Banner Header Komunitas SOP

Biarkan Anak Main Sendirian !

Browse By

Mendorong anak bermain bersama dengan teman itu sangatlah penting. Dengan bermain bersama teman, kemampuan bahasa anak dan keterampilan sosialnya bersama teman-teman juga mulai berkembang. Namun tahukah Parents, bahwa membiarkan anak bermain sendirian itu juga tak kalah penting.

Membiarkan anak bermain sendirian juga memiliki berbagai manfaat bagi perkembangan anak. Beberapa manfaat bermain sendirian (independent play), adalah sebagai berikut ini:

Manfaat Membiarkan Anak Bermain Sendirian !

  1. Memberikan Kesempatan untuk Mengatur Emosi

Memberikan anak kesempatan untuk bermain sendiri, memungkinkan anak untuk beristirahat, menenangkan pikiran dan mengatur emosi. Terlalu banyak kesempatan bermain bersama teman dengan seluruh mainan dan suara-suara yang muncul membuat anak semakin reaktif. Maka wajar rasanya jika anak sering marah karena kewalahan dengan emosi yang ada dalam dirinya sendiri.

Untuk itu, penting bagi anak memiliki waktu bermain sendirian (independent play). Kondisi ini akan membantu anak mengatur kembali emosi yang ada pada dirinya. Inilah manfaat pertama dari bermain sendirian yang perlu orang tua pahami.

  1. Meningkatkan Kemandirian Sosial

Manfaat lain dari membiarkan anak bermain sendirian adalah membantu anak meningkatkan kemandirian sosial. Kemandirian sosial ini penting untuk dikembangkan oleh anak sejak dini. Tujuannya, agar anak tidak hanya bergantung kepada teman-teman saat bermain. Anak bisa memilih permainan yang menyenangkan baginya, meskipun permainan tersebut tidak disukai oleh temannya. Anak bisa lebih mandiri untuk bermain sendirian.

Jadi, jika anak sedang asyik bermain bersama mainannya sambil berbicara sendiri, maka orang tua tidak perlu khawatir karena anak sedang mengambangkan kemandirian sosialnya.

Manfaat anak bermain sendirian

  1. Mengembangkan Sikap Percaya Diri

Ingin membuat anak percaya diri? Biarkan anak-anak bermain sendirian!

Saran ini mungkin terkesan kejam, namun percayalah bahwa dengan bermain sendirian anak memiliki kebebasan untuk melakukan hal-hal baru, menguji hipotesis-hipotesis mereka akan sesuatu, serta mengambil risiko dari pilihan-pilihan mereka. Kondisi ini akan membuat anka-anak merasa lebih percaya diri. Inilah manfaat lain dari bermain sendirian bagi anak.

  1. Meningkatkan Kemandirian

Melalui bermain sendirian, anak akan paham bahwa tidak selamanya ada orang yang menemani mereka untuk bermain. Adakalanya, anak harus mandiri dan bermain dengan mainannya sendiri. Itulah mengapa, anak perlu berlatih untuk nyaman dengan dirinya sendiri dan nyaman untuk bermain sendirian. Dengan begitu, kemandirian akan terbentuk dengan sendirinya.

  1. Menjadi Pembelajar yang Lebih Baik

Anak-anak yang memiliki kesempatan bermain sendiri, cenderung lebih fokus dan memiliki rentang perhatian yang lebih lama. Anak juga mampu mengatur emosi yang bermanfaat untuk keberhasilan akademisnya. Maka, penting bagi orang tua mendorong anak bermain permainan edukatif.

  1. Meningkatkan Imajinasi Anak

Manfaat lain dari membiarkan anak bermain sendirian adalah membantu anak meningkatkan imajinasinya. Melalui imajinasi, pemikiran logis akan mulai muncul. Anak-anak akan mulai mempertanyakan, bermimpi, memperkuat apa yang dialami dan diamati. Melalui permainan mandiri, anak bisa belajar apa saja.

Jadi, apa Anda masih merasa bersalah membiarkan anak bermain sendirian? Sebaiknya, buang jauh-jauh rasa bersalah Parents, karena bermain sendiri itu penting!

Baca juga:

  1. Bermain di Rumah Teman? Jelaskan Aturan Sosial Tersembunyi ini Pada Anak Yuk!
  2. Pusing Memilih Mainan Anak? Ini Tipsnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *