Banner Header

Bukan Berteriak, Inilah 6 Cara Efektif Membangunkan Anak untuk Sekolah

Browse By

Membangunkan anak di pagi hari untuk berangkat sekolah memang tidak mudah. Alhasil banyak sekali drama yang terjadi di hari pertama masuk sekolah. Misalnya saja terlambat karena si kecil bangun kesiangan, atau si kecil yang mulai rewel di hari pertama masuk sekolah karena masih ingin libur. 

Situasi dimana anak sulit sekali bangun pagi di saat hari sekolah memang sering terjadi. Akibatnya, mau tidak mau Anda harus terpaksa berteriak karena anak sangat sulit bangun. Padahal, cara ini tidak menyelesaikan masalah loh!

Meskipun Anda berteriak dengan keras dan ingin semua cepat, si kecil juga butuh waktu untuk mandi, berganti pakaian, sarapan pagi, hingga memakai sepatu. 

Bisa-bisa, bukannya melakukan rutinitas dengan cepat, si kecil malah menangis dan tidak mau berangkat sekolah karena sudah telat. Duhh.. seperti makan buah simalakama ya? 

Di satu sisi Anda ingin membuatnya segera bangun dan berangkat sekolah, di sisi lain si kecil justru rewel karena teriakan Anda. Apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk membangunkan anak di pagi hari tanpa berteriak?

6 Cara ini bisa anda coba: 

  • Buat Jadwal Tidur Lebih Awal

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk membangunkan anak tanpa berteriak adalah dengan membuat jadwal tidur lebih awal. Selama liburan, jadwal tidur anak mungkin saja kacau karena anak menganggap bahwa liburan adalah waktunya bersenang-senang tanpa rutinitas. Semua hal tersebut akan Ia lakukan meskipun harus melewatkan tidur siang, atau tidur lebih malam setiap harinya. Akibatnya, di hari libur anak-anak akan terus bagun lebih siang. 

Nah, kebiasaan inilah yang membuat mereka menjadi terbawa suasana saat hari masuk sekolah tiba. Untuk mengatasinya, buatlah jadwal tidur lebih awal. Dorong anak untuk tidur lebih awal dan bangun lebih pagi di beberapa hari sebelum hari pertama masuk sekolah.

Tujuannya agar anak mulai terbiasa dengan rutinitas sebelum masuk sekolah, sehingga saat hari pertama masuk sekolah nanti Anda tidak perlu berteriak-teriak membangunkan anak. Anak akan secara otomatis bangun lebih awal.

  • Batasi Penggunaan Gadget

Sulit memang untuk tidur saat mata belum mengantuk dan tubuh belum lelah. Bagi orang dewasa, kesempatan ini sering digunakan untuk akses gadget. Nah, anak-anak pun akan menirunya.

Padahal menurut para ahli, layar biru (blue light) yang dihasilkan dari gadget atau perangkat elektronik  lainnya mengganggu kerja hormon melatonin, yaitu hormon yang menyebabkan seseorang mengantuk.  

Jadi, agar tidur anak tidak terganggu lebih baik batasi penggunaan gadget di malam hari. Khususnya penggunaan gadget sebelum tidur. Apabila anak memang belum bisa tidur, ajak anak untuk membaca buku. Kebanyakan orang lebih cepat tertidur segera setelah mereka membaca buku. 

Nah, apabila anak bisa segera tidur maka diharapkan mereka akan bangun lebih awal di pagi hari bahkan tanpa Anda membangunkannya terlebih dahulu. 

  • Jelaskan Rutinitas Pagi Baru Bersama Anak

Beberapa anak mungkin tidak paham apa artinya bersiap-siap untuk pergi ke sekolah, sehingga banyak dari mereka yang tidak paham harus bangun pagi dan melakukan berbagai rutinitas sebelum berangkat sekolah. Untuk mengatasinya, jelaskan pada anak rutinitas di pagi hari sebelum berangkat sekolah agar mereka bisa bersiap jauh hari.

Misalnya, katakan pada mereka bahwa Ia harus bangun pagi sebelum berangkat sekolah besok, lalu segera :

  • Merapikan tempat tidur,
  • Mandi,
  • Ganti baju seragam
  • Mengenakan sepatu
  • Sarapan,
  • Berangkat sekolah 

Semua penjelasan tersebut diharap bisa dipahami anak daripada hanya menjelaskan dengan kata “bersiap-siap”. 

Apabila anak sudah memahami apa saja yang harus dilakukan di pagi hari, maka Anda tidak perlu berteriak-teriak saat membangunkan anak untuk sekolah di pagi hari. 

  • Belikan Anak Perlengkapan Sekolah Baru

Cara lain agar Anda tidak perlu berteriak saat membangunkan anak untuk sekolah adalah dengan membelikan perlengkapan sekolah baru. Memang tidak semua orangtua menyetujui cara yang satu ini, tapi cara ini cukup jitu agar anak bersemangat berangkat sekolah. 

Nah, beberapa perlengkapan sekolah baru yang bisa Anda siapakan misalnya tas sekolah baru, atau sepatu baru. Dijamin deh, anak akan semangat sekali untuk bangun pagi dan berangkat ke sekolah.

cara bangunkan anak untuk sekolah tanpa berteriak

  • Siapkan Sarapan Menarik 

Cara selanjutnya membangunkan anak untuk sekolah tanpa berteriak padanya adalah dengan menyiapkan sarapan menarik untuk anak agar mereka semangat untuk bangun pagi. 

Jangan lupa libatkan anak untuk memilih menu sarapan paginya. Biasanya saat anak diperbolehkan memilih menu sarapan sendiri, mereka akan lebih bersemangat untuk bangun di pagi hari.

  • Biarkan Anak Mendapatkan Konsekuensi Alami

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan namun anak masih saja tidak bisa bangun pagi, maka biarkan ia mendapatkan konsekuensi alami, yaitu terlambat ke sekolah dan mendapat hukuman dari pihak sekolah.

Lewat cara ini, anak diharapkan paham dan tidak mengulangi perbuatannya kembali. 

Membangunkan anak di pagi hari untuk berangkat ke sekolah memang tantangan tersendiri bagi orangtua. Tak jarang orangtua harus berteriak-teriak untuk membangunkan anak. Meskipun cara tersebut tidak terlalu berguna, karena toh anak akan terus mengulanginya di pagi berikutnya. 

Nah, beberapa cara di atas bisa Anda gunakan sebagai upaya membangunkan anak untuk sekolah tanpa berteriak pada mereka di pagi hari. 

Baca juga:

  1. Lima “Drama”Anak Saat Hari Pertama Masuk Sekolah
  2. Hal-Hal yang Dicemaskan Si Kecil Saat Masuk SD!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *