Banner Header Komunitas SOP

Catatan Jadi Ibu Tiri yang Baik

Browse By

Menjadi Ibu memang tidak mudah, apalagi jika posisi anda adalah sebagai Ibu tiri. Banyaknya komentar dan citra negatif tentang Ibu tiri menambah sulitnya menjadi Ibu tiri yang baik.

Pasalnya sebaik apapun Anda merawat anak-anak, masih ada saja pihak yang menganggap Anda tidak bisa merawat mereka.

Kali ini, daripada pusing memikirkan komentar negatif dari orang lain, sebaiknya yuk kita selalu belajar menjadi orang tua yang baik. Catatan apa saja yang bisa Anda gunakan untuk jadi Ibu tiri yang baik? Berikut daftarnya untuk Anda!

Catatan Jadi Ibu Tiri yang Baik:

👵 Jangan Memaksa Jadi Teman Anak Tiri Anda

Banyak Ibu tiri yang mencoba dekat pada anak-anak dengan cara menjadi teman. Namun, cara ini sebenarnya kurang tepat. Seorang Ibu seharusnya memang bersikap seperti seorang Ibu, apapun status Anda sebenarnya, baik Ibu tiri ataupun seorang Ibu kandung.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap bersikap tegas, sekaligus lembut dan penyayang di waktu bersamaan, melarang jika hal tersebut bertentangan dengan aturan keluarga tetapi tetap memperbolehkan anak melakukan sesuatu jika sesuai dengan aturan yang disepakati. Begitulah seharusnya seorang Ibu bersikap.

Berusaha menjadi teman bagi anak-anak tiri hanya akan membuat Anda memperlakukan anak tiri berbeda. Tentunya hal ini tidak ingin dirasakan oleh anak tiri Anda. Bersikap seperti seorang Ibu adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjadi Ibu tiri yang baik.

👵 Hindari Berpikir bahwa Anda Menggantikan Ibu Kandung

Menjadi Ibu tiri memang tidak mudah dan perlu berhati-hati dalam bertindak maupun berkata-kata. Jangan sampai tindakan dan kata-kata Anda justru menjelek-jelekan Ibu kandung anak-anak.

Hindari juga berpikir bahwa Anda sudah mengambil alih peran Ibu kandung mereka. Bagaimanapun juga Anda bukanlah Ibu biologis anak-anak, sehingga jika suatu saat anak-anak membutuhkan peran Ibu kandung, maka Anda tidak bisa menghalangi mereka. Dengan cara ini, Anda bisa selangkah lebih jauh menjadi Ibu tiri yang baik.

👵 Usahakan Menjalin Hubungan Baik dengan Ibu Kandung Anak-Anak

Langkah lainnya untuk menjadi Ibu tiri yang baik adalah dengan menjalin hubungan baik dengan Ibu kandung anak-anak (jika masih ada). Langkah ini mungkin adalah cara yang cukup banyak dilakukan oleh para Ibu tiri. Banyak aktivitas atau kegiatan yang tentunya bisa membuat Anda menjalin hubungan baik dengan Ibu kandung anak-anak. Misalnya, terus menjalin komunikasi dalam sehari-hari. Anda bisa membahas banyak hal, seperti aktivitas sekolah, makanan kesukaan anak dan lain sebagainya.

👵 Jangan Menyerah

Sekali Anda mengambil keputusan menjadi Ibu, sekalipun Ibu tiri, maka sebaiknya jangan menyerah pada berbagai tantangan yang akan dihadapi kedepannya.

Khususnya tantangan yang berkaitan dengan hubungan internal bersama anak-anak tiri. Biasanya, hubungan Anda dengan anak tiri memang tidak terlalu dekat, bahkan bisa dibilang cukup jauh dan canggung. Namun, kondisi ini akan membaik seiring berjalannya waktu. Untuk itu jangan pernah menyerah ya menjadi Ibu yang baik bagi anak-anak Anda.

tips jadi ibu tiri yang baik

👵 Bangunlah Jaringan yang Baik

Jaringan yang baik memang harus dibangun sebagai orang tua. Gunanya untuk membantu Anda menghadapi berbagai macam tantangan sebagai orang tua, termasuk tantangan terkait perkembangan anak dan masalah rumah tangga lainnya.

Walaupun status Anda adalah sebagai Ibu tiri, namun dengan menjalin jaringan yang baik, tentunya bisa membuat Anda menjadi Ibu tiri yang lebih baik. Jaringan yang dibangun bisa melalui jaringan sesama teman kantor, keluarga, bahkan Ibu kandung anak-anak tiri Anda.

👵 Prioritaskan Kepentingan Anak

Sudah semestinya Anda menempatkan anak-anak sebagai prioritas utama sebelum kepentingan Anda dan suami. Cara ini adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjadi Ibu tiri yang baik.

👵 Bersenang-Senanglah

Nah, jangan lupa bersenang-senang ya selama menjadi Ibu dan orang tua. Jangan sampai status sebagai orang tua membuat Anda tidak bahagia.

Anda tentunya bisa bersenang-senang bersama dengan anak. Misalnya, mengajak0p anak bermain di akhir pekan ke berbagai macam tempat wisata di dekat rumah Anda. Dengan cara inilah Anda dan anak-anak akan semakin dekat, sehingga secara tidak langsung Anda bisa menjadi Ibu tiri yang baik.

👵 Jangan Tergesa-Gesa

Sebaiknya jangan tergesa-gesa dalam menjalani sesuatu. Tergesa-gesa hanya akan membuat hasil dari apa yang Anda kerjakan tidak maksimal.

Usahakan untuk tidak mengambil alih peran Ibu kandung, karena itu akan sangat sulit dilakukan. Anak-anak butuh keyakinan bahwa Ibu kandung mereka tidak akan pernah tergantikan. Untuk itu, lakukan segala sesuatu dengan perlahan, termasuk usaha untuk mendekati anak tiri Anda.

 

Menjadi seorang Ibu memang pekerjaan paling sulit bagi sebagian besar kaum wanita, tak terkecuali Anda yang berstatus sebagai Ibu tiri. Dibutuhkan usaha yang keras dan konsisten untuk mewujudkannya. Jangan pernah takut dengan gambaran ibu tiri di dongeng-dongeng, ingatlah, kita bisa membuat kisah bahagia sendiri.

Artikel Terkait:

  1. Memutuskan Menikah Lagi, Bagaimana Menjelaskannya Pada Anak?
  2. Persiapan untuk Menikah Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *