Banner Header Komunitas SOP

“Bu, Gimana Sih Caranya Minta Maaf?”

Browse By

Anak-anak bertengkar dan berbeda pendapat? Rasanya kok sudah biasa ya. Tapi kadang pertengkaran anak dengan temannya di sekolah membuatnya sedih. Anda pun akan menyarankan anak untuk segera minta maaf pada teman agar anak tidak lagi merasa sedih terus bertengkar dengan teman.

Sayangnya, beberapa anak merasa bingung meminta maaf pada temannya. Tak jarang mereka bertanya, “Bagaimana ya caranya minta maaf supaya Tata mau memaafkanku Bu?”

Beberapa kalimat di bawah ini bisa Anda ajarkan pada anak loh, saat anak mau meminta maaf pada temannya

“Maafkan aku ya karena aku sudah (sebutkan kesalahan)”

Kalimat pertama yang bisa anak ucapkan untuk minta maaf pada teman adalah dengan mengatakan “Maafkan aku ya karena aku sudah (misalnya merobekkan bukumu, merusak mainanmu, mengejekmu kemarin). 

Melalui kalimat tersebut, anak bukan hanya minta maaf tapi juga berusaha mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya pada teman. Mengakui kesalahan yang telah diperbuat, akan menunjukkan bahwa anak meminta maaf secara tulus pada teman. 

“Aku tahu ini salah karena…”

Setelah meminta maaf dan menyebutkan kesalahannya, jangan lupa minta anak untuk memberikan pendapatnya, mengapa yang dilakukannya salah. Misalnya, katakan “aku tau aku salah karena sudah mengejekmu, padahal aku juga tidak suka jika kamu ngejek aku.” 

Boleh juga loh, anak sebutkan alasan kenapa ia melakukan kesalahan tersebut. Misalnya, saat anak tidak sengaja merusakkan mainan teman, maka minta anak menjelaskan alasan mengapa mainan sampai rusak. Sebagai contoh “Aku tau aku salah karena sudah merusak mainanmu, tapi aku tidak sengaja merusaknya karena kemarin mainanmu jatuh.”

cara mengajarkan minta maaf pada anak

“Lain kali tidak akan aku ulangi, janji deh”

Nah, setelah anak sudah meminta maaf pada teman, lalu jangan lupa ingatkan anak untuk berjanji pada teman bahwa kejadian ini tidak akan diulangi lagi. Misalnya, dengan berkata “Lain kali tidak akan aku ulangi, janji deh”, “Aku janji deh lain kali tidak akan mengejekmu” atau “Lain kali aku akan berhati-hati saat bermain dengan mainanmu,ya” 

Namun, jangan sampai janji anak ini hanya di mulut saja. Pastikan bahwa anak berusaha tidak mengulang kesalahan yang sama pada teman. Hal ini sangat penting Anda ajarkan pada anak loh Parents, agar  kelak anak tumbuh menjadi orang yang mudah dipercaya karena selalu menepati janji.

“Kamu mau kan memaafkan aku?”  

Selanjutnya, minta anak untuk meminta maaf kembali dan memastikan bahwa temannya memaafkan anak. Anak bisa mengatakan “Kamu mau kan memaafkan aku?”

Beberapa anak memang merasa kesulitan minta maaf pada teman saat melakukan kesalahan. Mungkin karena anak-anak belum mampu merangkai kata dengan baik sehingga merasa sulit saat harus meminta maaf. 

Sebaiknya, ajarkan anak untuk meminta maaf dengan baik saat di rumah. Berikan anak contoh perilaku agar ia lebih mudah memahami. Misalnya, saat Anda tidak sengaja menumpahkan menumpahkan susu di boneka kesayangannya, maka segera minta maaf dengan anak. Beberapa kalimat di atas bisa Anda coba loh!

Baca juga:

  1. Ajarkan Anak Minta Maaf dengan Benar
  2. Nak, Teman yang Baik Itu Begini Loh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *