Banner Header Komunitas SOP

Cintai Tubuh dengan Kenali Tanda Kelelahan Yuk!

Browse By

Penawar paling sederhana dari kelelahan adalah beristirahat. Hanya saja, karena kesibukan, ada beberapa orang yang tidak menghiraukan tanda kelelahan pada tubuh. 

Biasanya kita terus saja memacu tubuh untuk melakukan aktivitas selama merasa bahwa tubuh masih baik-baik saja. Padahal, sama seperti makan yang harus teratur, istirahat juga perlu dilakukan secara teratur bukan?

Lalu apa yang terjadi jika kita terus saja melewati jam istirahat dan justru memilih menyelesaikan pekerjaan? Tentu saja kondisi ini akan berimbas pada kesehatan kita. 

Banyak sekali kasus di luar sana dimana seseorang harus dilarikan ke rumah sakit karena pingsan atau mengalami henti jantung sesaat akibat kelelahan. Tentunya, kita tak ingin hal ini terjadi pada diri sendiri dan orang terdekat kita bukan?

Maka dari itu, yuk kenali tanda tubuh kelelahan sedini mungkin. Beberapa tanda tubuh kelelahan berikut ini penting kita ketahui bersama loh!

Tanda Tubuh Mulai Kelelahan

  • Rasa Nyeri di Area Tubuh Tertentu

Jika kita sering mengalami nyeri di bagian tubuh tertentu, seperti bagian persendian atau bagian kepala, itu tanda bahwa tubuh sedang kelelahan dan membutuhkan pertolongan. Pertolongan pertama yang bisa kita berikan kepada tubuh kita sendiri adalah beristirahat dan tidur yang cukup. Sebaiknya segera hentikan pekerjaan yang sedang kita lakukan. 

  • Rasa Sakit saat Olahraga

Olahraga memang penting bagi kesehatan, sehingga kita selalu dianjurkan untuk olahraga secara teratur. Tapi bagaimana jika kita merasakan sakit di beberapa bagian tubuh saat berolahraga? 

Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya segeralah beristirahat. Mungkin Anda bisa melewatkan jadwal olahraga di hari itu. Terlebih jika sebelum olahraga Anda memiliki jadwal yang sangat padat hingga menguras waktu istirahat Anda. 

  • Kehilangan Nafsu Makan

Pernah merasa tidak selera makan? Nah, mungkin saja ini merupakan sinyal bahwa tubuh kita sedang kelelahan. Tubuh yang kelelahan justru akan mengacaukan sistem metabolisme kita. Biasanya hal ini berakibat pada hilangnya nafsu makan. Untuk mengatasi kondisi ini, sebaiknya tetaplah mengkonsumsi makanan sehat dan memastikan bahwa tubuh kita tetap mendapatkan nutrisi seimbang.

  • Detak Jantung Tidak Normal

Jantung adalah organ vital bagi kita, sehingga menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Jika kita merasa detak jantung terlalu cepat, bisa jadi merupakan upaya tubuh untuk mengirimkan sinyal pada kita bahwa kita butuh istirahat atau sedang mengalami stres hingga peningkatan tekanan darah. 

  • Sulit Tidur Nyenyak

Siapa bilang kelelahan justru bisa membuat seseorang mudah tidur? Beberapa orang justru sulit tidur saat sedang kelelahan. Dalam kasus lain bahkan kita seringkali terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali. 

Kondisi ini bisa jadi merupakan tanda tubuh sedang kelelahan. Sebaiknya periksa lagi jadwal kegiatan apa saja yang bisa dilewatkan di hari esok dan mulailah untuk beristirahat lebih awal esok hari. 

Satu-satunya orang yang bisa mengenali ada yang salah dengan tubuh kita adalah diri kita sendiri. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengenali tanda kelelahan dalam tubuh sedini mungkin agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan sehat. 

Baca Juga:

  1. High Functioning Depression: Depresi yang Sulit Dideteksi, Mungkin Anda Juga Mengalami
  2. Parents, Berliburlah karena Stres itu Mahal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *