah selalu begadang di malam hari, lelah saat menghadapi anak tantrum, atau lelah saat harus menjalankan peran sebagai Ibu rumah tangga sekaligus Ibu bekerja. Bukankah semua Ibu juga merasakan kelelahan ini? 

  • Memberi Ayah dan Anak Quality Time

Berlibur sendiri tanpa si kecil juga bermanfaat bagi kedekatan Ayah dan anak. Saat kita mengambil waktu sebentar untuk jauh dari anak, maka anak akan semakin dekat dan memiliki quality time bersama Ayah. Kedekatan Ayah dan anak ini sangatlah penting bagi perkembangan anak.

  • Membawa Ibu Kembali Merasakan Identitas Diri

Kadangkala kita merasa kehilangan identitas diri saat menjadi Ibu. Pasalnya, setiap hari kita harus berganti peran dengan cepat dari Ibu rumah tangga – wanita karir – istri – kembali menjadi Ibu rumah tangga. 

Perubahan inilah yang membuat kita merasa bingung dan hampir lupa dengan “siapa kita” (di luar status sebagai Ibu), apa yang kita inginkan dalam hidup, apa saja hobi kita, apa makanan favorit kita selama ini, dsb. 

Berlibur tanpa si kecil akan membuat Ibu melepaskan sementara waktu statusnya sebagai Ibu dan kembali menengok ke dalam diri kita sebenarnya. 

Berlibur memang diperlukan bagi Ibu untuk mengembalikan energinya, sehingga Ibu semakin siap dan bersemangat menghadapi pekerjaan berat selama menjadi Ibu. Namun, sebaiknya Ibu mengambil waktu sendiri untuk berlibur beberapa saat tanpa si kecil agar manfaat berlibur Ibu bisa dirasakan secara maksimal. 

Baca juga:

  1. Mau Sembuh dari Luka Hati? Yuk, Travelling!
  2. Parents, Berliburlah Karena Stress itu Mahal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *